PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI MEDIA BUKU HURUF PADA ANAK KELOMPOK B-5 TK ADHYAKSA 14 LAMPINEUNG BANDA ACEH
Abstract
Kemampuan mengenal huruf harus dikuasai oleh anak TK karena pengenalan terhadap huruf termasuk modal awal memiliki keterampilan membaca, kemampuan tersebut belum berkembang dengan baik di Kelompok B-5 TK Adhyaksa 14 Banda Aceh. Oleh karena itu, diperlukan tindakan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media buku huruf pada anak kelompok B-5 TK Adhyaksa 14 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan mengadaptasi model Kemmis dan MC Taggart dengan empat tahap tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah subjek sebanyak 11 orang anak, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik diskriptif melalui rumus persentase dengan indikator keberhasilan sebanyak 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui media buku huruf anak kelompok b-5 TK Adhyaksa 14.
Keywords
Mengenal huruf, buku huruf
References
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka
Cipta.
Arikunto, S. dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Asmawati, Luluk. 2014. Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional.
Jakarta: Kompas Gramedia.
Hayati, Fitriah, dkk. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui
Permainan Bola Huruf pada Kelompok B DI TK Mawaddah Warahmah
Aceh Besar. Jurnal Buah Hati. Vol. 7 No. 1 (
Hasan, Maimunah. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press.
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, Fajri. 2014. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan. IKAPI.
Kusumawardani, Cindy Tri. 2019. Peningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf
Melalui Media Pop-Up Kelompok B TK Negeri Pembina Jagoi Babang.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 2 Tahun ke-8 2019.
Latif, Mukhtar, dkk. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana Prenada.
Masitoh, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mursid. 2015. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslihudin. 2012. Kiat Sukses Melakukan Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah.
Bandung: Rizqi Press.
Nurjanah, Esti. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui
Penggunaan Media Buku Alfabet Kelompok A1 di TK Fatimah Az
Zahrah Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi, Universitas Negeri
Yogyakarta.
Pangastuti, R., & Farida, S. 2017. Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui
Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesia Journal of Early CHhildhood
Islamic Education, 1
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. 2012. Human Development
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak
Usia Dini.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak
Usia Dini.
Ramayulis. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Rofi'uddin, Ahmad dan Darmiyati Zuhdi. 2013. Model-model Pengajarandan
Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roestiyah. 2013. Model dan Metode Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta:
Kencana Prenada Media.
Sardiman, A.M. 2013. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Seefeldt, Carol dan Barbara A.Wasik. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini.
Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah.
Jakarta: Indeks.
Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak.
Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada.
Suyadi dan Ulfah, Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Trisnawati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode
Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Aba Ketanggungan
Wirobrajan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri
Yogyakarta.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wiliyanto Oey, Fanny, dkk. 2013. Perancangan Buku Interaktif Pengenalan dan
Pelestarian Sugar Glider di Indonesia Bagi anak 7-12 Tahun. Surabaya:
UKP.
Yulianti, Dwi. 2010. Bermain sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta:
Indeks.
Zaman, Badru dkk. 2010. Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Universitas Terbuka.