UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Alawya, W. (2021). PENGARUH METODE SIMULASI DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA TEMA 5 SUB TEMA 3 TERHDAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/1082.
Alawya, Wiwi. “PENGARUH METODE SIMULASI DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA TEMA 5 SUB TEMA 3 TERHDAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/1082.

PENGARUH METODE SIMULASI DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA TEMA 5 SUB TEMA 3 TERHDAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR

Thumbnail

View/Open

F0816020W.pdf (391 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Wiwi Alawya

Abstract

Nilai pengetahuan siswa peserta didik kurang maksimal dikarenakan sebagian peserta didik masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi terhadap materi pembelajaran yang diajarkan. Kemampuan kognitif siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar rata-rata masih di bawah di bawah KKM 70. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan beragamnya karakteristik siswa. Adapunni rumusan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran simulasi dan demontrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V Sd Negeri Kajhu Aceh Besar pada materi persatuan dan kesatuan”?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode simulasi dan demontrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Metode penelitian ini adlah metode pre-eksperimen design one group pre-test dan post-test yang dilakukan pada satu kelas saja tanpa kelas perbandingan dengan cara memberikan tes awal dan akhir. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa-siswa SD Negeri Kajhu Aceh Besar, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar berjumlah 27 orang. Instrument tes pre-test berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hasil data dianalisis dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil pre-test Chi Kuadrat hitung = 4,7 Chi kuadrat tabel = 11,0 (4,7 11,0). Analisis hipotesis thitung = 47,56 ttabel adalah 1,71 thitung>ttabel (5> 1,71) sehingga sadat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, oleh karena itu terdapat pengaruh yang signifikan secara statistic mengenai pengaruh metode simulasi dan demontrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar.


Keywords

Metode simulasi, demontrasi, Pembelajaran PKN

References

Arikunto, Suharmi. (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ahmad, Sabri. (2014). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Quantum

Teaching. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Sterategi Belajar Mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Dayanto. (2009). Demokrasi sebagai Metode Belajar. Jakarta. Depdikbud

Fartati ,(2013). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas II SD No.

1 Polanto Jaya. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-

614X 108

Istarani.(2011). Model Pembelajaran Inovatif .Medan. Media Persada

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Melli Erliana (2019) “Pengaruh metode demontrasi terhadap pemahaman hasil

belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SD Negeri

kedatoan satu” S1 Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro:2019

Mardianto., (2012), Psikologi Pendidikan, Perdana Publishing, Medan

Nuning Safitri (2019)“ Penerapan metode simulasi dangan menggunakan media

benda konkret pada materi jual beli untuk meningkatkan hasil belajar

siswa kelas III di MI mambaul ulum pakis malang” S1 UIN Maulana

Malik Ibrahim. Malang: 2019.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 8 No. 1 – April 2017, p51-56

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:

Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono, (2008), Statiska untuk penelitian, Bandung: Alfabeta

Sardiman, A. M (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta :

PT Raja Grafindo Persada

Sunarti, Mohammad Jamhari, dan Ritman Ishak Paud, ( 2012). Penerapan Metode

Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Siswa Kelas IV SDN Padauloyo Kecamatan Ampana Tete Kabupaten

Tojo Una-Una. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 4 ISSN 2354-

614X 47.

Widoyoko, Eko. (2016). Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta:

Pustaka pelajat.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/1082

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository