ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGENAL ANGKA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 11 BANDA ACEH
Abstract
Adanya kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal-soal matematika menyiratkan adanya kesulitan yang dialami siswa. Maka dari itu, peneliti merumuskan masalah yaitu 1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam mengenal angka pada siswa kelas 1 SD Negeri 11 Banda Aceh?, 2) Apakah kendala yang dihadapi siswa dalam mengenal angka pada siswa kelas 1 SD Negeri 11 Banda Aceh?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengenal angka pada siswa kelas 1 SD Negeri 11 Banda Aceh. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Kemudian yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas 1 yang terdiri dari 20 siswa dimana instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Dari hasil tes dan wawancara diketahui bahwa siswa telah mampu mengenal angka. Pada indikator indikator I (membilang dengan menunjuk benda) atau menjawab soal dengan baik , pada indikator ke II (menyebut urutan bilangan), terdapat 17 orang mampu menjawab soal dengan benar namun diantaranya masih ada yang menyontek hasil kerja kawan. Kemudian, pada indikator ke III, terdapat 13 siswa yang mampu menjawab soal dengan benar dan diantaranya juga masih ada yang menyontek jawaban temannya. Kemudian, dari hasil wawancara diketahui kendala yang dialami siswa seperti masih adanya siswa yang malu bertanya tentang materi yang belum dipahami dan merasa sulit terhadap soal yang diberikan. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri 11 Banda Aceh dalam mengenal angka sangat baik.
Keywords
Kemampuan Mengenal Angka
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abraham, C. 2001. Sebuah Reading Ekologi Pemahaman Quran dari. Penciptaan: Robert. PT Rineka Cipta.
Adams, Nancy E. 2015. Bloom's taxonomy of cognitive learning objectives. Journal of the Medical Library Association. Juli 2015, Vol. 103 Issue 3. Dikutip dari http://web.b.ebscohost.com/ehost/detail/detail?vid=10&sid=47 3b5cbdb24ac9ba949fac2a1b3a1e%40sessionmgr102&hid=124&bdaa = JnN pdGU9ZWhvc3QtbGl2ZQ%3d%3d#db=lxh&AN=10870432 (diunduh 8 Oktober 2017).
Adrianus Arief, 2010. Terampil Mengolah Data. Kualitatif. Penerbit Prenada Media Group: Jakarta.
Anderson, L. & Krathwohl, D. A. 2001. Taxonomy for Learning, Teaching and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational. Objectives.
Ausubel, F. M. et al., 2002. Short Protocols in. Molecular Biology: a compendium of methods from. Current protocols in molecular biology.
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi. Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Ariza, A., Llinares, S., & Valls, J. (2015). Students' understanding of the function-derivative relationship when learning economic concepts. Mathematics Education Research Journal, 27(4), 615-635. doi: http://dx.doi.org/10. 1007/s13394-015-0156-9 dikutip dari http://search.proquest.com/docview /1736889080/fulltextPDF/4891211A98824477PQ/7?accountid=62647 (diunduh 2 November 2017).
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Bruner. 2005. Mengajar Struktur Matematika Yogyakarta: Pustaka. Pelajar
Christophe Bauters, et al2004. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta : EGC.
Ehrenberg A &Birgerson C.2008. Nursing documentation of leg ulcer. Adherence toclinical guidelines in a Swedish primary health care district. Scandinavian Journal of Caring Sciences.
Gagne. 2000. Ejurnal, Analyzing Change/Gain Scores. Area-D-American Educational Research Associatio's Division D, Measurement and Research Methodology. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. (diunduh 6 Febuari 2017).
Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Holid, Narbuko dan H. Abu Achmadi. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Karplus dalam Usodo, 2009. Heuristik dalam Pemecahan Masalah Matematika Yokyakarta: Multi Presindo
Margono.2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi penelitian kualitatif, Bandung: Remaja. Rosdakarya.
Mustafa, Wijayanti Tri 2011.Pengertian Matematika. Jakarta: CV Pustaka Setia
Muhamad Surya. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Nakhleh, 2000. Inquiry and the National Science Education. Standards: A Guide for Teaching and Learning. ebook. (diunduh 6 Febuari 2017).
Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas.
Peter. 2009. Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe. Group Investigation. Jakarta: Erlangga.
Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Balai Pustaka.
Piaget, Jean. 1896-1980”, www.ship-edu / ~ CG Boeree / Gennsy Piaget -html-1bk. Clermont. (diunduh 6 Febuari 2017).
Piaget, Jean. 2011 Antara Tindakan Dan Pikiran, disunting oleh Agus Cremers, Jakarta.
Rizvi dan Lawson. 2007.Matematikadan Pendidikan Matematika Jakarta: Rineka Cipta.
Ruseffendi, E.T.1980. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.
Ratna, NyomanKutha. 2011. Paradigma Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar.
Sutisna. 2010. Perilaku Konsumendan Komunikasi Pemasaran. Bandung.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saryono. 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatifdan. Kuantitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Medika.
Widyandari, Novita. 2015. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Flip Chart Pada Anak Kelompok A. Yogyakarta: UNJ.
William. 2001. Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: Salemba.
Zoltan. 2006. Language, Mind, and Culture. Oxford: Oxford. University.