UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN KEBERSIHAN ORGAN KEWANITAAN SAAT MENSTRUASI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWISMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR
Abstract
Pengetahuan merupakan hasil pancaindra manusia atau hasil tahu seseorang apa suatu objek dari Indra yang dimilikinya (mata,hidung, telinga dan lainnya). Metode demonstrasi adalah cara seorang instruktur dengan menunjukkan suatu proses. Tujuan penelitian ini untuk Memberikan upaya peningkatan pengetahuan kebersihan organ kewanitaan saat menstruasi melalui metode demonstrasi Pada Siswi Sma N 1 Darul Imarah Aceh Besar. Menggunakan metode demonstrasi dengan desain penelitian ini adalah quasi eksperimen.Adapun jumlah sampel penelitian ini adalah 108. Sedangkan uji statistik menggunakan paired t test, berdasarkan T hitung > -8.878 dibandingkan dengan nilai T tabel 1,98238 dan nilai P < 0.05 terdapat peningkatan pengetahuan. Hasil penelitian saat sebelum diberikan materi tentang peningkatan pengetahuan kebersihan organ kewanitaan saat menstruasi pada siswi Sma N1 Darul Imarah Kelas XII sebagian besar siswi berpengetahuan baik 64 (59,3%) setelah diberikan materi terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikat pada siswi kelas XII dengan jumlah 95 (88,0%) dalam kategori baik. Diharapkan dapat menjadi bahan masukkan bagi siswi kelas XII dalam peningkatan pengetahuan tentang kebersihan organ kewanitaan saat menstruasi.
Keywords
Kata Kunci : Kebersihan, Organ Kewanitaan , Menstruasi , Metode Demonstrasi
References
Abrori dan M. Qurbaniah. 2017. Buku Ajar Infeksi Menular Seksual. UM
Pontianak Pers. Pontianak.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Basniati Andi , sri ramadhany , Muhammad tamar , nurhikmah ,fanni astute .
(2020). Pengaruh video learning multimedia terhadap pengetahuan, sikap
dan perilaku menstrual hygiene pada remaja putri. Jurnal ilmiah
kebidanan.Vol (7 ,No. 2). ISSN: 108-119.
BKKBN, Kemenkes, R. & BPS (2013) SDKI 2012. Jakarta
Bulan Musmiah Sri, Nuryani Y.Rustaman, Saefudin, 2019 “ Selamat Datang Masa
Remaja”, Yogyakarta.
Daryanto . (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif & inovatif. Jakarta: AV
publisher.
Hidayati Yuni Nur . (2021) . Personal Hygiene Selama Menstruasi Pada Remaja
Putri Dengan Media Booklet . Skripsi. Program Studi Sarjana
Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta.
Sutarjo, lelly riski. (2020). Fakto-faktor yang berhubungan dengan perilaku
kebersihan organ genetalia eksterna remaja di SMP islam al-ihsan Jakarta
.skripsi. program studi kesehatan masyarakat fakultas kesehatan
masyarakat universitas muhammadiyah Jakarta.
Prawesti indah. (2019). Penyuluhan Kesehatan(Kesehatan Reproduksi Anak
Remaja) Bagi Siswa Siswi Sd Bopkri Gondolayu Yogyakarta. Skripsi.
Program studi sarjana keperawatan STIKES Bhetesda yakkum
Yogyakarta.
Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahanya. 2 agustus 2018.
https://eprints.umm.ac.id/63513/3/BAB%20II.pdf.
Djamarah. S. B, Zain. A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Kelana Kusuma Dharma. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Trans info
media, jakarta.