PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV DHAM CEUKOK ACEH BESAR
Abstract
Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri seseorang. sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi tertentu. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah dasar. Setiap mata pelajaran memiliki ruang lingkup yang berbeda-beda.Ruang lingkup dalam pembelajaran dapat dijadikan sebagai pembatas dalam menyampaikan materi pembelajaran. Rumusan Masalah bagaimana peningkatan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran IPS dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPS melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SD Dham Ceukok Aceh Besar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 26 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah perolehan dengan kategori Sangat kurang (SK) 41.3% (11 siswa), kategori Kurang (K) 23% (6 siswa) kategori baik (B) 15.3% (4 siswa), dan kategori sangat baik (SB) 15.3% (4 anak). Pada Siklus II jumlah perolehan dengan kategori Sangat kurang (SK) 7.69% (2 siswa), kategori Kurang (K) 7.69% (2 siswa) kategori baik (B) 38.4% (10 siswa), dan kategori sangat baik (SB) 46.1% (12 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SD Dham Ceukok Aceh Besar.
Keywords
Model Problem Based Learning , Hasil Belajar Kognitif IPS
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Amir, Taufiq. 2012. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Abuddin, Nata. 2012. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Arends. 2011. dalam Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Ed ke 4. (hal.41) Jakarta : Kencana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta.
Depdiknas, 2016. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta
Joyce. Dalam Trianto 2010. Mendesaian Model Pembelajaran Inovative Progresif. Jakarta:Kencana.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual.Bandung: PT. Refika. Aditama
Mudjiono. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke. Cipta.
Poerwadarminta. 2014. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala. 2010. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar. Baru Algensido Offset.
Santyasa I Wayan dan Sukadi. 2011. “ Model-model Pembelajaran Inovatif” Makalah disajikan dalam Pendidikan dan Latihan Peofesi Guru (PLPG): UNDIKSHA. Singaraja 7-17 September 2009.
Trianto. 2012. Mendesain pembelajaran Kontekstual di Kelas. Surabaya: Cerdas. Pustaka.
Uno, M. 2017. Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.Rawamangun: PT Bumi Aksara.
Usman. Samatowa. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks