EFEKTIFITAS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS AUD DI TK B PUTRA BANGSA ACEH BESAR
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan mengenal kosa kata video animasi bahasa inggris Aud di TK B Putra Bangsa Aceh Perkembangan kosa kata anak masih rendah anak belum mampu menyebutkan nama-nama benda sederhana yang ada disekitarnya serta nama-nama binatang dalam bahasa inggris. Permasalahan juga terlihat pada penggunaan video animasi yang belum maksimal. Dari latar belakang masalah tersebut maka timbullah rumusan masalah dalam peneliti ini “apakah video animasi dapat meningkatkan kosakata bahasa inggris pada aud TK B Putra Bangsa Aceh Besa? “Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas video animasi terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris Aud di TK B Putra Bangsa Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel 15 anak pengumpulan data dilakukan melalui tes lisan dan dokumentasi dan analisis data menggunakan statistik. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa video animasi terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris efektif terhadap kemampuan mengenal video animasi anak yang ditunjukkan dengan hasil penguji hipotesis bahwa t hitung > t tabel yaitu 13,46 > 1.761. maka Ho ditolah dan Ha diterima, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penelitian ini yaitu video animasi efektif terhadap kemampuan kosa kata bahasa inggris Aud di TK B Putra Bangsa Aceh Besar.
Keywords
video animasi terhadap kemampuan kosa kata bahasa Inggris
References
Arikunto.S.2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik.Jakart: PT.Rineka Cipta Jakarta.
Arikunto.S. 2010.Penelitian Tindakan kelas. BhinnekaCipta Bandung
Arsyad. 2002. Media pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindopersad.
Arsyad Hamalik. 2003. Penggunaa video dalam proses pembelajaran. Unuversitas terbuka
Budiningsih A. 2005. Belajar dan pembelajaran.PT.RinekaCipta.
Busthomi 2012. Pengembangan anak usia dini. Jakarta: Grasindo.
Busthomi 2011. Karakteristik anak usia dini. PAUD Pps UNJ
Creswell M. 2010. Variabel penelitian: PT. pustaka perapratasa
Desmita. 2010. Psikologi perkembangan. Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. PetunjukTeknisProses Belajar Mengajar di Taman kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud.
Erikson, 2008.Chilhood and society.Nortoon, New York.
Fadillah Muhammad.2012. Desain pembelajaran. Ar-ruzz Media. Yogyakarta. Fernandes,ibiz. Animation flash Macromedia, Guide A Creative, cartooning Hill-GrawMc, Femandezibiz, Ibiz 2002 Pemanfaatan Software MacRromedla FlashSebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Di
Maimunah hasan (2009:15).Pendidikan anak usia dini.Jogjakarta; Diva press
Keraf, G. 2009. Manfaat permainan bagi Anak. Gramedia Jakarta
Lamatenggo, 2001. Konsep Video Aanimasi. Yogyakarta: Pilar Media.
Martinus, Surawan. 2011. .kamus kata sarapan, jakart, Gramedia pustaka utama
Mulyasa,2009.Pretik penilian indakan kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. PT. : Bandung.Remaja Rosdakary
Faidal,2010Penguasaankosakatahttp/www.sekolahoke.com/2013/04/cara.Mengajar.kosakata.Bahasa.Inggris.sesuai.konteks.bacaan.html
Ibrahim kasir M. 2006. Perkembangan komunikasi pada anak: Jakarta. depdiknas
Slamet.S, 2005.Manfaat video animasi bagi anak. Ar-Ruz Media, Jogjakarta
Dwi Siswoyo, 2008. ILmu pendidikan. Yogyakarta:UNY pres
Sugohartono. 2007. Pembelajaran Anak Usia Dini. Gramedia Jakarta
Suharsimi A, 2006. Menjelaskan garis sumber data.
Sugiyono.2006. Metode penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan
R&D. Alfabeta: Bandung.
Sudjana,Nana 2005. Dasar-dasar proses/ belajar mengajar, Bandung , Sinar Baru Algensindo
Sudjana, 2005.Media pengajaran.Bandung :Sinar Baru Algensindo.
Suyanto. 2005. Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dapartemen pendidikan Nasional.
Strategi pendidikan anak. Hikayat Publishing:Yogyakarta.