PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA KELOMPOK A DI TK BUNGONG SELEUPOEK
Abstract
Berdasarkan data tersebut, berbicara merupakan suatu ketrampilan dalam kehidupan sehari-hari ,namun berdasarkan observasi awal di kelompok A1 TK Bungong Seleupok terlihat masih adanya permasalahan dalam ketrampilan berbicara.Permasalahan yang terjadi di TK adalah pengucapan bunyi bahasa yang masih belum tepat, kelancaran dalam mengeluarkan kata-kata, jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas, Subjek penelitian anak kelompok A1 yang berjumlah 18 orang. tehnik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada media gambar berseri pra siklus hasil yang di dapatkan dengan kategori belum berkembang (BB) 3 anak atau 15%, Mulai Berkembang (MB) 6 anak atau 35%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6 anak, atau 35%, Berkambang Sangat Baik (BSB) 3 anak atau 15%. Hasil pada siklus I Belum Berkembang (BB) 3 anak atau 20%, Mulai Berkembang (MB) 6 anak atau 30%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6 anak atau 30%, Berkembang Sangat Baik (BSB) 3 anak atau 20% . Pada siklus II Belum Berkembang (BB) 1 anak atau 5%, Mulai berkembang (MB) 2 anak atau 10%, Berkembang Sesuai Harapan(BSH) 2 anak atau 15%, Berkembang Sangat Baik (BSB )13 anak atau 70%. Dengan rata-rata pada siklus II
Keywords
Kemampuan berbicara, Media gambar berseri
References
Agus Ruslan. 2007. Pendidikan usia Dini yang Baik, Landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan. Darul ma'arif: Bandung.
Aisyah. 2012. Peningkatan Berbicara Anak Usia Dini. Gramedia. Jakarta
Busthomi. 2012. Karakteristik Anak Usia Dini. Media Rosdakarya Bandung Bachri. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita Di Taman Kanak-kanak, Teknik
dan Prosedurnya. Jakarta : DEPDIKNAS
Bambang. 2008. Pendidikan Tamak Kanak-kanak. Media Rosdakarya Bandung Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta Gunarti winda dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar
Anak Usia Dini.
Kurniawan. 2010. Berbicara Pada Anak Usia Dini. Balai Pustaka Bandung.
Mulyasa. 2009. Siklus Penelitian Tindakan Kelas. Buku Pembelajaran PAUD. Muskibin. 2012. Pendidikan karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta; Ar-Ruzz
Media.
Mulyono. A. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nur Lailatul Fitrotin. 2012. Strategi Pembelajaran PAUD. di akses pada tanggal 04 juni 2013.
Ruslan, A. 2007. Pendidikan Anak Usia Dini Yang Baik Landasan Keberhasilan Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta. Grafindo
Mufidah, R. 2007. Kiat membaa dan berbicara Anak. Jakarta: Gaung Persada
Sunarti . 2011. Pembelajaran Gambar Seri Pada Anak. di akses pada tanggal 04 juni 2013.
Susanto 2010. Langkah Cerdas menjadi Guru Sejati Berprestasi. Yogyakarta: Bahtera Buku. ... Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keempat). Jakarta: Balai. Pustaka.
Santrock, 2007, Perkembangan Anak (edisi kesebelas), Jakarta:Erlangga.
53
54
Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini : Jakarta : Departemen. Pendidikan Nasional.
Tarigan . 2008, Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yuniarti. 2007. Pendidikan Taman Kanak-Kanak, Ar-Ruzz Media. Bandung Yudha Saputra M. 2005. Pendidikan Koeperatif Anak Usia Dini. Jakarta.
Depdiknas
Wajidi, 2005 , Pendidikan Anak Usai Dini, Pondasi Bagi Masa Depan. Jakarta:
Barito Post