ANALISIS KECEREDASAN SPIRITUAL MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR ISLAMI PADA ANAK USIA5-6 TAHUN DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH
Abstract
Kecerdasan spiritual merupakan bagian penting bagi kehidupan manusia, dengan mengembangkan kecerdasan spiritual akan membuat manusia menjunjung tinggi nilai-nilai dan norma kehidupan, Kecerdasan spiritual dapat dikembangkan melalui berbagai metode pembelajaran, salah satunya menggunakan buku cerita bergambar Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan buku cerita bergambar Islami pada aspek kecerdasan spiritual anak usia 5-6 tahun dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan buku cerita Islami pada aspek kecerdasan spiritual anak usia 5-6 tahun di TK FKIP Unsyiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif menguraikan permasalahan yang berhubungan dengan penggunaan buku cerita bergambar Islami dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Subjek penelitian ini adalah guru inti, guru pendamping dan kepala TK FKIP Unsyiah. Data dikumpulkan melalu wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan merujuk pada pendapat Miles dan Huberman ada tiga aktivitas dalam analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan buku cerita bergambar Islami telah mampu meningkatkan kecerdasan spiritual anak usia 5-6 tahun di TK FKIP Unsyiah. Penerapan buku cerita bergambar Islami diklasifikasikan kedalam kesiapan fisik dan kesiapan teknis, pemilihan materi cerita, penetapan metode yang akan digunakan, pemilihan media atau alat peraga dan melakukan evaluasi. Melalui buku cerita bergambar Islami, anak mampu mengembangkan kecerdasan spitutual yang ada pada dirinya. (2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan buku cerita bergambar Islami diantaranya masih kurangnya variasi buku cerita bergambar Islami yang disediakan sekolah. Anak-anak kurang fokus ketika guru sedang menceritakan kisah-kisah teladan. Proses pembelajaran hanya menekankan pada persepsi indera semata, jika anak tidak fokus maka anak tersebut tidak dapat memahami makna cerita yang diceritakan. Selain itu suasana kadang-kadang terganggu oleh anak-anak yang tidak fokus mendengarkan cerita. Kata kunci: buku cerita bergambar Islami, kecerdasan spiritual.
Keywords
buku ceruta bergambar islami, kecerdasan spiritual
References
Agustian, Ary Ginanjar. 2012. ESQ Power , Cet. Ke3. Jakarta: Arga Publishing.
Agustian, Ary Ginanjar. 2014. New Edition, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosidan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Arga Publishing.
Arsyad, Azhar. 2012. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Barnawi, M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bunanta, Murti. 2010. Buku, Mendongeng dan Minat Membaca, Jakarta: Kelompok Pecinta Buku Anak.
Candra, Rustika. 2016. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Flipbook Untuk Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar Islam AS-Salam Malang. Skripsi Program Sastra Satu Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Darmadi. 2016. Kecerdasaan Spiritual Anak Usia Dini dalam Cakrawala Pendidikan Islam, Jakarta: Guepedia.
Depdiknas. 2014. Permendikbud No. 146 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.
Hurlock, Elizabet.B. 2013. Perkembangan Anak, edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Maimunah, Hasan. 2015. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta: Diva Press.
Martinis, Yamin dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Ciputat : Gaung Persada Press Group.
Moeslichatoen. 2012. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong. J. Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhaimin, Akhmad Azzet. 2010. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Bagi Anak, Yogjakarta: Kata Hati.
Musfiroh, Tadkirotun. 2014. Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nandaka, Pasha dan Clara Moningka. 2018. Spiritualitas: Makna dan Fungsinya. Jurnal. ISSN 2477-1686. Vol.4. No.4.
Nazir, Moh. 2013. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurtiani, Ayi Teiri dan Ajimah. 2019. Penggunaan Media BigBook Dalam Bercerita Sirah Nabawiyah untuk Meningkatkan Kecerdasan SpiritualAnak Kelompok B1 di TK Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Vol. 6, No. 2.
Prahastiwi, Amelia. 2016. Pengembangan Kecerdasan Spiritual Melalui Metode Bermain, Cerita dan Menyanyi (BCM) di RA Diponegoro 70 Margasana Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Skripsi. Purwokerto: Falkutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto.
Pratima Mishra dan Kamla Vashist. 2014. A Review Study of Spiritual Intelligence, Stress and Well-Being of Adolescents in 21 Century. International Journal of Research in Applied, Natural and Social Sciences (IMPACT: IJRANSS) ISSN(E): 2321-8851; ISSN(P): 2347-4580 Vol. 2, Issue 4, Apr 2014.
Siswanto, Wahyudi. 2010. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta: Amzah.
Soebyakto, S.S. 2012. An Empirical Testing of Intelligence, Emotional and Spiritual Quotients Quality of Managers using Structural Equation Modeling. International Journal of Independent Research and Studies. Vol. 1, No.1.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Hadi. 2011. Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Makalah. Malang: Perpustakaan UM.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.
Yusuf, Syamsu. dan Nurichsan, Achmad J. 2011. Landasan Bimbingan dan. Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zohar, Danah dan Marshall. 2007. SQ: Spiritual Intelligence The Ultimate Intelligence. Alih. Bahasa Rahmani Astuti dkk. Bandung: Penerbit Mizan Media Utama.