ANALISIS PERKEMBANGAN MORAL AGAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BUNGONG SERAMPAI KEC PASIE RAJA KAB ACEH SELATAN
Abstract
Perkembangan moral agama anak usia dini adalah pembentukan karakter, kepribadian, dan perkembangan emosional, sosial, moral dan agama, kedisiplinan, efektif, berakhlak dan taat kepada aturan dan pembentukan perilaku anak secara terus-menurus dalam kehidupan sehari-hari anak. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas dapat dirumuskan pada (1) Bagaimana perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun, (2) Apa saja kegiatan stimulasi perkembangan moral agama anak usia 5-6 tahun, (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui (1) Gambaran perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun, (2) Untuk mengetahui gambaran kegiatan stimulasi perkembangan moral agama anak usia 5-6 tahun, (3) untuk mengetahui gambaran faktor pendukung dan penghambat perkembangan nilai moral agama anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada anak kelompok B di TK Bungong Serampai kec. Pasie Raja Kab. Aceh Selatan. Peneliti mewawacarai guru untuk mengetahui perkembangan moral agama anak, maka yang dapat disumpulkan bahwa dengan kegiatan pembelajaran moral agama anak dapat berperilaku sopan santun terhadap teman dan guru kelasnya, anak juga bersikap jujur, saling menghormati guru dan teman saat proses belajar mengajar di kelas. Anak juga mematuhi peraturan dengan baik. Dengan adanya pembelajaran moral agama anak lebih terarah dan bersikap baik dengan teman sejawad atau dengan orang lebih tua dari pada anak. Anak juga mendapatkan materi tentang moral agama. Perkembangan moral agama berkembang sesuai harapan yang dicapai, anak yang berkarakter, cerdas dan berakhlak mulia
Keywords
Perkembangan Moral Agama Anak Usia 5-6 Tahun
References
Damayanti, Anita. 2014. Kreativitas Anak Usia Dini. Menyosong Era Ekonomi Kreatif 2025. Vol 1. No 1 .Jakarta. Universitas Muhammadiyah.
Fadillah, M. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Fadillah, M. 2019. The Concept Of Humanis-religious Education In Early Age Children. Muhammadiyah Universitas Of Ponogoro
Hidayat, O. S. 2010. Metode Pengembangan Moral Agama dan Nilai Agama. Tangerang:Universitas Terbuka
Hidayati, Nurul, Niswatin. 2019. Telling About Islamic Heroes And Female Leaders:Ways Of Implanting Self-concept, Moral, And Religious Value On Children. Vol. 01. No. 02. Jawa Timur:Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hikmah Tuban.
Imamah, Zakiyatul. 2019.Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Semarang:Universitas Islam Negeri Walisongo.
Mansur.2011.Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Melina. Ita. 2017. Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Melalui Meetode Bercerita. Medan:Universitas Islam Sumatera Utara.
Munandar, Utami. 2014. Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Mubasyaroh, 2016. Jurnal of Islamic Education. Model Of Religious Study and Moral Values in TK Putra Harapan Nalumsari Jepara. Vol 21, No 2.
Retnosari, Ardela, Dikfa. 2019.Implementasi Pengembangan Nilai Agama dan Moral Anak. Semarang
Rina, Mertha. 2016. Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral dan Nilai-Nilai Agama Anak. Pendidikan Anak Usia Dini.
Sari, Melina, Ita. 2017. Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak.Medan Tembung
Susanto, Ahmad. 2011. Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group
Suryana, Dadan. 2017.Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group
Suyadi. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung:Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alpabeta.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
UU. RI. No 23 Tahun 2002, Pasal 9, Ayat 1. Tentang Perlindungan Anak.
UU. No 20 Tahun 2003, Pasal 28,Ayat 1. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Sadulloh. Uyoh. Tahun. 2010. Pedagogik (ilmu mendidik). Bandung: Alfabeta. Wena.