PERBANDINGAN KEBUGARAN JASMANI ANTARA MAHASISWA ANGKATAN 2017 DENGAN MAHASISWA ANGKATAN 2018 SETELAH MELAKUKAN SENAM RUTIN JUM'AT DI STKIP BBG BANDA ACEH
Abstract
Kegiatan senam di STKIP BBG Banda Aceh khusus nya prodi penjas khususnya prodi penjas dilakukan setiap pagi Jumat secara rutin oleh seluruh angkatan, kecuali angkatan yang sedang melakukan PPL dari hasil yang penulis amati terlihat bahwa angkatan yang rajin dan yang rutin mengikuti kegiatan senam setiap pagi Jumat ialah angkatan 2017 dan 2018.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kebugaran jasmani antara mahasiswa angkatan 2017 dengan mahasiswa angkatan 2018 setelah melakukan senam rutin jumat di STKIP BBG Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan kuantitatif.pembatasan peneltian ini hanya dibatasi pada mahasiswa srtelah melakukan senam rutin jum'at. Sampel dalam penelitian ini 25 orang angkatan 2017 dan 25 orang angkatan 2018. Data dianalisis menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2018 mendapatkan nilai rata-rata tes awal sebesar 12,96 sedangkan mahasiswa angakatan 2017 mendapatkan nilai rata-rata 13,22. Nilai rata-rata kebugran jasmani pada kedua mahasiswa dari angkatan 2017 dan 2018 sama-sama terdapat pada kategori kurang. Hal ini menunjukkan rendahnya kebugaran jasmani mahasiswa. Hasil analisis tes akhir pada kedua mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 menunjukan peningkatan, kesimpulan yaitu keduanya mendapatkan kategori sedang. peningkatan dari angkatan 2017 dan 2018 yaitu sebesar 4,4% untuk angkatan 2018 dan 2017 peningkatan nya sebesar 3,11%. Sedangkan Hal ini menunjukkan tidak adanya perbandingan yang signifikan. Keduanya berada pada kategori yang sedang.
Keywords
Perbandingan Kebugaran jasmani, Mahasiswa angkatan, 2017, 2018, Senam Rutin Jum'at
References
Agus Mahendra. 2001. Teori Senam. Jakarta: Kencana Pranada Media Grub
Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Bina Aksara.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Djoko Pekik Irianto. 2010. Panduan Latihan Kebugaran yang Efektif dan Aman. Yogyakarta: Lukman offset.
Djoko Pekik Irianto. 2004. Upaya Miningkatkan Derajat Kebugaran Jasmani Dan Kesehatan. Yokyakarta: Lukman offset.
Hakim, T. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan swadaya Nusantara.
(http://penjaskesrek.stkipgetsempena.ac.id : 9)
(http://penjaskesrek.stkipgetsempena.ac.id : 10)
Ispardjadi. 2008. Statistika Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Irianto, A. 2008. Statistik Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Meoloek, Dangsima.2005. Dasar Fisiologis Kesegaran Jasmani dan Latihan Olahraga. Jakarta: (Editor). FKUI Press.
Muhib.B.S. 2002. Metode Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Pekik. j. 2000. Paduan Latihan Kebugaran yang Efektif dan Aman. Yogyakarta: Lukman Offset
R.S Hadi Sanjaya 2003. Teori Tentang Kebugaran Jasmani, Jakarta:P.T Gremedia
Sabri. M. A. 2007. Belajar Efektif. Jakarta: P.T. Rakjawali
Sadoso. 2009. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti
Sajoto, M. 2005. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti
Soebroto. 2005. Asas-asas Pengetahuan Umum Olahraga. Jakarta: Depdikbud
Sudijono 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: P.T. Raja Grafindo
Sudjana. 2005. Pengantar Statistik Infrensi. Jakarta: P.T. Rajawali.
Surachmad. 2002. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar, Metoda dan Teknik. Bandung: Tarsito
Komariyah, 2006:3 health isa state of physical
Kusmaedi, 2008:93 council N Physical Fitnes And Sport