PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DARI BAHAN BEKAS DI KELAS B TK TGK CHIK PANTE KULU ACEH BESAR
Abstract
Penelitian ini berjudul Peningkatan Kreativitas anak melalui kegiatan meronce dari bahan bekas di kelas B di Tk Tgk Chik Pante Kulu Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan meroce (kalung dan gelang), penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK. Subjek penelitian ini adalah 22 orang anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi. Data dianalisa dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan mulai meningkat namun belum tuntas. Adapun kriteria aspek yang belum tuntas adalah (BB) Belum Berkembang (14,7% ada 3 anak), (MB) Mulai Berkembang (49,9% ada 11 anak), (BSH) Berkembang Sesuai Harapan (35,1% ada 8 anak) dan (BSB) Berkembang Sangat Baik (0%). Pada siklus II menunjukkan Kreativitas anak lebih baik dari pada siklus I dan indicator keberhasilan telah mencapai nilai ketuntasan pada kriteria aspek, (BB) Belum Berkembang (0%), (MB) Mulai Berkembang (9,075% ada 2 anak), (BSH) Berkembang Sesuai Harapan (78,35% ada 17 anak) dan (BSB) Berkembang Sangat Baik (12,4% ada 3 anak). Hal ini menunjukkan bahwa meronce dengan bahan bekas dapat meningkatkan Kreativitas anak.
Keywords
Kreativitas, Bahan Bekas
References
Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional pada pasal 1
ayat 14.
Nilawati (1211070041). (2016). Peningkatan kemandirian anak melalui metode Bermain peran
di kelompok A TK IT Permata Sunnah Banda Aceh. Skripsi Prodi Pendididkan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP BBG Banda Aceh.
Sri WulanWahyuni (1011070019), (2014), Peningkatan Motorik Kasar Anak Kelompok A
Melalui Permainan Bakiak Di PAUD QurrataA'yun Cut Meutia Banda Aceh. Skripsi
Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. STKIP Bina Bangsa Getsempena
Banda Aceh.
Arikunto, Suharsimi. dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara, Cet. 8.
Dr. Ahmad Anizar, M.Pd. Pengenalan Kurikulum 2013 PAUD
KURIKULUM 2013 PAUD Perment No. 146 Tahun 2014 ( Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar,
Indikator ) usia 4 – 5 Tahun dan 5 – 6 Tahun.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. (Ahli Bahasa: Meitasari Tjandra & Muslichah
Zarkasih). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan, 1994, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.
Sumatri, (2005), Perkembangan Peserta Didik, Jakarta. Universitas Terbuka.
Munandar, Utami. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, M. (2009). (PAUD) Pendidikan Anak Usia Dini . Diva Press. Yogyakarta
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdkebumen/article/viewFile/3610/2528
STKIP Bina Bangsa Getsempena. (2015). Pedoman Penulisan Skripsi. Banda Aceh STKIP Bina
Bangsa Getsempena.
Asroni. (2015). Media Pendidikan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. IKIP U. Pandang.
Munandar Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Perdana Media
Group.
Rachmawati, Yeni & Euis Kurniawati. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
https://www.scribd.com/doc/236319673/Pengertian-Merangkai-Dan-Meronce
http://www.hadila.co.id/8-manfaat-kreativitas-bagi-anak/2/