PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 49 BANDA ACEH
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi metode pembelajaran SAS (Struktur Analitik Sintetik) berbantuan media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di SD Negeri 49 Banda Aceh pada tema hidup bersih dan sehat di sekolah?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SAS (Struktur Analitik Sintetik) berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik di SD Negeri 49 Banda Aceh pada tema hidup bersih dan sehat di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre experimental dengan one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SD Negeri 49 Banda Aceh, pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas II SD Negeri 49 Banda Aceh dengan jumlah siswa 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes kemampuan membaca permulaan siswa berupa soal perintah sebanyak 10 soal Pre-test dan 10 soal post-test. Uji normalitas dilakukan untuk melihat kenormalan data dan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai rata-rata 𝛘hitung1,703), sedangkan pada uji peningkatan N-Gain kategori tinggi persentase 57,14%, dan kategori sedang 42,86%. Kesimpulan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode SAS berbantuan media kartu huruf.
Keywords
Metode Pembelajaran SAS, Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Permulaan
References
Arifin, Zen Anang. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa Kelas I MI Darussalam Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta
BPSDMPK-PMP. 2013. Pendidikan dan kebudayaan
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
Djaali dan Muljono, P. (2010). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Djamarah, S, Bahri. 2011. Rahasisa Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Eliyawati. Cucu. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Fadillah, Amni. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktur Analisis Sintesis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidayah Negeri Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru
Hairuddin, dkk. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta
Hake. R.R. 1999. Interactive-Engagement versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 1 (66).
Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: Diva Press
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
Heryadi, Yadi. 2014. Penggunaan Pendekatan Learning By Doing Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan. Bandung: UPI
Hukmi dan Wilson. 2012. Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Bergambar Untuk Meningkatkan Kesiapan Membaca Awal Anak Usia 3-4 Tahun Pada Kelompk Bermain Di Taman Kanak-Kanak Labor PG PAUD FKIP Universitas Riau. EDUCHILD. Vol 01. No 1
Kartini, Diah. 2014. Pengembangan Media Kartu Bergambar Magneti pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Pokok Penguasaan Kosakata pada Kelas II SDN Mojosari”. E-Jurnal. Volume 1, No. 1
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena
Kurniawan, Hendry. 2009. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Momo. 2009. Penggunaan Metode SAS dalam Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: P3G Depdikbud
Munawir Y. 2009. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo
Noeranie M.H. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Biasa: Yogyakarta
Oka, I Gusti Ngurah. 2009. Pengantar membaca dan pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional Indonesia
Padmi, I.G.A. 2014. Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf untuk meningkatkan Keamampuan Membaca Gambar dan Sosisal Emosional Anak”. Jurnal Pendidikan. Volume 4, No. 1
Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara
Ratno, Saputra. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Gebangsari Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Razak, Abdul. 2009. Membaca Pemahaman, Teori dan Aplikasi Pengajaran, Pekanbaru: Autografi
Rosidi, Ajip. 2016. Pembinaan Minat Baca Bahasa dan Sastra. Bandung: Rosdakarya. Cetakan 2
Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks
Suarmei, Putu A, Ni Nyoman G, I Kadek S. 2014. Pengaruh Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol 2. No 1
Suartini, I. A. Kmg. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD. Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1
Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo: Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung
Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta
Supriyadi. 2010. Pendidikan Bahasa Indonesia 2 Depdikbud. Universitas Terbuka: Jakarta
Sutaryono. 2009. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: CV Angkasa
Tarigan, Djago. 2008. Pendidikan keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.
Yulistiana, A. Y. Soegeng Ysh, Khusnul Fajriyah. 2017. Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sd Negeri 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Seminar Nasional PGSD 2017 tema "Menyiapkan Generasi Unggul Melalui Pembelajaran Bermakna". Vol 14. No 12
Zuchdi, Darmiyanti & Budiasih. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Renda. Ditjen Dikti: Jakarta