PENGEMBANGAN RPP KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYAMPAIKAN PESAN MORAL MENGGUNAKAN METODE MENDONGENG MELALUI PJJ
Abstract
kemampuan siswa dalam menyampaikan pesan moral masih berada dibawah KKM yaitu dengan nilai (75), sehingga perlu dilakukan suatu pemberian metode yang tepat. Ditambah lagi dengan adanya pandemi covid 19, perlu adanya formulasi dan pembaharuan pembelajaran dengan online. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran online dengan metode mendongeng tentang cerita rakyat aceh tengah (putri pukes). untuk dapat memperbaiki kemampuan menyampaikan pesan moral (2) Menganalisis kevalidan pembelajaran online dengan metode mendongeng tentang cerita rakyat aceh tengah (putri pukes). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan melibatkan validator ahli dan validator praktisi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran sudah sesuai dengan tuntutan pada kurikulum merdeka dan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid 19 saat ini (2) 2. Pembelajaran yang dikembangkan sudah baik. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil validasi ahli dan praktisi yang mencapai 3,45.
Keywords
Menyampaikan Pesan Moral, Mendongeng, Cerita Rakyat
References
Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Ahmadi, 2012, Pengaruh Mendengarkan Dongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Prasekolah, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan.
Asfandiyar, Andi Yudha. 2007. Cara Pintar Mendongeng, Jakarta: Mizan.
Danandjaja, James. 2017. Folklor Indonesia, Ilmu Gosip, Dongeng, dan Iain- lain. Jakarta: Grafiti.
Darmansyah. 2009. Metode Penelitian Kulitatif Sebuah Upaya Mendukung Penggunaa Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Esti Ismawati, dkk., Belajar Bahasa di Kelas Awal, (Yogyakarta : Ombak, 2017)
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hidayah, Nurul. 2016 Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, Yogyakarta : Garudawacana,.
Isnain. 2007. Analisa Cerita Rakyat Bangka Belitung. Pangkalpinang: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
ITADZ 2008. Menyusun, dan menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini,. Tiara Wacana Yogjakarta,
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual: konsep dan aplikasinya. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai pengembangan Profesi. Guru. Jakarta : PT. gramedia
Kurniawan, Heru. 2015 Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013), Jakarta : Prenada Media Group
Lilis. Karya. 2016. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK. Surakarta: Universitas Terbuka.
Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Priyono, 2011, Mendidik Anak Lewat Dongeng, Bintang Pustaka Abadi, Yogyakarta.
Priyono.2006. Psikologi Belajar Jakarta: Rineka Cipta.
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Depdiknas. Jakarta.
Setiawan, Yulianto Budi. Dkk. (2013). Bias Gender Dalam Cerita Rakyat (Analisis Naratif Pada folklore dengan Cerita Rakyat Indonesia Bawang Merah Bawang Putih. Jurnal Komunikasi. Vol.5 No.2. Semarang: Universitas Semarang.
Slamet. 2017 Pembelajaran Sastra dan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah dan Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Surakarta : UNS Press.
Solihatin, Etin. 2012. Strategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiarto, 2010, Mendongeng Bareng Kak Agus DS Yuk, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.
Sugiarto. 2009.Perkembangan Mendongeng Pada Anak Usia Dini. Jakarta: KENCANA
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). CV. Pustaka : Setia. Bandung.
Sumarsono. 2015. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyanti, R.D.(2015). Strategi Pembelajaran Metode Mendongen. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tarigan, Henry Guntur. (2011). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacan dan Praktik Pembelajaran dalam pembangunan Nasional). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Tino , Ulfa. 2010. Mendidik Anak Lewat Dongeng. Yogyakarta: Madina.