UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Raimando. (2020). PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 12 MODEL BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/870.
Raimando. “PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 12 MODEL BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2020, https://repository.bbg.ac.id/handle/870.

PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 12 MODEL BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0115019W.pdf (871 KB)

Issue Year

2020

Author(s):

Raimando

Abstract

Perkembangan knologi pada ere modern juga berdampak pada dunia pendididkan. Pembaruan dilakukan pada hampir seluruh aspek pendidikan, kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 pada jenjang SMP dan SMAberbasis pada teks. Pada jenjang SMA, teks Anekdot adalah salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa kelas X. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Model Group Investigation dalam Pembelajaran Teks Anekdot pada Siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group-pre-test-post-test, nilai rata-rata tes awal (pre-test) ((x ) ̅) siswa 66,59 dengan uji (t) yaitu: -0,92 dan tes akhir (post-test) setelah menerapkan model Group Investigation nilai rata-rata ((x ) ̅) siswa 84,22 dengan uji (t) yaitu: 8,36. Selanjutnya dari hasil wawancara dengan guru studi, bahwa keaktifan dan kerja sama kelompok dalam mengemukakan pendapat sangat baik setelah diterapkanya model group invetigation. Sementara itu, dari hasil pengamatan observasi rata-rata presentase yaitu 95,45 % sudah mencapai katagori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapkan model pembelajaran group investigation sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 MPerkembangan knologi pada ere modern juga berdampak pada dunia pendididkan. Pembaruan dilakukan pada hampir seluruh aspek pendidikan, kurikulum terbaru yakni kurikulum 2013 pada jenjang SMP dan SMAberbasis pada teks. Pada jenjang SMA, teks Anekdot adalah salah satu teks yang harus dikuasai oleh siswa kelas X. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Pengaruh Model Group Investigation dalam Pembelajaran Teks Anekdot pada Siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Group Investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group-pre-test-post-test, nilai rata-rata tes awal (pre-test) ((x ) ̅) siswa 66,59 dengan uji (t) yaitu: -0,92 dan tes akhir (post-test) setelah menerapkan model Group Investigation nilai rata-rata ((x ) ̅) siswa 84,22 dengan uji (t) yaitu: 8,36. Selanjutnya dari hasil wawancara dengan guru studi, bahwa keaktifan dan kerja sama kelompok dalam mengemukakan pendapat sangat baik setelah diterapkanya model group invetigation. Sementara itu, dari hasil pengamatan observasi rata-rata presentase yaitu 95,45 % sudah mencapai katagori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapkan model pembelajaran group investigation sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 12 Model Banda Aceh. Adapun saran yang diberikan adalah agar menjadikan sebuah contoh model pembelajaran yang berguna bagi guru, sebagai alat artenatif untuk memecahkan sebuah pembelajaran, dan menjadikan sebuah memotivasi bagi siswa agar tidak bosan dalam proses pembelajaranodel Banda Aceh. Adapun saran yang diberikan adalah agar menjadikan sebuah contoh model pembelajaran yang berguna bagi guru, sebagai alat artenatif untuk memecahkan sebuah pembelajaran, dan menjadikan sebuah memotivasi bagi siswa agar tidak bosan dalam proses pembelajaran


Keywords

group investigation, teks anekdot, menganalisis

References

Huda, Miftahul. 2015. Coopratif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Litasari, L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menganalisis dan Menciptakan Kembali Teks Anekdot dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cikatomas Tahun Ajaran 2017/2018) .Bogor: Universitas Siliwangi.

Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Izzati, L. N. (2016). Pembelajaran Memahami Struktur Dan Kaidah Teks Anekdot Dengan Menggunakan Metode Planted Questions Pada Siswa Kelas X Sma Pgri 1 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Rusman. (2014).Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasapong.”Belajar dan Pembelajaran.” Fitrah :jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman 3.2 (2017)

Nurkaswati. 2014. Peningkatan Kemampuan Wawancara Dengan Model Group Investigation Pada Siswa Kelas V111 SMP 12 Banda Aceh TA 2013/2014. Banda Aceh. STKIP Bina Bangsa Getsampena Banda Aceh.

Rahmawati, Elin Nur. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Anekdot Menggunakan Strategi Genius Learning Untuk Siswa Kelas X Kenderaan Ringan (KR) 3 SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta : Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusman. 2011. Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Suherli,dkk. (2016) Bahasa indonesia. Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitang, kemendikbud.

Kosasih, E. (2013). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidah serta Langkah Penulisannya dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Wiidya.

Istarani. (2014). Jilid 1 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan. Media Persada.

Sartika,Vivi (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Keterampilan P4 (Pencari Ide, Perenungan, Penulisan Dan Perbaikan) Pada Siswa Kelas VII-S SMP Negeri 17 Banda Aceh Tahun Ajaran 2014. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. STKIP Bina Bangsa Getsampena.

Istianah, Emy,Lestari. (2015). Pembelajaran Keterampilan Menulis Anekdot Di Kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul DIY. Yogyakarta Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan . Bandung. PT Alfabata,CV.

Putra, Heriyansyah. 2015. Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh . Pendidikan Matematika.Universitas Syiah Kuala.

Sugiyono, 2016. Metode kombinasi . Bandung. PT Alfabata,CV

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/870

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository