PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PELESTARIAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN KELAS IV SD NEGERI 32 BANDA ACEH PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 3
Abstract
Penelitian ini akan mengukur satu tingkat yang diperoleh peneliti diperlukan upaya untuk mengembangkan media pembelajaran poster pelestarian makhluk hidup untuk menumbuh kembangkan pemehaman siswa di dalam mempelajari materi yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan poster pelestarian makhluk hidup sebagai media pembelajaran siswa kelas IV SD pada pemebelajaran IPA tema 6 subtema 3. Penelitian ini disusun dan dikembangkan berdasarkan 4 tahap yaitu Defigne, Desaign, Develop, Dissiminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berjumlah 5 siswa. Penelitian ini dilaksanakan disekolah dasar yang merupakan sekolah tempat dilaksanakannya uji coba produk, hasil penelitian yang berupa media poster. Penelitian yang bersifat analisis kebutuhan (digunakan metode survey atau kualitatif) dan untuk menguji keefektifan produk tersebut, maka diperlukan penelitian (menggunakan metode eksperimen) teknik pengumpulan data yaitu: validasi ahli dan angket respon siswa dan teknik analisis data. Berdasarkan hasil validasi ahli, diperoleh persentase kelayakan sebesar 87,5% diperoleh dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis iji coba produk yang melibatkan 5 orang siswa SD diperoleh persentase responden yang memeberikan tanggapan (Ya) sebesar 86 % sedangkan persentase responden yang memberikan tanggapan (Tidak) tertarik sebesar 14 % dari hasil persentase, maka dapat dikatakan bahwa peserta didik tertarik menggunakan media poster pada pembelajaran IPA di kelas IV SD pada tema 6 subtema 3.
Keywords
Media poster pembelajaran IPA
References
Anggraini, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Menggunakan Snowball Throwing.Yogyakarta: Redaksi
Arikunto. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, 2015. Materi IPA. Malam: UPT UMM
Amir, Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group
Arif Rahman Kurniadi, 2014. Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif.J Akarta: PT. Kharisma Purwanto, 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta
Desi Rahayu 2020. Pengembangan Media poster sebagai media pembelajaran pada amateri Atom. Di SMA Ishafuddin Banda Aceh.
Djali dan Muljono : 2016 :28. Analisis Data Angket Model Snowball Throwing. Pedoman Penyususnan Jakarta.
Etnis, 2015. Kontruktivis dalam pembelajaran: Penerbit ArRuzz Media. Khanifatul. (2015).
Fahrul, 2014. Efektifitas Model Pembelajaran Snawbal Throwing. Bandung. Balai Pustaka
Harlinda Sofya, 2015.Pengaruh Penerapan Medel Snowbal Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harline, 2015.Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.
Harifan, 2014.Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, Dan Impelemtasinya Dalam
Herlinsyah, 2015.Model Pembelajaran Snowbal Terhadap Keefektifan Siswa Di Kelas Strategi. Bandung:PT. Refika Aditama.
Hamzah, 2011. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: AM Publishing.Evaline Siregar & Hartini Agus Supriadi, 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Penerbit Gahlia Indonesia.
Haryon, 2014.Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Haryon, 2014.Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Herlinsyah, 2015.Model Pembelajaran Snawbal Terhadap Keefektifan Siswa Di Kelas Strategi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Harifan, 2014. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, strategi, dan Impelemtasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hikmat, Ade. 2013. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Grasindo Keraf, Gorys. 1986. Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: Gramedia Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi Komposisi Lanjutan II. Jakarta: Gramediawidia Sarana Indonesia
Irianro, 2014.Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.
Komalasari, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Martini, 2013. Hasil belajar siswa. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Marmakson, 2014. Penilaian hasil mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Muhibbin Syah. (2013).dengan menggunakan media gambar snawball: Bineka Cipta.
Nurgiantoro, Burhan. 1988. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: BPFE
Omar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Pembelajaran Inovatif: Startegi Mengelola Kelas SecaraEfektif dan Menyenangkan. Yogyakarta:
Rahayu, Minto. 2009. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Mata KuliahPengembangan Kepribadian. Jakarta: Pt Grasindo
Riald Paula, 2012.Strategi Pembelajaran Standar Proses Pendidikan. Bandung: Jakarta kencana
Sulastri. 2014, Penilaian kopetensi Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja
Sadiman, 2016.Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Sulistiyani, 2014.Media Gambar Snawbal Throwing.Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sulastri. 2014, Penilaian Kopetensi Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT. Remaja
Slamet. (2010).Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya Rev.ed. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiono, 2015.Metode Kritikal Thingking Siswa. Rev.ed.Jakarta: PT. Rineka Cipta.Tim
Sugiono, 2015. Materi Fungsi Organ Tubuh Manusia. Bandung: PT. Remaja
Suharsimi Arikunto, 2013. Fungsi Organ Tubuh Manusia , universitas negeri Yogyakarta
Satata, Sri. 2006. Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi MataKuliah Pengembangan Kepribadian. Malang: Universitas Mercu Buana
Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susetyo. 2009. Menulis Akademik . Universitas Bengkulu: Unit FKIP Unib.
Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Bengkulu: Unit FKIP Unib
Sani,Abdullah Ridwan. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Tarigan. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka raya
Wijaya, 2014. Model Penggunaan Media Gambar Snowball Throwing.Bandung: PT. Remaja
Wayan tirka, Ni Made Kusumawati. (2017). Optimulasi Model [embelajaran Berbasis Masalah Dengan Berbatuan Poster untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Internasional Journal of Elementary Education. Vol (1) 68-72
Wahyu, 2013. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Snwowball Throwing. Pedoman Penyusunan Tugas. Padang: Penerbit Alfabeta. Profesi Pendidikan Dan Keilmuan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Samawato : 2010 :2. Pembelajaran IPA. Pedoman Penyususnan Jakarta.
Irene MJA, dkk : Revisi 2013. Buku Pendamping Tematik Terpadu Pemerintah . Jakarta