UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Wahyuni, E. (2020). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOK GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK PERTIWI SETDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/822.
Wahyuni, Erni. “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOK GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK PERTIWI SETDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2020, https://repository.bbg.ac.id/handle/822.

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOK GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B4 DI TK PERTIWI SETDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0714024W.pdf (594 KB)

Issue Year

2020

Author(s):

Erni Wahyuni

Abstract

Motorik halus adalah pengorganisasian penggunaan sekelompok otot-otot kecil seperti jari-jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan yang sesuai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah upaya meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencocok gambar pada anak kelompok B4 di TK Pertiwi Setda Aceh?. Tujuannya adalah Untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui mencocok gambar kelompok B4 di TK Pertiwi Setda Aceh. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Lembar observasi adalah kegiatan mengamati aktivitas anak untuk memperoleh data tentang kegiatan mencocok gambar. Jumlah sampel adalah 18 anak dan data peneliti dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan katagori belum berkembang 22.22% (4 anak) kategori mulai muncul 38.88% (7 anak) kategori berkembang sesuai harapan 22.22% (4 anak) dan kategori berkembang sangat baik 8.33% (1 anak). Sedangkan pada siklus II tidak ada kategori belum muncul, mulai muncul, kategori berkembang sesuai harapan adalah 33.33% (6 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 66.66% (12 anak) Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan mencocok gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.


Keywords

Motorik Halus , Mencocok Gambar

References

Aprisanti, Dwika. 2017. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencocok Dengan Media Gambar Di Kelompok A Tk Islam Al-Muttaqin Kota Jambi. Jambi: Fkip Universitas Jambi

Arikunto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. Bumi Askara.

Bambang. S. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta Universitas terbuka.

Dgami. Desi. 2013. Pengembangan Konsep Pembelajaran Motorik Halus Anak. Jakarta : Bumi Askara.

Dea Amelia. 2015. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mencocok Gambar pada Anak Kelompok A di TK. Pertiwi Banaran 5 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013

Depdiknas. (2007). Pedoman Pengembangan Bidang Seni di Taman Kanak- kanak. Jakarta.

Gesell. 1971. Perkembangan motorik anak usia dini, Yogyakarta: Graha Ilmu

Goleman. 1995. Perkembangan kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta : Erlangga.

Hurlock. 1996. Perkembangan Anak. (terjemahan: Met Meitasari Tandarsa dan Michichah Zarkasih). Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Muskibin. 2012. Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Askara.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian tindakan kelas. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Ni Luh Ami. 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas Melalui Kegiatan Mencocok Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motorik Halus (Online). Vol. 2, No. 1, diakses 20 Desember 2017

Permendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 103 Tahun 2014 pasal 2 ayat 7 dan 8 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta :Depdikbut.

Sukamti. 2007. Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta Universitas terbuka.

Slamet. 2005. Pengembangan Motorik Halus AUD. Gramedia Jakarta

Samsudin. 2007. Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Askara.

Sudjiono. 2006. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Yogyakarta. Diva Press.

Sternberg, Robert J 1985, Psikologi Kognitif Edisi Keempat, (judul asli: Cognitive Psychology, Fourth Edition), terj. Yudi Santoso, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukamti, Endang Rini. 2007. Perkembangan Motorik. Yogyakarta: UNY

Sujiono. (2008). Metode Pengembangan Fisik . Jakarta: Universitas. Terbuka.

Yuda Dan Rudiyanto. 2005. Hakekat Perkembangan Motorik halus Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yuniarni. 2010. Hakekat Perkembangan Motorik halus Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/822

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository