ANALISIS KOMPETENSI GURU PAUD BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DI KECAMATAN SINGKIL KAB. ACEH SINGKIL
Abstract
Kompetensi menurut undang undang ialah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang telah di tetapkan. Jadi, kompetensi merupakan sebuah penguasaan terhadap aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dalam suatu pekerjaan.sehingga kompetensi yang dimiliki oleh setiap pendidik atau guru akan menunjukkan kualitasnya sebagai guru yang professional. Rumusan dalam penelitia ini adalah bagaimana gambaran kompetensi pedagogik, professional, sosial, kepribadian guru paud di kecamatan singkil kab. Aceh singkil. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kompetensi pedagogik, professional, sosial, kepribadian guru paud di kecamatan sigkil kab.aceh singkil. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deksriptif subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang dengan rincian 3 orang kepala sekolah, 9 orang guru. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, serta pengolahan data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan serta berdasarkan pengolahan data, maka dapat di simpulkan bahwa hasil kemampuan kompetensi di tiga sekolah sudah memenuhi kriteria baik sekali dengan masing-masing persentase kompetensi pedagogik di sekolah PAUD negri 1 singkil yaitu 81,25% (baik sekali), sekolah PAUD kilangan negri 2 dengan persentase 87,5% (baik sekali) dan sekolah PAUD ABA (Aisyiah) dengan pesentase 81,55% (baik sekali). Dan persentase kompetensi kepribadian di sekolah PAUD negri 1 singkil dengan persentase 85,41% (baik seklai), sekoalah PAUD kilangan negri 2 87,5% (baik sekali), dan sekolah PAUD ABA (Aisyiah) dengan persentase 79,16% (baik). Dan persentase kompetensi professional di sekolah PAUD negri 1 singkil dengan persentase79,16% (baik), sekolah PAUD negri kilangan 2 85,41% (baik sekali), dan sekolah ABA (Aisyiah) dengan persentase 83,33% (baik sekali). Dan persentase kompotensi sosial di sekolah PAUD negri 1 singkil dengan persentase 87,5% (baik sekali), sekolah PAUD kilangan negri 2 85,42% (baik sekali) dan sekolah PAUD ABA (Aisyiah) dengan persentase 87,5% (baik sekali). Di sarankan bagi setiap guru harus melaksanakan proses pembelajaran sesuai degan kompetensi yang telah di tetapkan, sehingga proses belajar mengajar berjalan dengan baik dan lancar.
Keywords
kompetensi guru, pelaksanaan proses belajar mengajar, pendidikan anak usia dini
References
Dadan, Suryana. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini stimulasi dan aspek perkembangan anak. Jakarta: Kencana.
Departemen Pendidikan Nasional. 2006 . Undang-Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta : Depertemen Pendidikan nasional.
Guslinda, Rita kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya : Cv. Jakad Publishing.
Hafidh, Aziz. 2016. Guru Sebagai Role Model Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Persepektif Pendidikan Islam Dank I Hajar Dewantara. Golden age : Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, Vol.1 No.1 Ha.3.
Hamzah. 2008. Profesi kependidikan. Jakarta: PT Bumi Askara.
Jaja, Suteja. 2013. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Deepublish publisher CV Budi Utama.
Lathif, Muktar, dkk. 2016. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.
Muhammad Muntahibun Nafis. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Moh. Uzer, Usman. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho. 2017. Kriteria Ideal Guru Taman Kanak-Kanak. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Riris, Yuslam dkk. 2017. Studi Tentang Kompetensi Guru PAUD Berkualifikasi Akademik PG-PAUD Dan Non PG-PAUD Di Paud Istiqamah Sambas Purbalingga. Al-athfal : Jurnal pendidikan anak. Vol.3 (2). Hal : 155-156.
Sugiyono. 2017 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suyanto, dkk. 2013. Menjadi Guru Profesional (Strategi Menigkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi.
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar profesionalisme guru.Jakarta : prestasi pustaka.