UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Fariza, N. (2019). EFEKTIFITAS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS AUD DI TK B PUTRA BANGSA ACEH BESAR (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1264.
Fariza, Nora. “EFEKTIFITAS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS AUD DI TK B PUTRA BANGSA ACEH BESAR.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/1264.

EFEKTIFITAS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS AUD DI TK B PUTRA BANGSA ACEH BESAR

Thumbnail

View/Open

F0714148W.pdf (760 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Nora Fariza

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan mengenal kosa kata video animasi bahasa inggris Aud di TK B Putra Bangsa Aceh Perkembangan kosa kata anak masih rendah anak belum mampu menyebutkan nama-nama benda sederhana yang ada disekitarnya serta nama-nama binatang dalam bahasa inggris. Permasalahan juga terlihat pada penggunaan video animasi yang belum maksimal. Dari latar belakang masalah tersebut maka timbullah rumusan masalah dalam peneliti ini “apakah video animasi dapat meningkatkan kosakata bahasa inggris pada aud TK B Putra Bangsa Aceh Besa? “Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas video animasi terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris Aud di TK B Putra Bangsa Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel 15 anak pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan dan dokumentasi dan analisis data menggunakan statistik. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa video animasi terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris efektif terhadap kemampuan mengenal video animasi anak yang ditunjukkan dengan hasil penguji hipotesis bahwa t hitung > t tabel yaitu 13,46 > 1.761. maka Ho ditolah dan Ha diterima, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penelitian ini yaitu video animasi efektif terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris Aud di TK B Putra Bangsa Aceh Besar.


Keywords

video animasi terhadap kemampuan kosa kata bahasa Inggris

References

Arikunto.S.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik.Jakart: PT.Rineka Cipta Jakarta.

Arikunto.S. 2010.Penelitian Tindakan kelas. BhinnekaCipta Bandung

Arsyad. 2002. Media pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindopersad.

Arsyad Hamalik. 2003. Penggunaa video dalam proses pembelajaran. Unuversitas terbuka

Budiningsih A. 2005. Belajar dan pembelajaran.PT.RinekaCipta.

Busthomi 2012. Pengembangan anak usia dini. Jakarta: Grasindo.

Busthomi 2011. Karakteristik anak usia dini. PAUD Pps UNJ

Creswell M. 2010. Variabel penelitian: PT. pustaka perapratasa

Desmita. 2010. Psikologi perkembangan. Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. PetunjukTeknisProses Belajar Mengajar di Taman kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.

Erikson, 2008.Chilhood and society.Nortoon, New York.

Fadillah Muhammad.2012. Desain pembelajaran. Ar-ruzz Media. Yogyakarta. Fernandes,ibiz. Animation flash Macromedia, Guide A Creative, cartooning Hill-GrawMc, Femandezibiz, Ibiz 2002 Pemanfaatan Software MacRromedla FlashSebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Di

Maimunah hasan (2009:15).Pendidikan anak usia dini.Jogjakarta; Diva press

Keraf, G. 2009. Manfaat permainan bagi Anak. Gramedia Jakarta

Lamatenggo, 2001. Konsep Video Aanimasi. Yogyakarta: Pilar Media.

Martinus, Surawan. 2011. .kamus kata sarapan, jakart, Gramedia pustaka utama

Mulyasa,2009.Pretik penilian indakan kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. PT. : Bandung.Remaja Rosdakary

Faidal,2010Penguasaankosakatahttp/www.sekolahoke.com/2013/04/cara.Mengajar.kosakata.Bahasa.Inggris.sesuai.konteks.bacaan.html

Ibrahim kasir M. 2006. Perkembangan komunikasi pada anak: Jakarta. depdiknas

Slamet.S, 2005.Manfaat video animasi bagi anak. Ar-Ruz Media, Jogjakarta

Dwi Siswoyo, 2008. ILmu pendidikan. Yogyakarta:UNY pres

Sugohartono. 2007. Pembelajaran Anak Usia Dini. Gramedia Jakarta

Suharsimi A, 2006. Menjelaskan garis sumber data.

Sugiyono.2006. Metode penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan

R&D. Alfabeta: Bandung.

Sudjana,Nana 2005. Dasar-dasar proses/ belajar mengajar, Bandung , Sinar Baru Algensindo

Sudjana, 2005.Media pengajaran.Bandung :Sinar Baru Algensindo.

Suyanto. 2005. Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dapartemen pendidikan Nasional.

Strategi pendidikan anak. Hikayat Publishing:Yogyakarta.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1264

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository