UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Oyani, D. (2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 49 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/938.
Oyani, Dafita. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 49 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/938.

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAS (STRUKTUR ANALITIK SINTETIK) BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 49 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0814006W.pdf (493 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Dafita Oyani

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi metode pembelajaran SAS (Struktur Analitik Sintetik) berbantuan media kartu huruf berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di SD Negeri 49 Banda Aceh pada tema hidup bersih dan sehat di sekolah?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SAS (Struktur Analitik Sintetik) berbantuan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik di SD Negeri 49 Banda Aceh pada tema hidup bersih dan sehat di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre experimental dengan one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SD Negeri 49 Banda Aceh, pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelas II SD Negeri 49 Banda Aceh dengan jumlah siswa 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes kemampuan membaca permulaan siswa berupa soal perintah sebanyak 10 soal Pre-test dan 10 soal post-test. Uji normalitas dilakukan untuk melihat kenormalan data dan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan nilai rata-rata 𝛘hitung1,703), sedangkan pada uji peningkatan N-Gain kategori tinggi persentase 57,14%, dan kategori sedang 42,86%. Kesimpulan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode SAS berbantuan media kartu huruf.


Keywords

Metode Pembelajaran SAS, Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Permulaan

References

Arifin, Zen Anang. 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa Kelas I MI Darussalam Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

BPSDMPK-PMP. 2013. Pendidikan dan kebudayaan

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya

Djaali dan Muljono, P. (2010). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Djamarah, S, Bahri. 2011. Rahasisa Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eliyawati. Cucu. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Fadillah, Amni. 2012. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktur Analisis Sintesis Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidayah Negeri Pulau Kijang Kecamatan Reteh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

Hairuddin, dkk. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta

Hake. R.R. 1999. Interactive-Engagement versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 1 (66).

Hariyanto, Agus. 2009. Membuat Anak Anda Cepat Pintar Membaca. Yogyakarta: Diva Press

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Heryadi, Yadi. 2014. Penggunaan Pendekatan Learning By Doing Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan. Bandung: UPI

Hukmi dan Wilson. 2012. Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Huruf Bergambar Untuk Meningkatkan Kesiapan Membaca Awal Anak Usia 3-4 Tahun Pada Kelompk Bermain Di Taman Kanak-Kanak Labor PG PAUD FKIP Universitas Riau. EDUCHILD. Vol 01. No 1

Kartini, Diah. 2014. Pengembangan Media Kartu Bergambar Magneti pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Pokok Penguasaan Kosakata pada Kelas II SDN Mojosari”. E-Jurnal. Volume 1, No. 1

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena

Kurniawan, Hendry. 2009. Penggunaan Media Kartu Terhadap Peningkatan Kemampuan Anak dalam Berhitung. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Momo. 2009. Penggunaan Metode SAS dalam Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: P3G Depdikbud

Munawir Y. 2009. Pendidikan Bagi Anak dengan Problema Belajar. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo

Noeranie M.H. 2015. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode SAS (Struktur Analitik Sintetik) Bagi Anak Berkesulitan Belajar Membaca di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Biasa: Yogyakarta

Oka, I Gusti Ngurah. 2009. Pengantar membaca dan pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional Indonesia

Padmi, I.G.A. 2014. Efektivitas Implementasi Metode Bermain Berbantuan Media Kartu Huruf untuk meningkatkan Keamampuan Membaca Gambar dan Sosisal Emosional Anak”. Jurnal Pendidikan. Volume 4, No. 1

Rahim, Farida. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara

Ratno, Saputra. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas I di SD Negeri 1 Gebangsari Kebumen. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Razak, Abdul. 2009. Membaca Pemahaman, Teori dan Aplikasi Pengajaran, Pekanbaru: Autografi

Rosidi, Ajip. 2016. Pembinaan Minat Baca Bahasa dan Sastra. Bandung: Rosdakarya. Cetakan 2

Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Semiawan, Conny R. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Suarmei, Putu A, Ni Nyoman G, I Kadek S. 2014. Pengaruh Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kelas II. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. Vol 2. No 1

Suartini, I. A. Kmg. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Kartu Huruf terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD. Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1

Sudjana, N dan Rivai, A. 2010. Media Pengajaran. Sinar Baru Algesindo: Bandung

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta: Bandung

Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta

Supriyadi. 2010. Pendidikan Bahasa Indonesia 2 Depdikbud. Universitas Terbuka: Jakarta

Sutaryono. 2009. Efektifitas Penggunaan Media Kartu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: CV Angkasa

Tarigan, Djago. 2008. Pendidikan keterampilan Berbahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.

Yulistiana, A. Y. Soegeng Ysh, Khusnul Fajriyah. 2017. Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I Sd Negeri 04 Kesesi Kabupaten Pekalongan. Seminar Nasional PGSD 2017 tema "Menyiapkan Generasi Unggul Melalui Pembelajaran Bermakna". Vol 14. No 12

Zuchdi, Darmiyanti & Budiasih. 2007. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Renda. Ditjen Dikti: Jakarta

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/938

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository