UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Saputra, D. M. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR PADA SISWA EXTROVERT DI SMA N 5 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/939.
Saputra, Deki Midaya. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR PADA SISWA EXTROVERT DI SMA N 5 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/939.

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR PADA SISWA EXTROVERT DI SMA N 5 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0515003W.pdf (275 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Deki Midaya Saputra

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kemampuan pemecahan masalah sistem persamaan linear pada siswa SMA ditinjau dari tipe kepribadian Extrovert. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa kelas XI IA 4 SMA N 5 Banda Aceh pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan instrumen tipe kepribadian. Kemampuan matematika yang relatif sama dan kesediaan siswa serta rekomendasi dari guru mata pelajaran matematika menjadi pertimbangan untuk menentukan subjek penelitian. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Teknik analisis data meliputi, data deskripsi hasil tes tertulis dan hasil wawancara. Dianalisis dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara, kemudian ditarik kesimpulan. Kemampuan pemecahan masalah sistem persaman linear siswa extrovert tergolong pada kategori baik berdasarkan tahapan-tahapan yang sudah direncanakan. Secara garis besar tahapan-tahapan pemecahan masalah yang terdapat dalam indikator telah tercapai, namun pada tahap memeriksa kembali hasil tes pemecahan masalah rata-rata subjek masih terdapat beberapa kesalahan. Dari total empat subjek penelitian terlihat subjek inisial PA lebih baik dalam menyelesaikan soal tes pemecahan masalah dan memilki tingkat skor kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi dibandingkan subjek lain. Waktu yang digunakan relatif cepat dan singkat sehingga terdapat kesalahan kecil dalam tahap melihat kembali jawabannya. Sedangkan ke tiga subjek lainnya dalam membuat rencana sampai menyelesaikan rencana cukup baik, akan tetapi pada tahap memahami masalah subjek tidak menuliskan informasi yang terdapat pada soal serta pada tahap melihat kembali jawabannya masih kurang tepat khususnya pada soal TPM-2.


Keywords

Kata kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Siswa Extrovert, SPLDV

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Cerveno, Daniel, Lawrence A. Pervin. 2011. Kepribadian : Teori dan Penelitian, Jakarta : Selemba Humanika.

Darmawan, I. 2016. Kiat Jitu Taklukan Psikotes. Yogyakarta : Pustaka Widayatama.

Dindyal, J. 2012. Emphasis on Problem Solving in Mathematics Textbooks From Two Different Reform Movents. Malaysia, Nov 2012.

Eysenck, H. J. 2014. The Fact And Fiction In Psychology. England : Penguin Books.

Feist, Jess dan Grogory J. Feist. 2011. Teori Kepribadian : Theories of Personality, Jakarta : Selemba Humanika.

Firstine, Valina. 2018. Profil kemampuan siswa memecahkan masalah aljabar menurut polya ditinjau dari perbedaan kepribadian extrovert dan itriver. Jurnal Apotema, 81-82

Hamalik, Oemar. 2010.Kurikulum dan Peembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Askara. 15,27.

Hamalik, Oemar. 2015. Kurikulum dan Peembelajaran. Cetakan ke 15. Jakarta : PT. Bumi Askara.

Hartono, Yusuf. 2014. Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Jung, C. G. 2013. Psychological Types. German : Rescher Verlag.

Naisaban, L. 2013. Psikologi Jung: Tipe Kepribadian Manusia dan Rahasia Sukses dalam Hidup. Jakarta: PT Gramedia.

Peraturan Pemerintah (PP) UU. NO. 32 Tahun 2013, Standar Nasional

Pendidikan.

Polya, G. 2014. How to Solve it. Princeton University Press.

Qomariah, N. 2016. Profil Pemahaman Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Perbedaan Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert, Jurnal Apotema, 2, 87-95.

Sjarkawi. 2019. Pembentukan Kepribadian Anak-Pran Moral Intlektual, Emosional dan sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta : Bumi Arkasa.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soedjadi, R. 2011. Memantapkan Matematika Sekolah sebagai Wahana Pendidkan dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya : Media Pendidikan.

Warsitasari, W. D. 2015. Berfikir Aljabar Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Apotema, 1-17.

Wirsita Sari, W. D. 2015. Berfikir Aljabar dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Apotema, I, 1-17.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/939

Collections

  • Final Year Projects S1 PMAT

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository