UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Mahara, H. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/804.
Mahara, Hasni. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2018, https://repository.bbg.ac.id/handle/804.

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0811157W.pdf (226 KB)

Issue Year

2018

Author(s):

Hasni Mahara

Abstract

Pembelajaran dengan metode debat merupakan strategi yang secara aktif melibatkan peserta didik di dalam kelas bukan hanya sekedar pelaku debatnya saja, cara penyajian pembelajaran, dimana siswa-siswa dihadapkan pada suatu masalah yang biasa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat untuk dibahas dan dipecahkan bersama. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan emosional, aktifias fisik, minat serta motivasi siswa kelas IV SD Negeri 35 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa siswa kelas IV SD Negeri 35 Banda Aceh sedangkan yang menjadi sampel ialah siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa dengan jumlah siswi putri 12 orang dan jumlah siswa putra 14. Dengan penarikan sampel menggunakan teknik total sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa penerapan metode debat efektif diterapkan jika dikaitkan terhadap emosional belajar siswa, karena dengan bimbingan guru yang sesuai dengan langkah-langkah metode debat. Dilihat dari skor rata-rata skala motivasi belajar pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu dari 83,79 menjadi 86,69. Selain itu, jika dilihat dari skor rata-rata hasil observasi, kelas ekperimen didapat skor lebih tinggi daripada kelas kontrol. Skor kelas eksperimen pada pertemuan pertama adalah 27,75, sedangkan kelas kontrol 20,41. Pada pertemuan kedua, skor kelas eksperimen adalah 28,34 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 23,38. Pertemuan ketiga untuk kelas eksperimen didapat skor 28,48 sedangkan kelas kontrol hanya 21. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran debat dapat meningkatkan emosional, siswa kelas IV SD Negeri 35 Banda Aceh.


Keywords

Pembelajaran Debat, Emosional

References

Ahmadi. Abu, 2009. Ilmu Pendidikan, Cet.3, Jakarta: Renika Cipta

Amelia. Atika, Kamaruzzaman. 2015. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Peer Counseling Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Pontianak. [jurnal] Sosial Horizon, Vol. 2, No. 2, Desember 2015, ISSN: 2407-5299.

Arikunto, Suharsimin. 2010. Metode Statistik. Jakarta: BumiAksara

Asep Jihad dan Abdul Hari. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Yokyakarta: Multi Presindo

Basri, 2013. Singnifikasi desain Pembelajaran Dalam Menunjang Kesuksesan Mengajar [jurnal] NIZAM: Jurnal Studi Keislaman, No, 02 Juli – Desember 2013 STAIN JuraiSiswo Metro: Malang.

Bobbi de Porter, 1999, Quantum teaching and Learning, ________ Brown, Douglas, H.2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa Edisi kelima. Hak cipta Education Inc

Djamrah Syaiful Bahridan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar Jakrta: Renika Cipta

Eunike R. Rustiana. 2013. Upaya Peningkatan Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Jasmani Harmoni, [jurnal] Cakrawala Pendidikan, Februari 2013, Th. XXXII, No.1

Goleman. D. 2009. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta: Erlangga.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Harjanto. 2011. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Renika Cipta.

Majid, Abdul, 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ni Nyoman Darminiansih, dkk 2014. Penggunaan Metode Bermain Permainan Tradisional Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa dan Sosial Emosional Anak Kelompok B TkSebana Sari.[jurnal] Program PascasarjanaUniversitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014).

Oktavia I, Nurul. Analisis Kemampuan Penguasaan KOsa Kata Baru Pada Anak Pos PAUD Mutia Semarang melalui Metode Glenn Doman. Jurnal

Penelitian PAUDIA Jurusan Pendidikan AnakUsia Dini IKIP PGRI Semarang, Volume 1 No.1.2011.

Purwa Atmadja, Prawira. 2011. Psikologi Pendidikan dalam Persepektif Baru. Jogjakarta: Arr-Ruzz Media.

Saraswati. Ratna. A.A.I.N Marhaen. Ni Ketut Suarni, Impelamentasi Multimedia Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Keterampilan Berfikir Kreatif. [jurnal] Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Univeersitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014).

Salim, A. (2015). Debate as A Learning-Teaching Method: A Survey of Literature. TARBIYA: Journal of Education In Muslim Society, 2(1), 97-104. doi:10.15408/tjems.v2i1.1665.

Roestiya. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: renika Cipta

Subana, Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kopentensi Dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Renika Cipta.

Sutawidjaja, A. danAfgani, J. 2011. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tuwin Hati. Dkk. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Social Emosional Pada Anak Kelompok B TK Putri Gading Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Bandung Tahun Ajaran2013/2014. [jurnal] e-jurnal Program PascasarjanaUniveersitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 4 Tahun 2014).

Ulfa Fahmanisa. 2013. Tips Memahami Pesertadidik. Boenz Interprise.

Widiastuti, Hartati. 2014. 95 Strategi Pembelajaran, Jakarta: Indeks

Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/804

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository