EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH
Abstract
ABSTRAK Fitraliqa, 2019. Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Pembimbing I. Wahidah Nasution, M.Pd., pemimbing II. Teuku Mahmud, M.Pd. Keterampilan menulis puisi adalah salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Faktor utama penyebab masi rendahnya kemampuan menulis puisi pada siswa yaitu siswa masih mengalami kesulitan mendapatkan ide, dengan kata lain ide yang dimiliki oleh siswa belum berkembang dengan baik. Selain itu kurangnya penerapan model-model pembelajaran yang menarik membuat siswa menjadi tidak tertarik dalam pelajaran menulis puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan keterampila menulis puisi siswa kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian experimen dengan desain one-group pre-test-post-test deseign. Sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh yang berjumlah 63 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk essay. Teknik analisis data menggunakan teknik uji t. Penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa dari nilai rata-rata tes awal (pretes) sebelum diterapkan model Quantum Learning yaitu 56,85 dan tes akhir (postes) setelah diterapkan model Quantum Learning yaitu 79,77. Dengan demikian diproleh hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis puisi siswa menggunakan model Quantum Learning dengan menggunakan instrumen tes berbentuk essay. Berdasarkan temuan, disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa yang diajarkan melalui model Quantum Learning efektif meningkatkan dan mencapai keberhasilan pada siswa kelas X SMA Inshafuddin Banda Aceh. Adapun saran yang diberikn berdasarkan hasil penelitian ini bahwa model pembelajaran Quantum Learning sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi dan guru diharapkan untuk dapat membekali diri dengan pengetahuan tentang model pembelajaran serta melibatkan peserts didik dalam proses pembelajaran agar siswa tidak merasa bosan dan tujuan pembelajaran pun dapat tercapai sebagaimana mestinya.
Keywords
Kata Kunci : Quantum Learning, Menulis, Puisi
References
DAFTAR PUSTAKA
Akhadiah, Sabarti dkk.1999. Pembinaan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:
Erlangga.
Alamsyahril. Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas XI
SMA Negeri 4 Lubuklinggau Melalui Pengintegrasian Metode Clustering dan Journalist's Question. Diunduh dari http://alamsyahril.blogspot.com/2009/10/penelitian‐tindakan‐kelas‐ ptk.html pada tanggal 3 Maret 2011
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
PT.Rineka Cipta.
B. Rahmanto. 1992. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Depok: Rajagrafindo Persada
DePoter, Bobbi dan Mike Hernacki. 2010. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. (diterjemahkan oleh: Alwiyah Abdurrahman). Bandung : Kaifa
Handayani, Sri. 2008. Penigkatan Keterampilan Menulis dengan Metode Kooperatif jigsaw pada siswa SMPN 2 Tanon-Sragen. Bahasa dan Sastra dalam berbagai prespektif. Yogyakarta : Tiara Wacana.
Hasnun, Anwar. 2006. Pedoman Menulis Untuk Siswa SMP dan SMA. Yogyakarta: Andi.
Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja.
Jabrohim, Suminto A Sayuti, dan Chairul Anwar. 2009. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Karlos, Leno Brian. 2012. Peningkatan kemampuan penulisan puisi melalui Quantum Learning siswa kelas X SMA Kristen 1 Magelang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pradopo, Rahmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan Analisis Strukutral Dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Sastrio, Tri Budhi. 2008. Keterampilan Dasar Berbahasa : Antara Harapan dan Realita. Bahasa dan Sastra dalam berbagai prespektif. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sayuti, Suminto A. 2010. Berkenalan Dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.
Suhendra, Yusuf. 2015. Perbandingan Gender dalam prestasi literasi siswa Indonesia.Jurnal ( diunduh Tanggal 4 Februari 2016)
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukartiningsih, Wahyu, &.Malladewi, M. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Ekspositoris Melalui Jurnal Pribadi Siswa Kelas IV Di SD Negeri Balasklumprik I/434 Surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya.
Suriamiharja, Agus. 1996. Petunjuk Praktis Menulis. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Pertama dan Menengah Bagian Proyek Pemasaran Guru SLTP setara D-III Tahun 1996/1997.
Suryaman, Maman. 2009. Panduan Pendidik Dalam Pembelajaran Indonesia SMP/ MTS. Pusat Pembukuan : Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Waluyo, Herman J. 2005. Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Wiyanto, Asrul. 2006. Terampil Menuils Paragraf. Jakarta: PT. Grasindo.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka