TINGKAT MOTIVASI SISWA SMP NEGERI 2 BANDA ACEH PADA PERTANDINGAN SEPAK BOLA TANPA PENONTON DI PINGGIR LAPANGAN
Abstract
Motivasi merupakan dorongan dan kekuatan dalam diri seseorang untuk melakukan tujuan tertentu yanng ingin dicapai. Motivasi terbagi menjadi 2 bagian dari intrinsik dan ekstrinsik, dimana motivasi intrinsik yaitu motivasi yang timbul dari dalam diri atlet sendiri. Sedangakn ekstrinsik motivasi yang timbul dari luar dri atlet. Pada saat bertanding motivasi sangat lah bersar pengaruhnya dalam meraih kemenangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: “ Untuk mengetahui Tingakat Motivasi Bertanding siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh pada Pertandingan Tanpa Penonton”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan angket pertanyaan dengan nilai skala likert. Adapaun hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Motivasi Bertanding siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh pada Pertandingan Tanpa Penonton dalam kategori “Selalu” 413 responden atau presentase 49%, kategori “Sering” 284 responden atau presentase 25%, kategori “Kadang-Kadang” 281 responden atau presentase 17%, kategori “Tidak Pernah” 301 responden atau presentase 9%,. Hasil tersebut dapat diartikan bahwa sebagian Motivasi Bertanding Siswa SMP Negeri 2 Banda Aceh pada Pertandingan Tanpa Penonton menyatakan selalu memiliki rasapercaya diri yang kuat dan optimis dalam setiap permtandingan meski tidak hadirnya penonton.Pada semua indikator menyatakan selalu memiliki rasapercaya diri optimis dalam bermain meski tidak ada penonton.
Keywords
Motivasi, survey, skala likert, angket
References
DAFTAR PUSTAKA
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Bungin, M.Burhan. 2009. Penelitian Kualitatif. Cetakan ke 3. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Herzberg F. (1966), The Motivation to Work John Wiley and Sons, Inc. New York, 1966
Hamzah Uno (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara. Halaman 62
Gillet, N., Vallerand, R. J., & Lafreniere, M. K (2012). Intrinsic and Extrinsic School Motivation as a Function of Age: The Mediating role of Autonomy Support. Social Psychology Education. 15. 77-95
Vallerand, R. J. (2010). On passion for life activities: Th Dualistic Model of Passion. In
M. P. Zanna (Ed.), Advances in experimental social psychology (Vol. 42, pp.97-193). New York: Academic Press.
Harsono, (1988), Coaching dan Aspek Aspek Psikologi Dalam Coaching, Jakarta,
Niswonger, Warren, Reeve dan Fess. 2000. Prinsip-Prinsip Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
M Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi aksara
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Anas Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.