UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Sari, I. P. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 4 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/2109.
Sari, Intan Permata. “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 4 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2024, https://repository.bbg.ac.id/handle/2109.

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ISPRING SUITE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 4 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0518033W.pdf (583 KB)

Issue Year

2024

Author(s):

Intan Permata Sari

Abstract

Berdasarkan hasil obervasi yang peneliti lakukan pada kelas VIII di MTsN 4 Banda Aceh, sebagian besar siswa seringkali kurang termotivasi dalam proses pembelajaran matematika. Kemampuan matematika siswanya juga masih perlu ditingkatkan, karena hasil belajar matematika 20 orang dari 34 orang siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah media iSpring Suite efektif dalam meningkatkan kemampuan matematika siswa kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh serta 2) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media iSpring Suite terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain One-Group Pre-Test - Pos-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdapat 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kontrol dan eksperimen, yaitu kelas VIII MTsN 4 Banda Aceh dengan jumlah siswa yang menjadi sample penelitian ini adalah 32 orang siswa yang terdiri dari 22 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berdasarkan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pembelajaran iSpring Suite 9 pada kelas eksperimen berada dalam kriteria cukup efektif terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa kelas VIII di MTsN 4 Banda Aceh. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran iSpring Suite 9 pada kelas eksperimen efektif terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa. Media iSpring Suite dalam penelitian ini efektif dengan kriteria cukup terhadap peningkatan kemampuan matematika siswa. Nilai rata-rata efektifnya sebesar 71.74%.


Keywords

iSpring Suite, Kemampuan Matematika Siswa

References

Agustini, D., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi SPLDV. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 18-27.

Ahmad Rofiki. 2016. Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Promlem Posing Menggunakan Media Ispring Suite. Pendidikan Matematika STIKIP PGRI Bangkalan.

Aunurrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada. Media Group. 

Ahmad. 2018. Media Pembelajaran : Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Afifah N. & Karno R. 2018. Pengembangan Media Berbasis Software Macromedia Flash Pada Pembelajaran Biologi Untuk Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan. 5(2): Halaman 127-133.

Alfina, S. & Sutirna. 2022. Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTS Pada Materi Aljabar. JPMI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5(2): Halaman 405 - 416

Dasmo, Dkk. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. Seminar Nasional Sains.

Ferdianto, F., & Alfiani, N. (2019, October). Digital Module And Treffinger Model: Can Improve Mathematics Ability. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1360, No. 1, P. 012035). IOP Publishing.

Fadillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran.Jogjakarta: Ar. Ruzz Media.

Gat. 2019. E-Learning: Mengembangkan Konten Standarisasi SCORM Dengan Ispring Suite. Seminar.

Hakim, Thursan. 2015. Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara.

Hakim, L. Dkk. 2022. Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Dengan Pemanfaatan Media Pembelajaran Geogebra. AS-SABIQUN. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4(3): Halaman 564-574

Hilgard, G.H. & Bower, H.R. (2014). Theories Of Learning. Princtice Hall. New York.

Juraev A. R. 2019. Suite Using The Ispring Suite Software To Evaluate Future Te Future Teachers' Professional Competencies. Central Asian Problems Of Modern Science And Education. 4(2): Halaman 752-759.

Kusuma Risnawati Nur, Mustami Khalifah Muh, & Jumadi Oslan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Ispring Suite 8 Pada Konsep Sistem Ekskresi Di Sekolah Menengah Atas. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kuswanto, Joko & Radiansyah, Ferri. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas. Jurnal Media Infotama.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Mts Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237-246.

Nurrita, Teni. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Nurzaman, W. Dkk. 2022. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV. JPMI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5(3): Halaman 693-702

Napitulu, Yolanda Putri A.F. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Program Linier Di Kelas XI SMK Swasta Pariwisata Imelda T.A 2020/2021. Universitas HKBP Nommensen.

Ningtias, Sukma Mutiara. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Ispring Suite Terhadap Peningkatan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 NOLING. Palopo. Institut Agama Islam.

Nazarudin. (2017). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta : Teras.

Pauzen, Rofiki Ahmad. 2020. Efektifitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Posing Menggunakan Media Ispring Suite. STKIP PGRI Bangkalan. Pendidikan Matematika.

Rosaliana, Dewi, Muhtadi, Dedi. Sitiawati, Tuti. 2019. Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Materi Program Linier. Prosding Seminar Nasional & Call For Papers.

Roswahyuliani, L. Dkk. 2022. Penerapan Media Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMA. JPMI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 5(3) Halaman 771-778.

Ramadhani D., Fatmawati E. & Oktarika D. 2019. Pelatihan Pembuatan Media Evaluasi Dengan Menggunakan Ispring Di SMA Wisuda Kota Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1). Halaman 24-33.

Ratna Wilis. D (2016). Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga. Arikunto, 

Rochma, V. A. & Ibrahim, M. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Pada Materi Bakteri Untuk Siswa Kelas X SMA. BIOEDU Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. 8(2): Halaman 312-320.

Ruswana, A.M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2): Halaman 293-299.

Sopamena, P. (2018). Matematika Dan Era Globalisasi. Prosiding SENMAS Matematika Dan Pendidikan Matematika

Sinaga, C. Dkk. (2022). Profil Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Swasta Otomindo Jakarta Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. 1(2): Halaman 60-68 E-ISSN: 2809-8528.

Sudianto. (2019). Perbandingan Pemahaman Matematika Siswa Antara Yang Menggunakan Adobe Flas CS3 Dengan Software Imindmap Pada Pokok Bahasan Limit Fungsi. Jurnal Dedactical Mathematics. 2(1), Halaman 1-8.

Sarwoedi, Dkk. (2018). Efektifitas Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Volume 03, No 02.

Syah Muhibbin,. 2016. Psikologi Belajar , Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada.

Sagala. Syaiful. 2016. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sumiyati. 2020. Pengembangan Media Interaktif Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21. Journal Of Authentic Research On Mathematic Education (JARME) Vol. 2 No. 1

Suyono & Hariyanto. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sri Qayyumu Gusti Mahartania, Dkk. 2021. Pengembanngan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Ispring Materi FPB Dan KPK Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan Dan Pengelolahaan Pendidikan, 1(6), 2021, 430-439 ISSN: 2797-3174.

Sugihartono, Dkk. 2017. Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Putra, Z. H., W itri, G. Dan Yulita, T. 2019. Development of Powerpoint-Based Learning M edia in Integrated Thematic Instruction of Elementary School. International Journal of Scientific & Technology Research, Vol. 8 Issue 10, Oct 2019.

Piyanto, P. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas 7 Di MTS Manbaul Islam Soko Kabupaten Tuban (Doctoral Dissertation, Ikip Pgri Bojonegoro).

Yani, C.F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 8, Nomor 2.

Wijayanto, P.A. Dkk. (2017). Increasing Student's Motivation and Geopgraphy Learning Outcome Using Active Debate Method Assisted by iSpring Suite. International Journal of Social Science and Management, 4, 240-247.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/2109

Collections

  • Final Year Projects S1 PMAT

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository