PENGARUH MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI PADA KELAS VIII SMP 18 BANDA ACEH
Abstract
Menulis merupakan keterampilan bahasa yang diajarkan sejak siswa berada di sekolah dasar. Salah satu materi yang diajarkan dalam keterampilan menulis adalah menulis paragraf persuasif pada siswa kelas VIII SMP 18 Banda Aceh. Walaupun sudah diberikan sejak sekolah dasar, masih banyak siswa yang belum menguasai keterampilan menulis khususnya siswa kelas VIII SMP 18 Banda Aceh. Kesulitan yang dialami berupa sulitnya siswa menuangkan imajinasi atau gagasan. Selain itu, model yang diterapkan guru belum tepat dengan materi ajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi pada Kelas VIII SMP 18 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksprerimen dengan desain one-group pretes-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 18 Banda Aceh yang berjumlah 134 siswa. Dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 dengan jumlah siswa 26 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 18 laki-laki. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelititan ini dengan menggunakan uji-normalitas dan uji-hipotesis. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif, yaitu melalui penggunaan rumus thitung. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai thitung > ttabel 11,36 > 1,711. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dengan demikian, Model Example NonExample Berpengaruh Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Pada Kelas VIII SMP 18 Banda Aceh.
Keywords
menulis, paragraf, persuasi model example non example
References
Afriani, Ika. 2011. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif Menggunakan Model Quantum Teaching Teknik TANDUR dengan Media Brosur pada Siswa. Jurnal. FKIP Universitas Negeri Semarang.
Alfiansyah, Muhammad. 2009. Paragraf Persuasif. http://www.sentra- edukasi.com/2009/11/paragraf-persuasif.html. Diunduh tanggal 20 April 2018).
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astriani, Rahayu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Ketrampilan Menulis Deskripsi. Jurnal. FKIP Universitas PGRI Semarang.
Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa;Membaca dan Menulis. Banda Aceh: Pena.
Darmiati. 2013. Pengaruh model pembelajaran Examples Non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar. Skripsi. FKIP STAIN Tulungagung.
Doyin, Mukh dan Wagiran. 2011. Bahasa Indonesia, Pengantar Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES press.
Fadhlilla, Felicita. 2015. Peningkatan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Melalui Model Example Non Example dengan Media Audiovisual pada Siswa. Skripsi. FKIP Universitas Negeri Semarang.
Hamdayama, Jumanta. 2014. model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan
Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hasan, Alwi. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen.
Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Muhammad, Fajar. 2010. Menulis Aneka Tulisan. Bekasi: Adhi Aksara Abadi.
Novyanti, Rhani. 2011. Peningkatan keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Model Examples Non Examples melalui Media VCD. Skripsi. FKIP UNNES.
Rahmawati, Eka. 2013. Pengaruh Model Example Non Example Terhadap Kemampuan Berfikir Rasional (KBR) Siswa. Jurnal. FKIP Universitas Lampung.
Pratama, Riszal. 2009. Ciri-Ciri Paragraf Persuasif. (http:// ciri-ciri-paragraf-persuasif.html. Diunduh tanggal 20 April 2018).
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparno, dan Mohamad Yunus. 2004. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suparno, dan Mohamad Yunus. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Leraning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorentasi Konstrutivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wahyuni, Sri. 2012. Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika
Aditama.
Wiyanto, Asul. 2006. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT Grasindo.