UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Maulidar. (2020). ANALISIS PENANAMAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI SITI MARYAM (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/888.
Maulidar. “ANALISIS PENANAMAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI SITI MARYAM.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2020, https://repository.bbg.ac.id/handle/888.

ANALISIS PENANAMAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI SITI MARYAM

Thumbnail

View/Open

F0718060W.pdf (853 KB)

Issue Year

2020

Author(s):

Maulidar

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman kemampuan kerjasama anak kelompok B TI( Siti Maryarn, apa saja kegiatan untuk menstimulasi anak kelompok B TK Siti Maryam dan kendala-kendala apa saja yang diperoleh dalam penan:rman kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penandman kemampuan kerjasama anak kelompokB TK Siti Maryam, kegiatanuntuk menstimulasi anakkelas B TK Siti Maryam dan kendala-kendala yang didapatkan dalam penarurman kemampuan kerjasama anak Kelompok B TK Siti Maryarn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Penelitian ini telah dilakukan di TK Negeri Siti Maryam yang terletak di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini telah dilakukan dari tanggal3 sampai dengan 8 Juli 2A20 dengan subjek 2 orang guru di TK Negeri Siti Maryam. Data penelitian dilalcukan dengan Teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penanaman kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam masih belum optimal, anak masih bergantung pada orang tua, dan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, kegiatan untuk menstimulasi anak kelompok B TK Siti Maryam berupa; kegiatan gotong royong rutin setiap Sabtu, permainan yang melibatkan kelompok dan kendala-kendala yang diperoleh dalam penanaman kemampuan Kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam adalah anak belum bisa berinteraksi dengan teman sebayanya bisa menunjukkan keaktifan dalam kegiatan yang dilakukan di sekolah. Disarankan kepada guru agar memperbaiki pembelajaran yang dikelolany4 dan mengembangkan kemampuan secara profesional (mampu mengembangkan diri atau mengembangkan pengetahuan) serta memaksimalkan penanaman kemampuan kerjasama pada anak Kelompok B TK Siti Maryam.


Keywords

Kemampuan Kerjasamg TK Negeri Siti Maryam

References

Ali Nugrah4 dkk.2004. Metode Pengembangan Sosial EmosionaL Jakarta:

Universitas Terbuka

Asma"Nur.2006- ll9del Pembelaiaran Kooperatif Departemen pendidikon.

Nasional Direktorat Jendral pendidikan ringgi. Jakarta.

Aqib' zainal, dkk.2011. penelitian Tindakan Kelas untuk Guru sD, sLB, dan TK.

Bandung: yrama Widya

Ary Ginanjar. 2000. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi. Jakarta:

Rosdakarya

. 2013. Rahosia Sukses Membangun Kecerdasan

Spiritual ESQ @motional Spiritual euotient) : (the ESeway

Rukun Imdn dan 5 Rukun Islam), Jakarta: Arga

Dharmamuly4 Sukirman, dkk. 2008. Permainan Tradisional Jowa. yogyakarta:

Kepel Press.

Endraswara, suwardi. 2008. Metodol o gi p e ne litian yogyakarta: Media.

Ernawulan Syaodih' 20A5. Bimbingan di Taman Kanak-kanak.Iakarta: Depdiknas

Hurlock. 197 8 - P erke mb angan AnakJakarta: penerbit Erlangga.

Johnson, David w., Johnson, Roger T., & Holubec, Edythe Johnson. 2010.

Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Supses Bersama.

Penerjemah: Narurita yusron. Bandung: Nusa Media

Kusmaedi Nurlan. 2010. Pertumbuhan & Perkembangan peserta Didik. Jakarta:

Gramedia

Masnipal' 2013- Siap Meniadi Guru dan Pengelolo PAIJD profesional. Jakarta:

Gramedia.

Mayke S. Tedja Saputr4 2001, Bermain, Mainan, dan Permainan.Iakarta: Gramedia

Monks' 1998- Psikologi Perkembangan; Pengantar dalam Berbagai Bagiannya.

Jakarta: Gramedia

Morrison, GS. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (\AUD). Jakarta : Indeks. Muslich

'.

Roopnarine, Jaipaul L & Jolurson. 201 l. Pentlihitrurt Anuh Usiu Dini Dulam. Berbagal

P e nde fuitan. Jakarta: Gramedia

Santrock, John w. 201l. psikorogi pendidikon, Edisi Kedua.Jakarta: Kencana

Schunk, Daleh H., 2012. Teori-teori Pembelajaran: perspektif pendidikan.

Yogyakarta: pustaka pelajar.

Emosi dan

165 1 lhsa, 6

Siagawati, Moniqa. 20A7.

Jakarta: Universitas press

Simister c'J' 20 r 3. Anak-A nak C e merrang -Jakarta: serambi

Siregar' t"gffi]o l0' statistiks Deskriptif [Jntuk peneritian.Jakarra: pt. Rajagrafindo

soetoto

"i##:"&h?:06. permoinon Analc rradisionar Dan Akivitas Ritmik.

Sujiono'

'o!r?e{ir"de

peneritian Kuantitatif Kuaritatif dan R&D, Bandung :

Suyadi' 2010- psikorogi Berajar Anak usia Dini.yogyakarta: pedagogia

undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasionar wiyani, A.dy. e,tz, save our Ch,dren From schoor Buryrzg. Jogiakarta: Arrayyan

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/888

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository