UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Muliardin. (2020). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL LEARNING TERHADAP PENNGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/815.
Muliardin. “EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL LEARNING TERHADAP PENNGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2020, https://repository.bbg.ac.id/handle/815.

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPERIENTAL LEARNING TERHADAP PENNGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0115016W.pdf (422 KB)

Issue Year

2020

Author(s):

Muliardin

Abstract

ABSTRAK Muliardin, 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksperiental Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing: I. Hendra Kasmi, M.Pd., pembimbing II. Wahidah Nasution, M.Pd Sebagai salah satu bentuk keterampilan berbahasa, keterampilan menulis berkaitan erat dengan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas siswa. Berdasarkan wawancara yang telah dilakukan dengan guru Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh, diperoleh informasi bahwa siswa masih mengalami kesulitan saat menulis cerita pendek. Hal ini dibuktikan dengan tidak tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan, yaitu 70. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa kendala, diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam mencari dan mengembangkan ide cerita, siswa menganggap pembelajaran menulis cerita pendek membosankan, guru seringkali menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu, siswa belum dilibatkan secara aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu, berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Eksperiental Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan model Eksperiental Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Eksperiental Learning terhadap peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 5 Banda Aceh yang berjumlah 29 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes awal dan tes akhir. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kualifikasi rerata tes akhir (posttest) juga dapat dilihat dari hasil analisis data menggunakan perhitungan statistik dengan menggunakan uji t, serta dilakukan pengujian hipotesis pada taraf signifikan ∝ = 0,05 dan v =(n-1) dan peluang (1-α). dari tabel distribusi student t diperoleh t_tabel = t_((1-α, n-1) ) = t_((0,95)(28))=2,05, sehingga t_hitung≥t_tabel yaitu 3,35>2,05, maka H_oditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Eksperiental Learning Efektif meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek siswa pada kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh.


Keywords

Kata Kunci: Eksperiental Learning, Kemampuan Menulis Cerpen

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Majid, 2014. Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Aminuddin, 2012. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Isah Cahyani, 2012. Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Pendekatan Experiential learning, Bandung: Pendidikan Dasar SPS UPI.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rini Kristiantari. 2008. Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar, Menulis Deskripsi dan Narasi. Sidoarjo: Media Ilmu.

Saleh Abbas. 2009. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Sayuti, Suminto A. 2009. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, 2009. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suryaman, Maman. 2010. Diktat Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Sastra. Yogyakarta: PBSI FBS UNY.

Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wellek, Rene dan Warren Austin. 2013. Teori Kesusastraan (terjemahan melalui Budiyanto). Jakarta: Gramedia.

Zainurrahman. 2011. Menulis : dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/815

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository