UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Amrilisa, F. (2018). EFEKTIVITAS TEKNIK AIR BRUSH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK CINTA ANANDA BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/795.
Amrilisa, Fitri. “EFEKTIVITAS TEKNIK AIR BRUSH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK CINTA ANANDA BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2018, https://repository.bbg.ac.id/handle/795.

EFEKTIVITAS TEKNIK AIR BRUSH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK CINTA ANANDA BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0714028W.pdf (508 KB)

Issue Year

2018

Author(s):

Fitri Amrilisa

Abstract

Pada masa usia dini kemampuan anak akan berkembang secara optimal, sehingga diperlukan stimulus yang tepat untuk mengembangkan setiap aspek perkembangan. Salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak usia dini adalah aspek kreativitas. Aspek kreativitas merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru berupa hasil karya anak atau suatu produk yang berbeda dari orang lain. Oleh karena itu, guru harus dapat menerapkan teknik pembelajaran yang memudahkan anak untuk mengembangkan kreativitasnya. Salah satu teknik yang dapat membantu guru untuk meningkatkan kreativitas anak yaitu teknik air brush, dengan menggunakan teknik air brush yang bagus,dapat menarik perhatian anak, anak tidak akan bosan dan dapat mengembangkan ide/imajinasi anak serta dapat menciptakan hal-hal yang baru dengan kreativitasnya sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana efektivitas teknik air brush dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Tujuannya adalah untuk mengetahui efektivitas teknik air brush dalam meningkatkan kreativitas anak Kelompok B di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain one group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah anak TK B dengan jumlah anak 14 orang anak yaitu 5 laki-laki dan 9 perempuan. Instrumen penelitian ini akan digunakan dua tes diantaranya adalah sebagai berikut: pertama tes awal dan yang kedua tes akhir. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak kelompok B di TK Cinta Ananda dapat ditingkatkan melalui teknik air brush. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata 54,7 dan meningkat menjadi 85. Hasil ini juga dibuktikan dengan hasil pengujian hipotetis bahwa thitung > ttabel yaitu 13,51 > 2,16 sehingga Ha diterima Ho ditolak pada taraf signifikan 5%. Teknik air brush efektif untuk meningkatkan kreativitas anak di TK Cinta Ananda Banda Aceh.


Keywords

Teknik Air Brush, Kreativitas

References

Abidin, Z. 2001. Melukis dengan Air Brush. Jakarta: Puspa Swara.

Abidin, Z. dan M. Gatot Pringgotono. 2002. Kreasi Air Brush Tingkat Lanjut. Jakarta: Puspa Swara

Arikunto. 2010.Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Amir, A. J. 1999. Buku Satu Auditing, PendekatanTerpadu. Jakarta: SalembaEmpat.

Anwar dan Arsyad Ahmad. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini (Panduan Praktis Bagi Ibu dan Calon Ibu). Bandung: Alfabeta.

Depdikbud. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2004. Pedoman Penilaian Di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Depdiknas.2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Taman Kanak-kanak dan Raudlatul Athfal. Jakarta : Depdiknas.

Depdiknas, (2010). Model Pembelajaran IPS, Malang : Pusat Kurikulum Baltibang Depdiknas.

Devita Dwi Utami. 2014. Pengaruh Melukis Terhadap Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Tk 02. Surakarta: Universitas Muhammadyah Surakarta.

Endang, M. (2013). MetodePenelitianTerapanBidangPendidikan. Bandung: Alfabeta.

Gibson, Ronald F. 1994. Principles Of Composite Material Mechanics. New York : Mc Graw Hill,Inc.

Hamzah. 2009. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Hayati, N. 2009. PeranOrang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini.PPM TK Pedagogian. Yogyakarta: FIP UNY.

Hurlock B, Elisabeth. 1978. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kurnia, S. D. 2015. Pengaruh Kegiatan Painting dan Keterampilan Motorik Halus Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini dalam Seni Lukis. Jurnal Pendidikan Usia Dini, (online). Vol. 9 Edisi 2. (https://doi.org/10.21009/JPUD.092, diakses 1 November 2018)

Mardiana. 2016. Efektivitas model pembelajaran kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Terhadap Hasil Belajar pada Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Banda Aceh: Bina Bangsa Getsempena.

Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Munandar, Utami. 2014. PengembanganKreativitasAnakBerbakat. Jakarta:RinekaCipta.

Munandar, U. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Munandar, U. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muninggar, B. R. 2014 Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Mencetak Pada Kelompok B Di Tk Pertiwi Caturharjo Ngaglik, Caturharjo, Sleman. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Pamadhi, dkk. 2009. SeniKeterampilanAnak. Universitas Terbuka.

PERMENDIKNAS NO.137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia

Dini.

Rachmawati, Y. dan E. Kurnia. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-KanaK. Jakarta: Kencana.

Sudjana, N. 2009. PenilainHasil Proses BelajarMengajar. Bandung: RemajRosdakarya

Slameto. 1991. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekanto, S. 1989. SosialisasiSuaraPengantar. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/795

Collections

  • Final Year Projects S1 PGPAUD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository