PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI KUBUS DAN BALOK
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran, hal tersebut berpengaruh pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, Soal, Media dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) pada materi kubus dan balok untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development. Model penelitian ini mengacu pada pengembangan PLOMP yang terdiri dari 5 fase yaitu: tahapan investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/kontruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan fase implementasi (implementation). Mengingat COVID-19 maka subjek penelitian ini adalah 8 orang peserta didik kelas V SD. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian oleh 3 orang validator. Maka kualitas rencana perangkat pembelajaran (RPP) ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata-rata ialah 3,60 dari maksimal 4,00. Kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata ialah 3,68 dari skor maksimal 4,00. Kemudian untuk kualitas soal ditinjau ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata-rata ialah 3,75 dari skor maksimal 4,00. Sedangkan untuk kualitas media yang ditinjau dari aspek kevalidan diperoleh skor rata-rata ialah 3,89 dari skor maksimal 4,00. Maka hasil analisis tersebut termasuk kriteria A. Mengenai hasil belajar siswa diambil dengan cara memberikan lks dengan jumlah 10 butir soal. Maka skor nilai yang diperoleh dari grup A adalah 100 sedangkan grup B 90.
Keywords
Pengembangan, Pendekatan Matematika Realistik (PMRI), Perangkat Pembelajaran
References
Arifin, Zainal. 2013. Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Pecahan di Kelas IV MI Ghidaul Athfal Kota Suka Bumi Tahun Pelajaran 2012/2013.Skripsi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Ahmad Susanto, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran disekolah Dasar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Media Grup.
Ali Hamzah, 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Media Group.
Ali Hamzah, 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada Media Group.
Agriat Barata, 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Pada Materi Perbandingan Dengan Pendekatan Konstestual. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.
Ariyadi Wijaya, 2012. Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Akbar, Sa'dun, 2013. Intrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Azhar Ervin, 2011. Pemngembangan Perangkat Pembelajaran Teori Peluang Berbasis RME Untuk Meningkatkan Pemahaman, Penalaran, dan Komunikasi Matematika Peserta Didik SLTA. Skripsi, Fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.
Berutu Foti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa SMA N 1 Simpan Kanan pada Materi Fungsi Komposisi. Skripsi. STKIP BBG BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH
Darynto dan Aris Dwicahyono, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogjakarta: Gava Media.
Fitriani, 2010. Efektifitas Pendekatan Matematika Realistik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cot Bambu Aceh Besar. Skripsi. STKIP BBG BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH.
Fitriani, dkk, 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Mimbar Sekolah Dasarv 3(1)
Hayani Elfi, 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Dikelas VII SMP Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi. STKIP BBG BINA BANGSA GETSEMPENA BANDA ACEH
Hartiny Sam's, Rosma. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogjakarta: Sukses Offset.
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika disekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hosman. 2014. Pendekatan Sainstifik dan Konstekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim dan Trianto. 2011. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Suka–Press UIN Sunan Kalijaga.
Ismunamto, A, dkk. 2011. Ensiklopedia Matematika. Jakarta: Lentera Abadi.
Kemendikbud. 2013. Kerangka Dasar Kurukulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar. Jakarta.
Melati, Rosevita, 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Paradigma pedagogi Reflektif yang Mengakomodasi Group Investigation Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta. Skripsi. FKIP Yogyakarta.
Oemar Hamalik. 2011. Kurikulumdan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ojese, B. 2012. Mathematics literacy: are we able to put the mathematics we learn into everday use. Internasional Journal, 1, 89-100.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menegah.
Plomp T,dkk. 2013. Educational Desaign Research. Part A: An Introductron Netherlands. Enschede.
Purnama, Martini Dwi., dkk, 2016. Pengembangan Median Box Mengenal Bilangan dan Operasinya Bagi Siswa Kelas I DI SD Negeri Gadang Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Malang (online).http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGeafindo Persada Bandung: Nusa Media.
Rahmawati, N.K (2017) Implementasi Teams Games Tournaments dan Number Head Todether ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika,8(2), 121-134
Saleh, Muhammad, 2016. Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 2 No. 2
Sembiring, Robert k. 2010. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Perkembangan dan tantangannya. Vol, 1 No. 1 Juli 2010, PP. 3.
Sumaji. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Segi Empat dengan Model Pecahan Masalah. Kudus: FKIP Universal Muara Kudus.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kuanlitatif R&D. Alfabeta. Bandung.
Suryanto, dkk. 2010. Sejarah PMRI. Ditjen Dikti Kemendiknas.
Suryanto, 2010. Sejarah Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Yogjakarta:FMIDA UNY.
Sugihartono, dkk. 2013. Psikologi Pendidikan. Yogjakarta.UNY Press.
Surya, E. dkk. 2017. Impact of Indonesian Realistic Mathematics Approach to Studenst Mathematic Disposition on Chapter Two Composition Function and Invers Fungtion in Grade XI IA-I SMA Ne geri 4 Padangsidampuan. Internasional Journal.4 93-100.
Sumantri, syarif, mohammad, 2015. Strategi Pembelajaran Teori dan Praktek di Tingkat Pendidikan Dasar. Yogjakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Soviawati, Evi. 2011. Pendekatan Matematika Realistik (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa Ditingkat Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Vol. 9 No.2.
Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, strategi Dan Implimentasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta: Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Yusuf, Muh.Iilyas. 2010. Pengembangan Perangakat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Matematika Realistik dengan Strategi Hinoptis Materi Himpunan Kelas VII. Skripsi Fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Alauddin. Makasar.