PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 BANDA ACEH PADA MATERI GAYA
Abstract
ABSTRAK Shinta Ovalisda. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada Materi Gaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing I Zaki Al Fuad, M. Pd., Pembimbing II Safrina Junita, M. Pd. Nilai pengetahuan peserta didik kurang maksimal dikarenakan sebagian pendidik masih menggunakan metode dan model pembelajaran yang kurang bervariasi terhadap materi yang diajarkan. Kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh rata-rata masih di bawah KKM 70 Salah satu model pembelajaran terbaru yang sesuai dengan beragamnya karakteristik siswa SD adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Adapun Rumusan penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada materi gaya”? Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah metode pre-eksperimen design one group pre-test & post-test yang dilakukan pada satu kelas saja tanpa kelas pembanding dengan cara memberikan tes awal dan akhir. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa siswa SD Negeri 11 Banda Aceh, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh berjumlah 30 orang. Instrumen tes pre-test dan post-test berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil data dianalisis dengan menggunakan rumus uji Chi Kuadrat. Hasil pretest Chi-Kuadrat hitung = 10,3 Chi Kuadrat tabel = 11,0 (10,3 < 11,0). Hasil post-test Chi-Kuadrat hitung = 5,1 Chi Kuadrat tabel = 11,0 (5,1 < 11,0). Analisis hipotesis thitung = 26,77 ttabel adalah 2,05 thitung > ttabel (26,77 > 2,05) sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 dierima, oleh karena itu terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada materi gaya dengan persentase n-gain mencapai 70% ( kategori tinggi) dan 30% (kategori sedang).
Keywords
Take, Give, Kognitif
References
DAFTAR PUSTAKA
Adawiyah, Robiatul. 2018. Peningkatan Pemahaman Siswa Materi Gaya Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV Minuwaru II Sidoarjo (Skripsi). Surabaya
Anggraini, Septian 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Disertai dengan Metode Gallery Of Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi di Sma N 3 Klaten (Skripsi). Klaten
Anindhita, Anung. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Smk Negeri 1 Semarang (Skripsi). Semarang
Amaliah, Siti. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Take and Give terhadap Retensi Siswa dalam Tatanama Ilmiah pada Konsep Jamur (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta
Anggara, Dinar. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Take and Give Disertai Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus (Skripsi). Kediri
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ayu, Putri. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Magnet Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi di Kelas V MIS T.I AL-Musthafawiyah (Skripsi). Sumatera Utara
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
Novita, Rita, dkk. 2017. Pedoman Penyusunan Skripsi. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena
Prihastin, Uchti. 2016. Penerapan Tipe Take And Give untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 2 Sidodadi Pekalongan (Skripsi). Lampung Timur
Pujiwidodo. 2014. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Kradenan 1 Srumbung Magelang (Skripsi). Jawa Tengah
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Raja Grafindo Pustaka. Jakarta
Rustaman, dkk. 2015. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Tanggerang. Universitas Terbuka
Safitri, Yeni. 2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give pada Materi Minyak Bumi di Kelas X Man Sabang (Skripsi). Sabang
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung
Suprijono. 2012. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group. Jakarta
Thobroni, Muhammad. 2015. Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta
Trianto, dkk. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Kencana. Jakarta
Wahyono, Budi dan setyo Nurachamdani. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
Wahyunitasari, Tri. 2014. Penerapan Cooperative Learning Tipe Take and Give dengan Media Grafis untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV C SD Negeri 6 Metro Pusat TP 2013/2014 (Skripsi). Bandar Lampung
Widyaningrum, Marlina. 2012. Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Take and Give pada Siswa Kelas IV SDN Majung 2 Tahun 2012/2013 (Skripsi). Universitas Muhamadiyah Surakarta. Solo
Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia 5 (2):826-834
Yanuar, V, dkk. 2019. Penerapan Model Take and Give dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Sekolah Dasar. (6) (1). http://ejournal.upi.edu
Yusna, Lesi. 2017. Pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa kelas X. Jurnal Pendidikan dan penelitian sejarah. http://jurnal.fkip.unila.ac.id
Zurtina. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MIN 10 Bandar Lampung (Skripsi). Lampung