PERBANDINGAN HASIL BELAJAR TEKS BIOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS X MAN 3 KOTA BANDA ACEH
Abstract
Model pembelajaran adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam proses belajar, ada banyak metode yang bisa dipilih untuk membuat suasana belajar menjadi lebih aktif dan menyenangkan namun terkadang guru belum mampu memilih model yang tepat atau sesuai sehingga proses belajar dan tujuan pembelajaran tidak berjalan sesuai harapan. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan dua model yaitu model Project Based Learning (PJBL) dengan Discovery Learning. Penggunaan kedua model ini untuk melihat model mana yang sesuai diterapkan pada materi teks Biografi. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Teks Biografi menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dengan Discovery Learning. Penelitian ini tergolong dalam penelitian experimen dengan desain Randomized Subject, Posttest Control Group Design. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk unjuk kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Banda Aceh sedangkan sampelnya siswa kelas X MIA1 dan kelas X MIA2 MAN 3 Banda Aceh. Teknik analisis data menggunakan teknik uji t. dari analisis data diproleh hasil belajar Teks Biografi menggunakan model Project Based Learning (PJBL) adalah 81,69 sedangkan Discovery Learning adalah 79,62. Setelah diterapkan model Project Based Learning (PJBL) dengan Discovery Learning rata-rata nilai siswa mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Project Based Learning (PJBL) dengan Discovery Learning mendapat nilai yang sama. Adapun saran yang diberikan sebaiknya guru menerapkan model yang sesuai dengan materi. Kata kunci: Project Based Learning, Discovery Learning, Teks Biografi, Menulis
Keywords
Project Based Learning, Discovery Learning, Teks Biografi, Menulis
References
Afriana, J. (2015). Project Based Learning (PjBL). Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.
Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11-20.
Abidin y 2012 pembelajaran membaca berbasis pendidikan. Edidi pertama bandung
Abidin, 2012:190 Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama. Akhadiah, dkk. (1996). Menulis. Bandung: Dikbud. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arsyad. A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Bruner dalam budiningsih (2012:43) Satriana, E. D., Trisnamansyah, S., & Iriant, Y. (2018). Manajemen Contextual Teaching and Learning Berbasis Karakter dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika. Fokus Manajemen Pendidikan, 1(1), 25-36.
Depdikbud. (2014). PERMENDIKBUD No.58 Th. 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Perrtama/Madrasah Tsanawiyah
Hayati, M. N., Supardi, K. I., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan pembelajaran ipa smk dengan model kontekstual berbasis proyek. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(1).
Helm dan Katz (dalam nasir, 2017)Analisis Kesulitan Belajar dan Miskonsepsi Mahasiswa dalam Praktikum Berbasis Proyek Muhammad Nasir Program Studi Tadris (Pendidikan) Fisika, IAIN Palangka Raya.
Hosnan, 2014:295 Giarti, S. (2015, November). Peningkatan Keterampilan Proses Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Terintegrasi Penilaian Autentik Pada Siswa Kelas VI SDN 2 Bengle, Wonosegoro. In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (Vol. 1, No. 1).
Honsan, 2014: 282 Hadi, W. (2016). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP Melalui Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Saintifik. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 93-108.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Scientific dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84-92.
Kemendikbud, ( dalam afriana, 2015:08-07) Prasetyaningsih, S. A. (2015). Analisis Deskriptif Faktor–Faktor Penyebab Motivasi Berprestasi Rendah Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Semarang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).
Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif. Kemendikbud. (2013). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud. (2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbut (2014:45) NUGRAHA, A. (2017). Pembelajaran Mengabstraksi Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Teknik Cutting-Gluing Pada Siswa Kelas Xi Sma Nugraha Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 385-395.
Moursund dan kemendikbut,( dalam afriana, 2015:16) di Mts Negeri Yogyakarta, I. I. Analisis Manajemen Implementasi Kurikulum 2013.
Mulyadi, 2015 Mulyadi, E. (2015). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 22(4), 385-395.
Mulyasa, dkk (2016:127) Munjamil, A., & Bisri, M. (2018). Manajemen Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di MAN Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).
Mulyasa. E. (2011). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyasa. E. (2013). Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaa Rosdakarya.
Muhibbin Syah.2013, Psikologi Pendidikan,Dengan Pendekatan Baru , Bandung PT Remaja Rosdakarya
Nurdin (2016:219) Sinulingga, K., Tarigan, R., Bukit, N., & Ginting, E. M. (2006). Menerapkan Model Pembelajaran Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Bahasan Suhu Dan Pemuaian DI KELAS VIII SMPN 10 MEDAN.
Nurdin, Syarifuddin dan Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Edisi Ke-1. Jakarta: Rajawali Pers.
Nasir, M. (2017). Analisis kesulitan belajar dan miskonsepsi mahasiswa dalam praktikum berbasis proyek. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(1), 56-65.
Nasir 2017(Dalam Roestiyah, 2012:20) Ayu, N. P. Perbandingan Hasil Belajar Antara Metode Inquiry Dan Metode Discovery Pada Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12).
Suprihatiningrum, 2013:145 Maharani, B. Y. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan benda konkret untuk meningkatkan hasil belajar IPA. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(5), 549-561.
Prastowo, 2013: 68 Kusumaningtyas, E. (2017). Analisis Kelayakan Bahan Ajar Kearsipan Berbasis Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Pemanfaatan Guru Dan Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 2(1).
Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi aksara.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71.
Raka joni (dalam nasir, 2017) Noor, A. Y. M., & Rosli, Q. (2017). Perkembangan Metodologi Pengajaran Dan Pembelajaran Hadith Di Negeri Kedah.
SYAM, A. N. (2016). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao.
Siwa, I. B., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).
Sani, 2013:89 Yazidi, A. (2014). Memahami Model-model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 (the Understanding of Model of Teaching in Curriculum 2013). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya (JBSP), 4(1), 89-95.
Trianto, 2013:22 Jaya, M. T. B., Riswandi, R., & Arif, S. (2019, June). Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Pada Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar (Sd) Berbasis Pembentukan Karakter Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 559-567).
Trianto, 2013:24 Sidabutar, C., Ellyza, E., & Hermawati, A. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkakatkan Hasil Belajar Matematika. JS (JURNAL SEKOLAH), 3(2), 176-183.
Thomas (dalam rati 2017) MUSLIMAH, R. (2017). Perbandingan Efektivitas Dynamic Back Stretch Dan Core Stability Untuk Pengurangan Nyeri Low Back Pain Pada Lansia Di Landungsari (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Thomas dkk (dalam rati 2017) Muslimah, R. (2017). Perbandingan Efektivitas Dynamic Back Stretch Dan Core Stability Untuk Pengurangan Nyeri Low Back Pain Pada Lansia Di Landungsari (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Thomas, (dalam afriana, 2015) Chasanah, Y., Rohman, F., & Zubaidah, S. (2019). Efektivitas Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Project Based Learning dalam Upaya Peningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 531-536.