EFEKTIVITAS METODE OUTBOUND UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA PADA ANAK B DI TK SAVE THE KIDS BANDA ACEH
Abstract
Pada tahun ajaran 2018/2019 sebagian besar anak TK B masih mengalami kesulitan dalam kerja sama. Selama ini sekolah telah berusaha mengembangkan rasa kerja sama pada anak melalui kegiatan cooking class dan kegiatan eksperimen yang dilakukan disekolah, akan tetapi hasil yang di inginkan belum terlihat.Rumusan masalah dalam penelitian iniadalah “Apakah metode outbound efektif dalam meningkatkan kerja sama pada anak B di TK Save The Kids Banda Aceh?. Penelitian ini bertujuan untuk “mengetahui efektivitasmetode outboundterhadap peningkatan kerja sama anak kelompok B2 Tk Save The Kids Banda Aceh”. Penelitian ini dilaksanakan di Tk Save The Kids Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel 14 orang anak. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi yaitu pre-test dan post-test. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode outbound efektif dalam meningkatkan kerja sama anak. Dimana dapat dibuktikan bedasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji pihak kanan dengan taraf signifikan α = 0,05 dan db (distribusi bilangan) (n – 1 )(14-1=13), maka daftar distribusi t dengan t_((0,095)(13)) sehingga diperoleh t_((0,095)(13)) = 1.77. karena t_(hitung )> t_tabel yaitu 2,2552 > 1,77 Dengan demikian hipotesis penelitian ini, Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini menyatakan penggunaan metode outbound efektif terhadap kerjasama pada anak kelompok B2 di TK Save The Kids Banda Aceh.
Keywords
Outbound, Kerja Sama
References
Achmadi dan aisyah. 2017 Manfaat Kerjasama Dalam Kelompok Saat Bermain Sluncuran Bagi Anak Usia Dini:PG – PAUD FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 2010.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan; Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta..
Aisyah Siti. 2007. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan Anak Usia Dini; Jakarta: UT.
Distiara, M. I. 2015. Upaya meningkatkan kemampuan kerjasama melalui kegiatan outbound pada anak kelompok B di TK PKK 74 SERUT SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL. Fakultas ilmu pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Edisi 4 tahun ke-4 2015(journal.student.uny.ac.id,(diakses 10 januari 2019).
Depdiknas, UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Erlangga, 2003
Hidayat Nur. 2008. Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenagkan; yogyakarta: Diva pers.
Istiriyani, 2015.Peningkatan Kreativitas anak Melalui MencetakMenggunakan Media Pelepah Untuk Anak Kelompok B Tk PKK 115 Mangiran Bantul Diy. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Kusumawati, Dian. A (2017) Peningkatan kemampuan kerjasama melalui permainan konstruktif pada anak B di TK Aba Plosokerep Bunder Patuk Gunung Kidul. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta
Lestari, Puji (2018) Efektivitas Metode Bermain Peran Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Undegraduate thesis, Uin Raden Intan Lampung.
Nisak Khairun. 2014. Pengaruh permainan outbound terhadap perkembangan sosial anak kelompok A TK angkasa blang bintang aceh besar. Skripsi STKIP Bina Bangsa Banda Aceh.
Rizal, C. Y. A. 2017. Model permainan outbound untuk meningkatkan teamwork anak berkebutuhan khusus dikelas tinggi SD luar biasa PKK provinsi lampung. Skripsi FKIP universitas lampung
Rochman, I. L. 2012. Model pembelajaran outbound untuk anak usia dini.Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan.Universitas Muhammadiyah Sidoharjo. Jurnal pedagogia vol.1, No.2 (https://www.researchgate.net, diakses 10 januari 2019).
Safitri, Ramaiyana. 2014. Peningkatan kerjasama melalui metode outbound pada anak keompok B TK Islam Bakti IX kerten surakarta. Skripsi. Universitas Sebelas Maret
Sudjana, N . 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Tumanggal, Wulan. K. 2015. Manajemen program outbound pendidikan anak usia dini (PAUD) di kelompok bermain (KB) aisyiyah desa kedung ringin kabupaten wonogiri provinsi jawa tengah. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Ulfiani, Rahman. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini, jurnal Lentera Pendidikan. Vol 12 No. 1 Di akses 22 Februari 2020