EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) REHADAP SISWA KELAS XI MAN 3 BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan “Efektivitas Pembelajaran Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Siswa Kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi peserta didik diantaranya: kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, dalam menulis. Peserta didik kurang memahami struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan model Problem Based Learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (I) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL )efektif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh? (II). Bagaimana keefektifan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL )efektif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan (I). Mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh. (II). Mendeskripsikan model Problem Based Learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI MAN 3 Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh yang berjumlah 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari nilai rata-rata tes awal (pre-test) sebelum diterapkan model Problem Based Learning yaitu: 44,06 dan tes akhir (post-test) setelah menerapkan model Problem Based Learning, yaitu 86,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI-IS 3 MAN 3 Kota Banda Aceh. Peneliti menyarankan bagi penulis dan pembaca dapat dijadikan referensi yang lebih inofatif, bagi siswa supaya terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga dapat mencapai ketuntasan hasil belajar.
Keywords
Problem Based Learning, teks eksplanasi, menulis
References
Ahsan, arfiyadi. 2012. “Pembelajaran Berdasarkan Masalah”. Diunduh
dihttp://modelpembelajarankooperatif.blogspot.com/2012/08/pembelajaranberbasis masalah-pbm25.htm
Amri, Sofan dan Ahmadi, Iif Khoiru. 2010. Proses Pembelajaran
Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya
Alwi, Hasan. Dardjowodjojo, Soenjono. Lapoliwa, Hans. Moeliono, Anton M. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Ariyatna, Ernanda. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Medan: Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unimed.
Azis, A. W. Pemarkah kohesi leksikal dan kohesi gramatikal. dialektika:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Matematika, (2015).
Budi, E. N. Penerapan Pembelajaran Virtual Class Pada Materi Teks Eksplanasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI IPS 2 SMA 1 Kudus Tahun 2017. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, (2017).
Dewi, Ni Putu Eka Puspita, I. Made Sutama, and Sang Ayu Putu Sriasih. "Analisis penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi kelas X IIS. 1 SMAN 1 mendoyo." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 3.1 (2015).
Emilia, E. 2011. Pendekatan Genre-Based dalam Pengajaran Bahasa Inggris:
Petunjuk untuk Guru. Bandung: Rizqi Press.
Gita, D. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning
Terhadap Pembelajaran Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiya Palembang).
Gultom, Pestuli. 2013. “Penerapan Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis
Masalah terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP 5 Santo Ignasius Medan Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan. Vol. 3, No.4.
Hidayati, E. 2011. Penggunaan Konjungsi Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X MA Husnul Ri'Ayah Situbondo.
Karlina, Hanita. Rika Husnita. 2014. Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe
Team Assisted Individualization (TAI) dalam Materi Pengenalan Struktur Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh. VolumeV Nomor 2, Juli – Desember 2014.
Kemendikbud. 2013. Bahan Diklat untuk Guru: Dalam rangka Implementasi
Kurikulum 2013.Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia (Ekspresi Diri dan Akedemik). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih, E. dan Restuti. 2013. Mandiri: Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Maesaroh, M. (2017). Penerapan Model Project Based Learning (Pbl) Dengan Media Gambar Fotografi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).
Mutiadi, A. D., & Syamsudin, D. Analisis Konjungsi Koordinatif Dan Konjungsi Subordinatif Pada Novel “Gurita David” Karya Willy W. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (2015).
Naim (2014). Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 Tumijajar Tahun Pelajaran 2013/2014.
Noviani Siska Ulfa. 2015 .”Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi Secara Tertulis Menggunakan Model Pembelajaran Berbasi Masalah (Problem Based Learning) Pada Peserta Didik Kelas VII A SMA Negeri 19 Tegal”. Skripsi. Unnes.
Nurul Aini, 2017. Kohesi dan Koherensi. Jurnal
Napituluh Putri Dewita dkk. 2019 The Development Process of Problem Based Learning Models Developed by Exposition Text Writing Materials on VIII Grade Students of Methodist 12 Medan. Budapes Internasional Researc and Critisc In Liguistics and Education. Jurnal Birl
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesias Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Puspita Dewi, Eka. Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X IIS.1 SMAN 1 Mendoyo. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 3 No. 1 Tahun 2015)
Putra, Heriyansyah. 2015. Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh . Pendidikan Matematika.Universitas Syiah Kuala.
Rerung Nensy dkk. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan 2019
Rimyanti dan Jaja, 2010. Pengebangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Masa Cetak. Jurnal Tuturan 2018
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Setiarini, Indah Wukir dan Artini, MG Santi. 2014. Cakap Berbahasa Indonesia. Bandung: Yudhistira.
Setiawati, S. Aspek Kohesi Konjungsi Dalam Wacana Opini Pada Majalah Tempo dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Gramatika, (2015).
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Thobroni.2015 Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto, 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional). Jakarta: Bumi Aksara.