ANALISIS KECERDASAN INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV NEGRI 46 BANDA ACEH
Abstract
Kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan dalam interaksi seseorang dengan orang lain. Dengan berinteraksi anak-anak belajar memberikan umpan balik positif kepada orang lain kecerdasan interpersonal memiliki peranan yang penting bagi kehidupan. Seperti halnya dengan kecerdasan lainnya, kecerdasan interpersonal perlu diberi kesempatan dan rangsangan oleh lingkungan untuk dapat berkembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 46 Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian yang dilakukan oleh penulis di kelas IV SD Negeri 46 Banda Aceh. Yang menjadi sampel disini adalah 25 siswa kelas IV SD Negeri 46 Banda Aceh. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yaitu analisis data kualitatif, selain itu juga menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SD Negeri 46 Banda Aceh dikategorikan baik dan siswa mampu mengembangkan dan menciptakan relasi dan kerja sama secara efektif serta siswa dapat berinteraksi dengan baik antara satu sama lain, sehingga siswa mudah memahami pembelajaran dan siswa selalu berusaha mengerjakan tugas dengan benar. Siswa dapat dengan mudah mengerti pembelajaran yang disampaikan oleh guru karena kecerdasan emosional yang ada dalam diri siswa.
Keywords
Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Hasil Belajar
References
DAFTAR PUSTAKA
Agus Efendi. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Amstrong, Thomas. 2002. Setiap Anak Cerdas. Jakarta: Gramedia.
Anita Lie. 2003. Cooperatif Learning: Mempraktekkan Cooperatif Learning di. Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.
Benyamin S. BloomSuryabrata,1997. Psikologis Perkembangan. Bandung. PT. Gramedia.
Hartati, S. 2009. Media Pembelajaran Permainan Kartu Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Bagi Anak Tuna Grahita Kelas D1/C SLB/B- C YPAALB Langenharjo Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. FKIP Universitas Sebelas Maret.
Lwin, May & Adam Khoo, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Yogyakarta : Indeks.
Moch.Nazir. 2003, Metode Penelitian, Salemba Empat, Jakarta
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nursid Sumaatmadja. 1984. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu : Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta : Rajawali Pres.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers
Safaria. 2005. Interpersonal Intelligence: MetodePengembanganKecerdasan Interpersonal Anak.Yogyakarta : Amara Books.
Sumadi Suryabrata. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC.
Winkel. 2005. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Yaumi, Muhammad. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jakarta: Dian Rakyat