UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Alviza, R. (2021). ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGONG SERAMPAI KEC PASIE RAJA KAB ACEH SELATAN (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/907.
Alviza, Rinni. “ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGONG SERAMPAI KEC PASIE RAJA KAB ACEH SELATAN.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2021, https://repository.bbg.ac.id/handle/907.

ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGONG SERAMPAI KEC PASIE RAJA KAB ACEH SELATAN

Thumbnail

View/Open

F0716013W.pdf (242 KB)

Issue Year

2021

Author(s):

Rinni Alviza

Abstract

Perkembangan moral agama anak usia dini adalah pembentukan karakter, kepribadian, dan perkembangan emosional, sosial, moral dan agama, kedisiplinan, efektif, berakhlak dan taat kepada aturan dan pembentukan perilaku anak secara terus-menurus dalam kehidupan sehari-hari anak. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas dapat dirumuskan pada (1) Bagaimana perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun, (2) Apa saja kegiatan stimulasi perkembangan moral agama anak usia 5-6 tahun, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) Gambaran perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun, (2) Untuk mengetahui gambaran kegiatan stimulasi perkembangan moral agama anak usia 5-6 tahun, (3) untuk mengetahui gambaran faktor pendukung dan penghambat perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada anak kelompok B di TK Bungong Serampai kec. Pasie Raja Kab. Aceh Selatan. Peneliti mewawacarai guru untuk mengetahui perkembangan moral agama anak, maka yang dapat disumpulkan bahwa dengan kegiatan pembelajaran moral agama anak dapat berperilaku sopan santun terhadap teman dan guru kelasnya, anak juga bersikap jujur, saling menghormati guru dan teman saat proses belajar mengajar di kelas. Anak juga mematuhi peraturan dengan baik. Dengan adanya pembelajaran moral agama anak lebih terarah dan bersikap baik dengan teman sejawad atau dengan orang lebih tua dari pada anak. Anak juga mendapatkan materi tentang moral agama. Perkembangan moral agama berkembang sesuai harapan yang dicapai, anak yang berkarakter, cerdas dan berakhlak mulia


Keywords

Perkembangan Moral Agama Anak Usia 5-6 Tahun

References

Damayanti, Anita. 2014. Kreativitas Anak Usia Dini. Menyosong Era Ekonomi Kreatif 2025. Vol 1. No 1 .Jakarta. Universitas Muhammadiyah.

Fadillah, M. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Fadillah, M. 2019. The Concept Of Humanis-religious Education In Early Age Children. Muhammadiyah Universitas Of Ponogoro

Hidayat, O. S. 2010. Metode Pengembangan Moral Agama dan Nilai Agama. Tangerang:Universitas Terbuka

Hidayati, Nurul, Niswatin. 2019. Telling About Islamic Heroes And Female Leaders:Ways Of Implanting Self-concept, Moral, And Religious Value On Children. Vol. 01. No. 02. Jawa Timur:Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Tuban.

Imamah, Zakiyatul. 2019.Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Semarang:Universitas Islam Negeri Walisongo.

Mansur.2011.Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Melina. Ita. 2017. Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Melalui Meetode Bercerita. Medan:Universitas Islam Sumatera Utara.

Munandar, Utami. 2014. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Mubasyaroh, 2016. Jurnal of Islamic Education. Model Of Religious Study and Moral Values in TK Putra Harapan Nalumsari Jepara. Vol 21, No 2.

Retnosari, Ardela, Dikfa. 2019.Implementasi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak. Semarang

Rina, Mertha. 2016. Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral dan Nilai-Nilai Agama Anak. Pendidikan Anak Usia Dini.

Sari, Melina, Ita. 2017. Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak.Medan Tembung

Susanto, Ahmad. 2011. Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group

Suryana, Dadan. 2017.Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group

Suyadi. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung:Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alpabeta.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

UU. RI. No 23 Tahun 2002, Pasal 9, Ayat 1. Tentang Perlindungan Anak.

UU. No 20 Tahun 2003, Pasal 28,Ayat 1. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sadulloh. Uyoh. Tahun. 2010. Pedagogik (ilmu mendidik). Bandung: Alfabeta. Wena.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/907

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository