MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELOMPOK B TK TGK DIANJONG PEULANGGGAHAN BANDA ACEH
Abstract
Keterampilan bercerita yang baik memerlukan pengetahuan, pengalaman serta kemampuan berpikir yang memadai. Selain itu dalam bercerita juga diperlukan penguasaan beberapa keterampilan, yaitu ketepatan tatabahasa sehingga hubungan antar kata dan kalimat menjadi jelas. Kemampuan berbicara dapat dilatih salah satunya dengan kegiatan bercerita menggunakan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bercerita dengan media audio visual di kelompok B TK Dianjong Peulangggahan Banda Aceh?. Tujuan penelitian atau PTK ini adalah bagaimana melihat peningkatan kemampuan berbicara pada anak di TK Dianjong Peulangggahan Banda Aceh melalui bercerita dengan media audio visual. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil observasi prasiklus kategori belum berkembang 30% (3 anak), mulai berkembang 40% (4 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 20% (2 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 10% (1 anak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I kategori belum berkembang 10% (1 anak), mulai berkembang 10% (1 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 30% (3 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 50% (5 anak). Perkembangan yag terjadi antara prasiklus hingga siklus I adalah sebanyak 50%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.
Keywords
Media Audio Visual, Kemampuan Berbicara
References
Azhar Arsyad. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Abdul Chaer, dkk. 2010. Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi,dkk, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Busthomi ,2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Cetakan ketiha Bandung.
Badru Zaman. 2011. Media Anak Usia Dini. Jakarta: Edukasia.
Baharuddin, Dkk. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Burhan. Nurgiyantoro. 2011. Penilaian Pembelajaran Bahasa (Berbasisis Kompetensi). Yogyakarta: BPFE.
Christiana Hari Soetjaninhsih. 2014. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada Media.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Cetakan ke delapan Belas Edisi IV. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran; Cetakan I, Bandung; Satu Nusa.
Isthifa Kemal dan Nurul Huda. 2014. Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Mendongeng Pada Kelompok B Di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Getsempena Bana Aceh.
Kusnandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Press.
Lina Amelia dan Lisa Ramadhani. 2016. Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Pada Kelompok B Di TK Bohhatema Aceh Besar. Getsempena Banda Aceh.
Lilis.Madyawati, Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak.( Jakarta: Prenada Media Group, 2016).hlm.162
Madyawati. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada. Group.
Moeslichatun. 2009. Metode Bercerita. Jakarta : Purnama Ekspres
Maimunah Hasan. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Mengeja huruf . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurbiana, Dhieni dkk. Metode Pengembanga Bahasa.. (Jakarta : Universitas Terbuka, 2006), hlm.124
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran, Jakarta: PT RAJA Grafindo.
Setiawan,Deny,dkk. 2010 . Analisis Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta. Universitas Terbuka.
Suhartono. 2015. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Slamet Suyanto. 2012. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Gramedia. Jakarta
Sofia Hartati. 2012. Pendidikan Anak Usia Dini . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. 2010. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Edukasia.