PENGARUH METODE SIMULASI DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA TEMA 5 SUB TEMA 3 TERHDAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SD NEGERI KAJHU ACEH BESAR
Abstract
Nilai pengetahuan siswa peserta didik kurang maksimal dikarenakan sebagian peserta didik masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi terhadap materi pembelajaran yang diajarkan. Kemampuan kognitif siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar rata-rata masih di bawah di bawah KKM 70. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai dengan beragamnya karakteristik siswa. Adapunni rumusan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran simulasi dan demontrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V Sd Negeri Kajhu Aceh Besar pada materi persatuan dan kesatuan”?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh metode simulasi dan demontrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar. Metode penelitian ini adlah metode pre-eksperimen design one group pre-test dan post-test yang dilakukan pada satu kelas saja tanpa kelas perbandingan dengan cara memberikan tes awal dan akhir. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa-siswa SD Negeri Kajhu Aceh Besar, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar berjumlah 27 orang. Instrument tes pre-test berupa tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Hasil data dianalisis dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil pre-test Chi Kuadrat hitung = 4,7 Chi kuadrat tabel = 11,0 (4,7 11,0). Analisis hipotesis thitung = 47,56 ttabel adalah 1,71 thitung>ttabel (5> 1,71) sehingga sadat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, oleh karena itu terdapat pengaruh yang signifikan secara statistic mengenai pengaruh metode simulasi dan demontrasi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas V SD Negeri Kajhu Aceh Besar.
Keywords
Metode simulasi, demontrasi, Pembelajaran PKN
References
Arikunto, Suharmi. (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.
Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmad, susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ahmad, Sabri. (2014). Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Quantum
Teaching. Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Sterategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Dayanto. (2009). Demokrasi sebagai Metode Belajar. Jakarta. Depdikbud
Fartati ,(2013). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Benda Bergerak Di Kelas II SD No.
1 Polanto Jaya. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 4 ISSN 2354-
614X 108
Istarani.(2011). Model Pembelajaran Inovatif .Medan. Media Persada
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Melli Erliana (2019) “Pengaruh metode demontrasi terhadap pemahaman hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SD Negeri
kedatoan satu” S1 Institut Agama Islam Negeri (Iain) Metro:2019
Mardianto., (2012), Psikologi Pendidikan, Perdana Publishing, Medan
Nuning Safitri (2019)“ Penerapan metode simulasi dangan menggunakan media
benda konkret pada materi jual beli untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas III di MI mambaul ulum pakis malang” S1 UIN Maulana
Malik Ibrahim. Malang: 2019.
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 8 No. 1 – April 2017, p51-56
Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses
Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung:
Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono, (2008), Statiska untuk penelitian, Bandung: Alfabeta
Sardiman, A. M (2014) Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta :
PT Raja Grafindo Persada
Sunarti, Mohammad Jamhari, dan Ritman Ishak Paud, ( 2012). Penerapan Metode
Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas IV SDN Padauloyo Kecamatan Ampana Tete Kabupaten
Tojo Una-Una. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 4 ISSN 2354-
614X 47.
Widoyoko, Eko. (2016). Penelitian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta:
Pustaka pelajat.