UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Asiah, N. (2018). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERNYANYI DIKELOMPOK B TK AS-SAJADAH BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/805.
Asiah, Nur. “UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERNYANYI DIKELOMPOK B TK AS-SAJADAH BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2018, https://repository.bbg.ac.id/handle/805.

UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI METODE BERNYANYI DIKELOMPOK B TK AS-SAJADAH BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0715058W.pdf (460 KB)

Issue Year

2018

Author(s):

Nur Asiah

Abstract

Perkembangan bahasa anak adalah salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang diekspresikan melalui pemikiran anak dengan menggunakan kata-kata yang menandai dengan meningkatnya kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembanganya.Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan penggunaan metode bernyanyi pada Kelompok B TK As-Sajadah Banda Aceh ?. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan penggunaan metode bernyanyi pada kelompok B TK As-Sajadah Banda Aceh. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Istrumen yang digunakan adalah lembar observasi, jumlah anak adalah 20 anak dan data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada gambaran aktivitas anak pada siklus I jumlah presentase dengan kaeagori belum berkembang 32.5% (6 anak), kategori mulai berkembang 40% (8 anak) kategori berkembang sesuai harapan 20% (4 anak), dan kategori berkembang sangat baik 7.5% (2 anak) Sedangkan pada siklus II kategori belum berkembang 6.25% (1.25 anak), mulai berkembang 7.5% (1.5 anak), kategori berkembang sesuai harapan adalah 5.25% (26.35 anak) kategori berkembang sangat baik adalah 58.75% (12.5 anak). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak.


Keywords

Metode Bernyanyi, Kemampuan Berbahasa Anak

References

Arikunto 2010. Penilaian Perkembangan Anak. Gramedia. Jakarta

Ahmad 2009. Pengembangan Metode Pembelajaran Anak. Jogjakarta : Tunas Gemilang Press.

Anwar 2008. Pembelajaran Metode Benyanyi. Bumi Aksara. Jakarta

Arsyad 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Busthomi. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Cetakan ketiha Bandung.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Djamaluddin.1999. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung. Khaifa

Hidayat, Otib Satibi. 2005. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jamalus. 1998. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta : DepDikBud

Katri. 2002. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Surakarta: UNS Aksara

Kamtini. 2015. Peningkatan Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Metode bernyanyi Pada Anak Usia Dini . Program AUD FKIP UNTAN

Leni. 2006. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Bumi Aksara

Mansur. 2011. Metode Pembelajaran Anak PAUD. Jakarta: Media komputindo

Munjiah, Ma'rifatul.2009. Imla' Teori dan Terapan. Malang : UIN-Malang Press

Masitoh. 2007. Bernyanyi Pada Anak 5-6 Tahun : UIN-Malang Press

Mansur, 2009, Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Poerwadarminta 1999. Metode Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Media Komputindo.

Ruswandi. 2004. Pembelajaran Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini. Jakarta : Grafindo

Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Risaldi, S. 2014. Bermain, Bercerita dan Bernyanyi Bagi Anak Usia Dini. PT. Luxima Metro Media

Saiful,B, Djamarah, 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta

Siti Aisyah, 2008. Perkembangan Dan Konsep Dasar Perkembangan Anak Usia Dini . Jakarta. Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Wardani. 2011. Metode Pengmbangan Fisik Anak. Universitas Terbuka

Yusuf, Syamsu. 2005. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosdakarya.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/805

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository