UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Fikri, S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN TEMA 3 (PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP) MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS KELAS IV SDN 19 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/797.
Fikri, Siti. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN TEMA 3 (PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP) MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS KELAS IV SDN 19 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/797.

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN TEMA 3 (PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP) MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TPS KELAS IV SDN 19 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0814048W.pdf (403 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Siti Fikri

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran IPA terhadap hasil belajar dan respon belajar siswa pada tema 3 peduli terhadap makhluk hidup di SD Negeri 19 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan metode pre experimental dengan Intact-Group Comparison Design yang dilaksanakan di SD Negeri 19 Banda Aceh, pada semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes hasil belajar dan angket respon untuk melihat pengaruh model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa respon belajar pada tema 3. Uji normalitas dilakukan untuk melihat kenormalan data dan menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Terdapat pengaruh model pembelajaran koopeatif tipe TPS terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dikarekan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sesuai dan tepat diterapkan pada kondisi siswa di SD Negeri 19 Banda Aceh; 2) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TPS menunjukkan respon yang sangat bagus. Hal ini sesuai dengan hasil perhitungan respon siswa yang menjawab sangat setuju mencapai 65,6% dan setuju 30,9% hal ini dikarenakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS membuat siswa belajar menarik dan tidak membosankan.


Keywords

Model Kooperatif Tipe TPS, Hasil Belajar

References

Azwar, S. 2003, Penyusunan Skala Psikologis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, B. 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana.

Chabib, T.M. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dahar, R.W. 2003. Aneka Wacana Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Erlangga.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali, dan Pudji M. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Djamarah dan S. Zair Bahri, Azwar. 1995. Straregi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B., 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dudung, Abdul Salam. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa (Eksperimen Kuasi Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sakerta Barat Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan ). Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol 5, No 2

Dwitasari, Yuyus. 2005. Strategi pembelajaran Untuk Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Surya Pena Gemilang.

Fogarty dan Robin. (1996). Think/Pair/Share. [online]. Tersedia: www.Browardkl2.fl.us/Ci/Whatsnew/strategies and such/ strategies/thinkpairshare.html [12 Mei 2018].

Frank Lyman, Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS, Http :// ipmpjogja, Diknas. Go. Id. Di akses 12 Mei 2018.

Hake. R.R. 1999. Interactive-Engagement versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics. 1 (66).

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Irianto, A. 2010. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya. Edisi Pertama, Cetakan ke-7. Jakarta: Prenada Media.

Jauhary, H. 2009. Membangun Motivasi. Semarang: Ghyyas Putra.

Johar, Rahmah. 2006. Stragei.Belajar. Banda Aceh: FKIP.

Kemal, Isthifa dan Siti Nurbaya. 2017. Pengaruh Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Pantun Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS di Kelas IV SD Negeri 70 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa. Vol 4, No 1

Lie, Anita. 2002. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Gramedia Widya Prasarana Indonesia.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan,. Bandung: Pustaka Setia.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M.G. 1996. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M.G. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencara Prenada Media Group.

Sudijono, A. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. 2002. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cetakan ke 7. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaeni. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Dinamika, Vol. 06. No. 1 (25-33)

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suryabrata, S.1983. Metodologi Penelitian. Jakarta: Manajemen PT Rajagrafindo Persada.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisshare.

Widarti, A. (2007). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Segi Empat Pada Siswa Kelas VII Semester 2. Skripsi. [Online]. Tersedia: http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/cgi-bin/library. [12 Mei 2018].

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/797

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository