PENGARUH METODE KARYAWISATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMK SMTI BANDA ACEH
Abstract
Penelitian ini mengangkat permasalahan di sekolah terkait dengan kegiatan belajar mengajar yang masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, kurangnya variasi metode dalam pembelajaran dan banyak siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan Metode Karya Wisata terhadap kemampuan menulis Laporan Hasil Observasi siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh pada materi teks Laporan Hasil Observasi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran karya wisata terhadap kemampuan menulis Laporan Hasil Observasi siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh pada materi teks Laporan Hasil Observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan design one group pre-test-post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas Xc SMK SMTI Banda Aceh yang berjumlah 32 orang. Instrument dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk unjuk kerja. Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik uji t. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari nilai rata-rata test awal (pre-test) sebelum diterapkannya metode karya wisata yaitu 54,23 dan tes akhir (post-test) yaitu 87,25. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis Laporan Hasil Observasi siswa yang diajarkan menggunakan metode karya wisata sangat efisien (positif), hal ini dapat dilihat dari hasil akhir (post-test) yang didapatkan oleh siswa kelas X SMK SMTI Banda Aceh lebih tinggi dari pada tes awal (pre-test). Adapun saran yang diberikan sebaiknya guru menerapkan metode pembelajaran karya wisata mengingat metode karya wisata mampu memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis Laporan Hasil Observasi siswa.
Keywords
karya wisata, teks laporan hasil observasi, menulis
References
Anwar, Kasful dan Hendra H. 2011. Perencanaan Sistem Pemblajaran. J Jakarta: Alfabeta.
Abdullah, Ridwan S. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Bambang, S. Soedipjo. 2005. Metodologi Penelitian. Bandung: Universitas Nasional Pasim
Djamarah, Syaiful B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darianto. 1997. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung; Remaja Karya
Goltum, Robinhot dkk. 2013 Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Farmasi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil. 3 (1):51-60
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2005.
Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Mulyati. 2008. Menulis. Jakarta: Rineka Cipta
Maryanto, dkk . 2014. Buku Guru Kelas V Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Permendikbud. Standart Nasional Pendidikan SMK/MAK. Nomor 34.2018
Pohan, Rosda. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Ar-Rijal Institute.
Sagala, Syaiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Teras. 2009. Landasan Pendidikan. Bandung; RosdaKarya
Wasit, Iskandar dan Sunendar D. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung; PT Remaja RosdaKarya.