PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh pada pelajaran IPA dengan tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Adapun rumusan masalahnya Apakah penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh dengan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil lembar observasi aktivitas siswa diperoleh persentase rata-rata 81,8% dengan kriteria kegiatan belajar belajar terlaksana dengan baik. Sedangkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan oleh sekolah 70 maka diperolah 22 siswa yang tuntas belajar sedangkan 11 siswa lainnya masih belum dikatakan tuntas. Sehingga diperoleh persetase ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai ketuntasan hasil belajar sebanyak 67%. Berdasarkan uji-t hipotesis diperoleh t_hitung=16,5 dan t_tabel=1,70 berakibat t_hitung>t_tabel yaitu 16,5>1,70 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berpengaruhterhadap hasil belajar kognitif siswa Kelas IV SD Negeri 69 Banda Aceh.
Keywords
Metode Mind Mapping, Hasil Belajar, Kognitif
References
Arikunto, S .2012. Dasar- dasar evaluasi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
________________. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta
________________.2006 Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : PT
Rineka Cipta
Anderson, Lorin W. et al. (2010). Kerangka Landasan Untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (Alih bahasa: Agung Prihantoro) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak Agar Anak Pintar di Sekolah. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Alfabeta. Bandung.
Nana Sudjana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Oemar Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Olivia, Femi. 2014. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Pelajaran Sekolah. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.
Syaiful Sagala. (2010). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Rajawali Press: Jakarta.
________________. 2012. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada:
Siregar, Eveline & Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia. Bogor.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenada Media Group. Jakarta.
________________ 2013. Metode penelitian kuantitatif dilengkapi perbandingan perhitungan manual& SPSS. Jakarta : Kencana Prenada Media group.
Sadirman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.
Sugiyono, 2013 Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Alfa Beta, Bandu