ANALISIS KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH
Abstract
Kemampuan critical thinking merupakan salah satu kompetensi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Hal ini disebabkan kemampuan critical thinking dapat membuat peserta didik memiliki kemampuan cara berpikir yang sistematis, kesadaran dalam berpikir dan memiliki kemampuan untuk membedakan suatu kebenaran dari suatu hal dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan critical thinking siswa pada materi Statistika kelas X di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan tes. Sampel dalam penelitian adalah 50 orang siswa kelas X IPAS 5 dan Kelas X IPAS 10 di SMA Negeri 3 Banda Aceh dengan populasi 330 orang siswi kelas X yang diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan critical thinking siswa kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh 2022 masih dibawah KKM. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan data dengan menggunakan rumus t-test (1 sempel) yang diperoleh hasil thitung=-15,6982 dan ttabel=1,67655 dimana nilai thitung kurang dari ttabel yang artinya kemampuan critical thinking siswa dibawah KKM. Siswa dengan kategori tinggi mencapai indikator critical thinking menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi dan menginferensi. Siswa pada kategori sedang mencapai indikator menganalisis, mengevaluasi dan menginferensi. Sedangkan siswa pada kategori rendah hanya mencapai indikator menganalisis. Hasil analisis ini relevan dengan penelitian Wiyana Pertiwi (2018) menyatakan kemampuan berpikir kritis siswa yang mampu mencapai nilai KKM hanya 19% dari seluruh siswa yang ada (7 dari 36 siswa) dan 81% belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum. Bagi peneliti selanjutnya, agar meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kritis pada jenjang SMA/sederajat.
Keywords
Critical Thinking, Statistika
References
Achmad, A. 2020. Modul Pembelajaran SMA Matematika Umum. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Derektorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Derektorat Sekolah Menengah Atas 2020. Hal. 7 (http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint)
Anis, Ahmad A. Suhartini. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang. Vol. 2. No. 1. (http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/index )
Benyamin, Dkk. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X Dalam Memecahkan Masalah SPLTV. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 05, no. 02. (https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.574) , diaksas 16 Oktober 2021
Christi, Aghata A. 2019. Analisis Kemampuan Critical Thinking and Problem Solving Mahasiswa Universitas Sanata Dharma Pada Topik Matematika SMA dan SMK Tahun Akademik 2018/2019. https://repository.usd.ac.id/35369/2/151414101_full.pdf , diakses 10 Oktober 2021
Eka, Putu Sastrika A. 2019. Keterampilan Belajar Dan Berinovasi Abad 21 Pada Era Revolusi Industri 4.0. Purwadita. Vol. 3. No. 1
Fachriani, D. 2020. Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Banda Aceh. Seminar Nasional Pendidikan. (https://repository.bbg.ac.id/handle/917) diakses 19 Juli 2022.
Hamzah, Ali. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, hal. 48
Hidayah, R. dkk. 2017. Critical Thinking Skill: Konsep Dan Indikator Penilaian. Jurnal Taman Cendekia Vol. 01 No. 02. (https://doi.org/10.30738/tc.v1i2.1945)
Indria, Tutut Permana, dkk. 2019. Critical thinking skills: The academic ability, mastering concepts, and analytical skills of undergraduate students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia). Vol. 5. No. 1. doi: https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7626
Jannah, M. dan Indra Budiman. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 5. No. 1. (https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i1.237-246) diakses tgl 26 Mei 2022.
Jiran, Olenggius D. Dkk. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat. Vol. 2 no. 2
Khasanah, dkk. 2017. Effectiveness Of Critical Thinking Indicator-Based Module In Empowering Student's Learning Outcome In Respiratory System Study Material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 6. No. 1 DOI: 10.15294/jpii.v6i1.8490
Lahantaya, Olti. 2020. Validitas dan Reliabilitas Butir Soal Eksponen dan Logaritma dalam Buku Siswa Matematika Peminatan Berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi. Banda Aceh: Program Sarjana UBBG.
Lestari, Yunia. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Penerapan Model Education Coins Of Mathematic Competition (E-Coc) Pada Peserta Didik Kelas X.
Noviana, Eka K. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir kritis Matematis Siswa SMK pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Vol. 3. No.2. DOI: https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.62-75
Nuryanti, L. dkk. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol. 3 No. 2. (http://dx.doi.org/10.17977/jtpp.v3i2.10490)
Patricia, C. S. 2010. Thinking Critically. Journal Aorn. Volume 91 No 2. Hlm. 197-199
Pariwi, W. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMK Pada Materi Matriks. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 2 no. 4. (https://doi.org./10.31004/jptam.voli4.29)
Permendikbud 81 A. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf
Rasiman. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Matematika. Vo. 4 no. 2 (https://doi.org/10.26877/aks./Septembe.544)
Ratnawulan E. Rusdiana A. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Sejati.
Rosaria, Sofija LJ. 2016. Studi Deskriptif Kuantitatif: Prokrastinasi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Septikasari, R. Dkk. 2018. Keterampilan 4c Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad. Vol. 8 no. 2. (https://doi.org/10.15548/alwald.v8i2)
Suci, W. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Al- Islam Di Sma Muhammadiyah 1 Gisting Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2019/2020.
Sulistiani, E., Masrukan. 2016. Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA. PRISMA. Vol. 1 no. 1
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Kencana. Hal. 185-186.
Susilawati, E., Agustina Sari, Achmad S., & Parsaoran S. 2020. Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT). Vol. 6 No. 1. (http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453)
Sutarji. (2018) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII MTs Al-Washliyah Kolom dalam menyelesaikan masalah berdasarkan perbedaan jenis kelamin. Skripsi. Sumatera Utara: program Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Wira, Berata D. 2019. Mengelola akecamasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTS Islamiyah Medan. Skripsi. Sumatra Utara: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Yasushi, G. 2016. Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation. International Conference on Cognition and Exploratory Learning in the Digital Age (CELDA 2016). Niigata University. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED571408.pdf
Yuliati, L. 2013. Efektifitas Bahan Ajar IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 9 no. 1 (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpfi