UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Ovalisda, S. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 BANDA ACEH PADA MATERI GAYA (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/825.
Ovalisda, Shinta. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 BANDA ACEH PADA MATERI GAYA.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2020, https://repository.bbg.ac.id/handle/825.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 11 BANDA ACEH PADA MATERI GAYA

Thumbnail

View/Open

F0816026W.pdf (368 KB)

Issue Year

2020

Author(s):

Shinta Ovalisda

Abstract

ABSTRAK Shinta Ovalisda. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Take and Give terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada Materi Gaya. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing I Zaki Al Fuad, M. Pd., Pembimbing II Safrina Junita, M. Pd. Nilai pengetahuan peserta didik kurang maksimal dikarenakan sebagian pendidik masih menggunakan metode dan model pembelajaran yang kurang bervariasi terhadap materi yang diajarkan. Kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh rata-rata masih di bawah KKM 70 Salah satu model pembelajaran terbaru yang sesuai dengan beragamnya karakteristik siswa SD adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give. Adapun Rumusan penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada materi gaya”? Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give terhadap kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh. Metode penelitian ini adalah metode pre-eksperimen design one group pre-test & post-test yang dilakukan pada satu kelas saja tanpa kelas pembanding dengan cara memberikan tes awal dan akhir. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa siswa SD Negeri 11 Banda Aceh, sampel penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh berjumlah 30 orang. Instrumen tes pre-test dan post-test berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Hasil data dianalisis dengan menggunakan rumus uji Chi Kuadrat. Hasil pretest Chi-Kuadrat hitung = 10,3 Chi Kuadrat tabel = 11,0 (10,3 < 11,0). Hasil post-test Chi-Kuadrat hitung = 5,1 Chi Kuadrat tabel = 11,0 (5,1 < 11,0). Analisis hipotesis thitung = 26,77 ttabel adalah 2,05 thitung > ttabel (26,77 > 2,05) sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 dierima, oleh karena itu terdapat pengaruh yang signifikan secara statistik mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV SD Negeri 11 Banda Aceh pada materi gaya dengan persentase n-gain mencapai 70% ( kategori tinggi) dan 30% (kategori sedang).


Keywords

Take, Give, Kognitif

References

DAFTAR PUSTAKA

Adawiyah, Robiatul. 2018. Peningkatan Pemahaman Siswa Materi Gaya Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di Kelas IV Minuwaru II Sidoarjo (Skripsi). Surabaya

Anggraini, Septian 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Disertai dengan Metode Gallery Of Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi di Sma N 3 Klaten (Skripsi). Klaten

Anindhita, Anung. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Smk Negeri 1 Semarang (Skripsi). Semarang

Amaliah, Siti. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Take and Give terhadap Retensi Siswa dalam Tatanama Ilmiah pada Konsep Jamur (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta

Anggara, Dinar. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Take and Give Disertai Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus (Skripsi). Kediri

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Ayu, Putri. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Magnet Melalui Metode Pembelajaran Demonstrasi di Kelas V MIS T.I AL-Musthafawiyah (Skripsi). Sumatera Utara

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta

Novita, Rita, dkk. 2017. Pedoman Penyusunan Skripsi. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena

Prihastin, Uchti. 2016. Penerapan Tipe Take And Give untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V SDN 2 Sidodadi Pekalongan (Skripsi). Lampung Timur

Pujiwidodo. 2014. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Kradenan 1 Srumbung Magelang (Skripsi). Jawa Tengah

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Raja Grafindo Pustaka. Jakarta

Rustaman, dkk. 2015. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Tanggerang. Universitas Terbuka

Safitri, Yeni. 2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give pada Materi Minyak Bumi di Kelas X Man Sabang (Skripsi). Sabang

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suprijono. 2012. Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group. Jakarta

Thobroni, Muhammad. 2015. Belajar & Pembelajaran. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta

Trianto, dkk. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Kencana. Jakarta

Wahyono, Budi dan setyo Nurachamdani. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

Wahyunitasari, Tri. 2014. Penerapan Cooperative Learning Tipe Take and Give dengan Media Grafis untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV C SD Negeri 6 Metro Pusat TP 2013/2014 (Skripsi). Bandar Lampung

Widyaningrum, Marlina. 2012. Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Take and Give pada Siswa Kelas IV SDN Majung 2 Tahun 2012/2013 (Skripsi). Universitas Muhamadiyah Surakarta. Solo

Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia 5 (2):826-834

Yanuar, V, dkk. 2019. Penerapan Model Take and Give dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Cacah pada Siswa Sekolah Dasar. (6) (1). http://ejournal.upi.edu

Yusna, Lesi. 2017. Pengaruh model pembelajaran take and give terhadap hasil belajar siswa kelas X. Jurnal Pendidikan dan penelitian sejarah. http://jurnal.fkip.unila.ac.id

Zurtina. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV MIN 10 Bandar Lampung (Skripsi). Lampung

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/825

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository