ANALISIS PENANAMAN KEMAMPUAN KERJASAMA PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI SITI MARYAM
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penanaman kemampuan kerjasama anak kelompok B TI( Siti Maryarn, apa saja kegiatan untuk menstimulasi anak kelompok B TK Siti Maryam dan kendala-kendala apa saja yang diperoleh dalam penan:rman kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penandman kemampuan kerjasama anak kelompokB TK Siti Maryam, kegiatanuntuk menstimulasi anakkelas B TK Siti Maryam dan kendala-kendala yang didapatkan dalam penarurman kemampuan kerjasama anak Kelompok B TK Siti Maryarn. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata, gambar, bukan angka-angka. Penelitian ini telah dilakukan di TK Negeri Siti Maryam yang terletak di Kecamatan Simpang Tiga Kabupaten Pidie. Penelitian ini telah dilakukan dari tanggal3 sampai dengan 8 Juli 2A20 dengan subjek 2 orang guru di TK Negeri Siti Maryam. Data penelitian dilalcukan dengan Teknik wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penanaman kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam masih belum optimal, anak masih bergantung pada orang tua, dan belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar, kegiatan untuk menstimulasi anak kelompok B TK Siti Maryam berupa; kegiatan gotong royong rutin setiap Sabtu, permainan yang melibatkan kelompok dan kendala-kendala yang diperoleh dalam penanaman kemampuan Kerjasama anak kelompok B TK Siti Maryam adalah anak belum bisa berinteraksi dengan teman sebayanya bisa menunjukkan keaktifan dalam kegiatan yang dilakukan di sekolah. Disarankan kepada guru agar memperbaiki pembelajaran yang dikelolany4 dan mengembangkan kemampuan secara profesional (mampu mengembangkan diri atau mengembangkan pengetahuan) serta memaksimalkan penanaman kemampuan kerjasama pada anak Kelompok B TK Siti Maryam.
Keywords
Kemampuan Kerjasamg TK Negeri Siti Maryam
References
Ali Nugrah4 dkk.2004. Metode Pengembangan Sosial EmosionaL Jakarta:
Universitas Terbuka
Asma"Nur.2006- ll9del Pembelaiaran Kooperatif Departemen pendidikon.
Nasional Direktorat Jendral pendidikan ringgi. Jakarta.
Aqib' zainal, dkk.2011. penelitian Tindakan Kelas untuk Guru sD, sLB, dan TK.
Bandung: yrama Widya
Ary Ginanjar. 2000. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi. Jakarta:
Rosdakarya
. 2013. Rahosia Sukses Membangun Kecerdasan
Spiritual ESQ @motional Spiritual euotient) : (the ESeway
Rukun Imdn dan 5 Rukun Islam), Jakarta: Arga
Dharmamuly4 Sukirman, dkk. 2008. Permainan Tradisional Jowa. yogyakarta:
Kepel Press.
Endraswara, suwardi. 2008. Metodol o gi p e ne litian yogyakarta: Media.
Ernawulan Syaodih' 20A5. Bimbingan di Taman Kanak-kanak.Iakarta: Depdiknas
Hurlock. 197 8 - P erke mb angan AnakJakarta: penerbit Erlangga.
Johnson, David w., Johnson, Roger T., & Holubec, Edythe Johnson. 2010.
Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Supses Bersama.
Penerjemah: Narurita yusron. Bandung: Nusa Media
Kusmaedi Nurlan. 2010. Pertumbuhan & Perkembangan peserta Didik. Jakarta:
Gramedia
Masnipal' 2013- Siap Meniadi Guru dan Pengelolo PAIJD profesional. Jakarta:
Gramedia.
Mayke S. Tedja Saputr4 2001, Bermain, Mainan, dan Permainan.Iakarta: Gramedia
Monks' 1998- Psikologi Perkembangan; Pengantar dalam Berbagai Bagiannya.
Jakarta: Gramedia
Morrison, GS. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (\AUD). Jakarta : Indeks. Muslich
'.
Roopnarine, Jaipaul L & Jolurson. 201 l. Pentlihitrurt Anuh Usiu Dini Dulam. Berbagal
P e nde fuitan. Jakarta: Gramedia
Santrock, John w. 201l. psikorogi pendidikon, Edisi Kedua.Jakarta: Kencana
Schunk, Daleh H., 2012. Teori-teori Pembelajaran: perspektif pendidikan.
Yogyakarta: pustaka pelajar.
Emosi dan
165 1 lhsa, 6
Siagawati, Moniqa. 20A7.
Jakarta: Universitas press
Simister c'J' 20 r 3. Anak-A nak C e merrang -Jakarta: serambi
Siregar' t"gffi]o l0' statistiks Deskriptif [Jntuk peneritian.Jakarra: pt. Rajagrafindo
soetoto
"i##:"&h?:06. permoinon Analc rradisionar Dan Akivitas Ritmik.
Sujiono'
'o!r?e{ir"de
peneritian Kuantitatif Kuaritatif dan R&D, Bandung :
Suyadi' 2010- psikorogi Berajar Anak usia Dini.yogyakarta: pedagogia
undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasionar wiyani, A.dy. e,tz, save our Ch,dren From schoor Buryrzg. Jogiakarta: Arrayyan