UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERNYANYI DIKELOMPOK B TK AS-SAJADAH BANDA ACEH
Abstract
Perkembangan bahasa anak adalah salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang diekspresikan melalui pemikiran anak dengan menggunakan kata-kata yang menandai dengan meningkatnya kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembanganya.Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan penggunaan metode bernyanyi pada Kelompok B TK As-Sajadah Banda Aceh ?. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan penggunaan metode bernyanyi pada kelompok B TK As-Sajadah Banda Aceh. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah anak adalah 20 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan kaeagori belum berkembang 32.5% (6 anak), kategori mulai berkembang 40% (8 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (4 anak), dan kategori berkembang sangat baik 7.5% (2 anak) Sedangkan pada siklus II kategori belum berkembang 6.25% (1.25 anak), mulai berkembang 7.5% (1.5 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 5.25% (26.35 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 58.75% (12.5 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.
Keywords
Metode Bernyanyi, Kemampuan Berbahasa Anak
References
Arikunto 2010. Penilaian Perkembangan Anak. Gramedia. Jakarta
Ahmad 2009. Pengembangan Metode Pembelajaran Anak. Jogjakarta : Tunas Gemilang Press.
Anwar 2008. Pembelajaran Metode Benyanyi. Bumi Aksara. Jakarta
Arsyad 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Busthomi. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Cetakan ketiha Bandung.
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Djamaluddin.1999. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung. Khaifa
Hidayat, Otib Satibi. 2005. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.
Jamalus. 1998. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta : DepDikBud
Katri. 2002. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Surakarta: UNS Aksara
Kamtini. 2015. Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode bernyanyi Pada Anak Usia Dini . Program AUD FKIP UNTAN
Leni. 2006. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara
Mansur. 2011. Metode Pembelajaran Anak PAUD. Jakarta: Media komputindo
Munjiah, Ma'rifatul.2009. Imla' Teori dan Terapan. Malang : UIN-Malang Press
Masitoh. 2007. Bernyanyi Pada Anak 5-6 Tahun : UIN-Malang Press
Mansur, 2009, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Poerwadarminta 1999. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Media Komputindo.
Ruswandi. 2004. Pembelajaran Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Grafindo
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Risaldi, S. 2014. Bermain, Bercerita dan Bernyanyi Bagi Anak Usia Dini. PT. Luxima Metro Media
Saiful,B, Djamarah, 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Siti Aisyah, 2008. Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini . Jakarta. Universitas Terbuka.
Sugiyono. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya
Wardani. 2011. Metode Pengmbangan Fisik Anak. Universitas Terbuka
Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosdakarya.