UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Mawadda, S. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/794.
Mawadda, Syarifa. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/794.

PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH

Thumbnail

View/Open

F0814053W.pdf (508 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Syarifa Mawadda

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh pada pelajaran IPA dengan tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Adapun rumusan masalahnya Apakah penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh dengan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas siswa diperoleh persentase rata-rata 81,8% dengan kriteria kegiatan belajar belajar terlaksana dengan baik. Sedangkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan oleh sekolah 70 maka diperolah 22 siswa yang tuntas belajar sedangkan 11 siswa lainnya masih belum dikatakan tuntas. Sehingga diperoleh persetase ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai ketuntasan hasil belajar sebanyak 67%. Berdasarkan uji-t hipotesis diperoleh t_hitung=16,5 dan t_tabel=1,70 berakibat t_hitung>t_tabel yaitu 16,5>1,70 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berpengaruhterhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh.


Keywords

Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Kognitif

References

Arikunto, S .2012. Dasar- dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

________________. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta

________________.2006 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : PT

Rineka Cipta

Anderson, Lorin W. et al. (2010). Kerangka Landasan Untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (Alih bahasa: Agung Prihantoro) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Pintar di Sekolah. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.

Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Olivia, Femi. 2014. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Syaiful Sagala. (2010). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Rajawali Press: Jakarta.

________________. 2012. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada:

Siregar, Eveline & Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia. Bogor.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group. Jakarta.

________________ 2013. Metode penelitian kuantitatif dilengkapi perbandingan perhitungan manual& SPSS. Jakarta : Kencana Prenada Media group.

Sadirman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Sugiyono, 2013 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Alfa Beta, Bandu

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/794

Collections

  • Final Year Projects S1 PGSD

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository