PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 49 BANDA ACEH
Abstract
Banyak faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca siswa, Berdasarkan hasil observasi awal di SDN 49 Banda Aceh, diperoleh data bahwa masih banyak guru yang kurang kreatif dalam memilih media pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar membaca pemahaman di kelas III dalam target kurikulum membaca pemahaman, banyak siswa yang masih kurang benar dalam membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh media Big Book terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 49 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Big Book terhadap keterampilan membaca pemahaman di SDN 49 Banda Aceh.”. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN 49 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas III. Dengan jumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan tabel distribusi frekuensi, normalitas dan t-hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat lebih baik. Dan pada saat pretes siswa mendapatkan nilai kurang maksimal, akan tetapi setelah diajarkan dengan menggunakan media Big Book, hasil belajar siswa meningkat lebih baik. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata pada saat pre test sebesar 71,79. Sedangkan pada saat post tes meningkat menjadi 79,28. Hasil analisis t-hitung menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 4,43 > 1,699 yang membuktikan hipotesi diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Big Book terhadap kemampuan membaca permulaan pad siswa di SDN 49 Banda Aceh.
Keywords
Media Big Book, Keterampilan Membaca Pemahaman
References
Abidin. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Alkhaidah, dkk. 2011. Bahasa Indonesia 2. Jakarta: Depdikbud
Basyiruddin dan Asnawir. 2002. Media pembelajaran, Cet 1: Jakarta ciputatpers
Bukhari dan Nuraini. 2009. Keterampilan Berbahasa (Membaca Dan Menulis) NAD
Curtain dan Dahlberg. 2004. Strategi Penguasaan Bahasa. Yogyakarta : Adicita. Karya Nusa
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Harimurti. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pra-Membaca Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Pendekatan Big Book di Taman Kanak-kanak. Skripsi
Nambiar. 2011. Early Reading Instruction-Big Book in the ESL Calassroom. Jurnal The English Teacher (Vol XXII).
Nurhadi. 2008. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Oktavia, dkk. 2016. Big Book dalam pembelajaran Reading Comprehension untuk mengembangkan Critical Reading siswa kelas V Sekolah Dasar. Bandung : UPI.
Rahim. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Rofi'uddin dan Zuchdi. 2010. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang : Universitas Malang
Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Saleh. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat .
Soedarso. 2011. Sistem Membaca Cepat dan Efektif, Jakarta: Gramedia.
Sugiono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Tarigan. 2008. Membaca sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa
TIM USAID 2014. Buku sumber untuk dosen LPTK pembelajaran literasi awal di LPTK USAID.
Zuchdi dan Budiasih. 2010. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta : Depdikbud.
Zuchdi. 2007. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Yogyakarta. : UNY Press.