GAMBARAN KEMAMPUAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DALAM BERMAIN PERAN PADA ANAK KELOMPOK B TK AL WASHLIYAH ALUE NAGA BANDA ACEH
Abstract
Dalam penelitian ini yang menjadi masalah penelitian adalah adanya anak yang belum mampu berinteraksi sosial. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah gambaran interaksi teman sebaya dalam bermain peran pada anak kelompok B di TK Al Washliyah Alue Naga Banda Aceh?”. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran interaksi teman sebaya dalam bermain peran pada anak kelompok B TK Al Washliyah Alue Naga Banda Aceh. Jenis penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Kemudian subjek penelitian ini adalah kelompok B yang berjumlah 14 anak dan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Oleh karena itu, dari penelitian ini disimpulkan bahwa pada tiap indikator, sudah ada anak yang telah Berkembang Sangat Baik (BSB) dan ada satu indikator yang dimiliki seluruh anak yaitu anak merasa senang dalam bermain peran bersama temannya. Bahkan, dari wawancara guru diketahui bahwa anak sangat antusias dalam bermain peran.
Keywords
Interaksi Teman Sebaya, Bermain Peran
References
Abu Ahmadi. Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Ahmad Asrori. 2009. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa. Laporan Penelitian. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Ahmad Susanto. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Aqib Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Asrori M. 2004. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Eliyawati. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Hurlock, E. B. 2002. Perkembangan Anak, Jilid 10. Alih Bahasa: Meitasari Tjandrasa & Muslichah Zarkasih. Jakarta: Erlangga.
Moh. Ali dan Moh. Asrori. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.
Monk, F.J Knoers, A.M.P. Haditono. 1994. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Mustofa, Yasin. 2007. EQ untuk Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Seketsa.
Partini. 2010. Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera
Media.
Santrock, John W. 2007. Adolescence : Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Singgih Gunarsa.Yulia D.Gunarsa. 2003. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT.BPK Gunung Mulia.
Soerjono Soekanto. 2003. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajawali
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Umar Tirtahardja dan Drs. La Sula. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.