UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA KELOMPOK B DI PAUD QUR'ANI NURUL ILMI ACEH BESAR
Abstract
Motorik halus adalah pengorganisasian penggunaan sekelompok otot-otot kecil seperti jari-jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan dan koordinasi mata dengan tangan, keterampilan yang mencakup pemanfaatan dengan alat-alat untuk bekerja dan objek yang kecil atau pengontrolan terhadap mesin misalnya mengetik dan lain-lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimanakah cara meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B melalui menganyam di PAUD Qur'ani Nurul Ilmi Aceh Besar? (2) Apakah melalui penggunaan metode menganyam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di PAUD Qur'ani Nurul Ilmi Aceh Besar?. Tujuannya adalah (1) Untuk mengetahui cara/proses penggunaan kegiatan menganyam untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B di PAUD Nurul Qur'ani Ilmi Aceh Besar. (2) Untuk mengetahui hasil perkembangan motorik halus anak yang terjadi setelah dilakukan penelitian melalui penggunaan kegiatan menganyam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah sampel adalah 10 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan katagori belum muncul 40% (4 anak) kategori mulai muncul 50% (5 anak) kategori berkembang sesuai harapan 10% (1 anak) dan kategori berkembang sangat baik tidak ada. Sedangkan pada siklus II tidak ada kategori belum muncul, mulai muncul, kategori berkembang sesuai harapan adalah 20% (2 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 80% (8 anak) Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan menganyam dapat meningkatkan motorik halus anak.
Keywords
Menganyam, Motorik halus
References
Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Gramedia. Jakarata.
Bambang Sujiono. 2005. Pengembangan Metode Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.Jakarta: Dikdasmen.
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorikdi TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak.(Terjemahan: Med Meitasari Tjandrasa dan Muchichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.
Endang Rini Sukamti. 2007. Diktat Perkembangan Motorik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.
Hajar Pamadhi, dkk. 2008. Seni Keterampilan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
John W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa dan Muchichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga
Magill, richard A. 1989. Motor Learning Concepts and Applications. USA:C Brown Publishers.
Maria J. Wantah. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Martha Christianti. 2008. Bab IV Menganyam Untuk Anak Usia Dini. Diakses dari Pada tanggal 19 April 2013, Jam 08.08 WIB.
Martini Jumaris. 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak. Jakarta: PT Grasindo.
Mulyasa. 2009. Penelitian Tindaka Kelas. Gramedia Jakarta
Purwanto. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tim Pusdi Dikdasmen Lemlit UNY. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Samsudin. 2007. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Litera Prenada Media Group.
Siti Aisyah. 2008. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slamet Suyanto. 2005. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Tk. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sumantri. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sukamti. 2007. Perkembagan Motorik anak usia Dini. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Suharjono. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Susilowati. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Menggunakan Kirigami Pada Anak Kelompok B2 TK ABA Gendol Tempel Sleman. Skripsi. UNY
Suwarsih Madya. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2001. Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Yudha, Rudyanto. 2005. Pembelajaraan Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Zulaeha Hidayati. 2010. Anak Saya Tidak Nakal Kok. Jakarta: PT Bintang Pustaka.