UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Azmi, A. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) REHADAP SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/952.
Azmi, Alkaulul. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) REHADAP SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/952.

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) REHADAP SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0115001W.pdf (240 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Alkaulul Azmi

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan “Efektivitas Pembelajaran Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Siswa Kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik diantaranya: kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dalam menulis. Peserta didik kurang memahami struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model Problem Based Learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (I) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL )efektif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh? (II). Bagaimana keefektifan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL )efektif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan (I). Mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh. (II). Mendeskripsikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari nilai rata-rata tes awal (pre-test) sebelum diterapkan model Problem Based Learning yaitu: 44,06 dan tes akhir (post-test) setelah menerapkan model Problem Based Learning, yaitu 86,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh. Peneliti menyarankan bagi penulis dan pembaca dapat dijadikan referensi yang lebih inofatif, bagi siswa supaya terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai ketuntasan hasil belajar.


Keywords

Problem Based Learning, teks eksplanasi, menulis

References

Ahsan, arfiyadi. 2012. “Pembelajaran Berdasarkan Masalah”. Diunduh

dihttp://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/pembelajaranberbasis masalah-pbm25.htm

Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran

Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya

Alwi, Hasan. Dardjowodjojo, Soenjono. Lapoliwa, Hans. Moeliono, Anton M. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ariyatna, Ernanda. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Medan: Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unimed.

Azis, A. W. Pemarkah kohesi leksikal dan kohesi gramatikal. dialektika:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika, (2015).

Budi, E. N. Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, (2017).

Dewi, Ni Putu Eka Puspita, I. Made Sutama, and Sang Ayu Putu Sriasih. "Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi kelas X IIS. 1 SMAN 1 mendoyo." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 3.1 (2015).

Emilia, E. 2011. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris:

Petunjuk untuk Guru. Bandung: Rizqi Press.

Gita, D. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Terhadap Pembelajaran Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiya Palembang).

Gultom, Pestuli. 2013. “Penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis

Masalah terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP 5 Santo Ignasius Medan Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No.4.

Hidayati, E. 2011. Penggunaan Konjungsi Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X MA Husnul Ri'Ayah Situbondo.

Karlina, Hanita. Rika Husnita. 2014. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe

Team Assisted Individualization (TAI) dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh. VolumeV Nomor 2, Juli – Desember 2014.

Kemendikbud. 2013. Bahan Diklat untuk Guru: Dalam rangka Implementasi

Kurikulum 2013.Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia (Ekspresi Diri dan Akedemik). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih, E. dan Restuti. 2013. Mandiri: Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Maesaroh, M. (2017). Penerapan Model Project Based Learning (Pbl) Dengan Media Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Mutiadi, A. D., & Syamsudin, D. Analisis Konjungsi Koordinatif Dan Konjungsi Subordinatif Pada Novel “Gurita David” Karya Willy W. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (2015).

Naim (2014). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2013/2014.

Noviani Siska Ulfa. 2015 .”Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Secara Tertulis Menggunakan Model Pembelajaran Berbasi Masalah (Problem Based Learning) Pada Peserta Didik Kelas VII A SMA Negeri 19 Tegal”. Skripsi. Unnes.

Nurul Aini, 2017. Kohesi dan Koherensi. Jurnal

Napituluh Putri Dewita dkk. 2019 The Development Process of Problem Based Learning Models Developed by Exposition Text Writing Materials on VIII Grade Students of Methodist 12 Medan. Budapes Internasional Researc and Critisc In Liguistics and Education. Jurnal Birl

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesias Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Puspita Dewi, Eka. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IIS.1 SMAN 1 Mendoyo. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 3 No. 1 Tahun 2015)

Putra, Heriyansyah. 2015. Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh . Pendidikan Matematika.Universitas Syiah Kuala.

Rerung Nensy dkk. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan 2019

Rimyanti dan Jaja, 2010. Pengebangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Masa Cetak. Jurnal Tuturan 2018

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Setiarini, Indah Wukir dan Artini, MG Santi. 2014. Cakap Berbahasa Indonesia. Bandung: Yudhistira.

Setiawati, S. Aspek Kohesi Konjungsi Dalam Wacana Opini Pada Majalah Tempo dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Gramatika, (2015).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thobroni.2015 Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto, 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/952

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository