EFEKTIVITAS TEKNIK AIR BRUSH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK CINTA ANANDA BANDA ACEH
Abstract
Pada masa usia dini kemampuan anak akan berkembang secara optimal, sehingga diperlukan stimulus yang tepat untuk mengembangkan setiap aspek perkembangan. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini adalah aspek kreativitas. Aspek kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru berupa hasil karya anak atau suatu produk yang berbeda dari orang lain. Oleh karena itu, guru harus dapat menerapkan teknik pembelajaran yang memudahkan anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Salah satu teknik yang dapat membantu guru untuk meningkatkan kreativitas anak yaitu teknik air brush, dengan menggunakan teknik air brush yang bagus,dapat menarik perhatian anak, anak tidak akan bosan dan dapat mengembangkan ide/imajinasi anak serta dapat menciptakan hal-hal yang baru dengan kreativitasnya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana efektivitas teknik air brush dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas teknik air brush dalam meningkatkan kreativitas anak Kelompok B di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah anak TK B dengan jumlah anak 14 orang anak yaitu 5 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen penelitian ini akan digunakan dua tes diantaranya adalah sebagai berikut: pertama tes awal dan yang kedua tes akhir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak kelompok B di TK Cinta Ananda dapat ditingkatkan melalui teknik air brush. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata 54,7 dan meningkat menjadi 85. Hasil ini juga dibuktikan dengan hasil pengujian hipotetis bahwa thitung > ttabel yaitu 13,51 > 2,16 sehingga Ha diterima Ho ditolak pada taraf signifikan 5%. Teknik air brush efektif untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Cinta Ananda Banda Aceh.
Keywords
Teknik Air Brush, Kreativitas
References
Abidin, Z. 2001. Melukis dengan Air Brush. Jakarta: Puspa Swara.
Abidin, Z. dan M. Gatot Pringgotono. 2002. Kreasi Air Brush Tingkat Lanjut. Jakarta: Puspa Swara
Arikunto. 2010.Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Amir, A. J. 1999. Buku Satu Auditing, PendekatanTerpadu. Jakarta: SalembaEmpat.
Anwar dan Arsyad Ahmad. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu). Bandung: Alfabeta.
Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Depdiknas.2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas, (2010). Model Pembelajaran IPS, Malang : Pusat Kurikulum Baltibang Depdiknas.
Devita Dwi Utami. 2014. Pengaruh Melukis Terhadap Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Tk 02. Surakarta: Universitas Muhammadyah Surakarta.
Endang, M. (2013). MetodePenelitianTerapanBidangPendidikan. Bandung: Alfabeta.
Gibson, Ronald F. 1994. Principles Of Composite Material Mechanics. New York : Mc Graw Hill,Inc.
Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Hayati, N. 2009. PeranOrang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini.PPM TK Pedagogian. Yogyakarta: FIP UNY.
Hurlock B, Elisabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kurnia, S. D. 2015. Pengaruh Kegiatan Painting dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, (online). Vol. 9 Edisi 2. (https://doi.org/10.21009/JPUD.092, diakses 1 November 2018)
Mardiana. 2016. Efektivitas model pembelajaran kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar pada Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Banda Aceh: Bina Bangsa Getsempena.
Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Munandar, Utami. 2014. PengembanganKreativitasAnakBerbakat. Jakarta:RinekaCipta.
Munandar, U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Munandar, U. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Muninggar, B. R. 2014 Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencetak Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Caturharjo Ngaglik, Caturharjo, Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Pamadhi, dkk. 2009. SeniKeterampilanAnak. Universitas Terbuka.
PERMENDIKNAS NO.137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia
Dini.
Rachmawati, Y. dan E. Kurnia. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-KanaK. Jakarta: Kencana.
Sudjana, N. 2009. PenilainHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajRosdakarya
Slameto. 1991. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soekanto, S. 1989. SosialisasiSuaraPengantar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.