UBBG Institutional Repository
  • Browse
    • Final Year Projects
    • Books by Lecturers
    • Other Books
    • Internal Proceedings
    • External Proceedings
    • Campus Magazines
    • News Clippings
    • Social Media Clippings
    • Articles by Lecturers
    • Inauguration Speech
    • Research Reports
    • Community Service Reports
  • Prodi Index
  • Year Index
  • Our Library
  • OPAC
  • Policies
  •   Advanced Search

Advanced Search

How to cite  

Rijal. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 2 BANDA ACEH PADA MATERI MENULIS TEKS BIOGRAFI (Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena). Retrieved from https://repository.bbg.ac.id/handle/783.
Rijal. “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 2 BANDA ACEH PADA MATERI MENULIS TEKS BIOGRAFI.” Undergraduate thesis, Universitas Bina Bangsa Getsempena, 2019, https://repository.bbg.ac.id/handle/783.

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 2 BANDA ACEH PADA MATERI MENULIS TEKS BIOGRAFI

Thumbnail

View/Open

F0115021W.pdf (759 KB)

Issue Year

2019

Author(s):

Rijal

Abstract

Didalam penelitian ini ada beberapa faktor penyebab permasalahan yaitu kegiatan belajar mengajar masih menggunakan metode debat dalam pembelajaran, kurangnya variasi metode dalam pembelajaran dan banyak siswa yang nilainya masih dibawah KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair and share terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Banda Aceh pada materi menulis teks biografi? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think pair and share terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri 2 Banda Aceh pada materi menulis teks biografi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pre-test-post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 SMA negeri 2 Banda Aceh yang berjumlah 36 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan teknik uji t. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa dari nilai rata-rata tes awal (pre-test) sebelum diterapkannya model think pair and share yaitu -0,22 dan tes akhir (post-test) setelah diterapkannya model think pair and share yaitu 0,90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yag diajarkan menggunakan model think pair and share tidak ada pengaruh pada hasil belajar siswa kelas X MIPA 2 SMA negeri 2 Banda Aceh. Adapun saran yang diberikan sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran yang lain mengingat model think pair and share belum mampu memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.


Keywords

think pair, share, teks biografi, menulis

References

Amila, Sri. Peranan Cut Nyak Dien Dalam Perjuangan Melawan Belanda Di Aceh Tahun 1896-1908. Diss. Universitas PGRI Yogyakarta, (2016).

Huda, Miftahul. 2015. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Istarani. 2014. Jilid 1 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kustina, Rika., dan Wahdah, Z. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Membedakan Struktur Teks Ulasan Dengan Teks Biografi Siswa Kelas Viii-3 Smp Negeri 17 Banda

Aceh.” Metamorfosa Journal, 4(1) (2016).

Kusumawati, Yuli, et al. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks Di SMK Negeri 1 Miri Sragen. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, (2017).

Mulya, dkk. "Pembelajaran Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Global Madani Bandar Lampung." Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) 5.4, Nov (2017).

Ningsih, Sri Hatija. Perbandingan Kemampuan Menulis Teks Biografi Antara Siswa Laki- Laki Dan Siswa Perempuan Smp Negeri 2 Palopo. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, (pp. 335-346). Badan Penerbit UNM. (2018).

Novitasari, P. Pembelajaran Mengklasifikasi Struktur Teks Cerita Biografi Dengan Menggunakan Metode Discussion Stater Story Pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Pagaden Subang Tahun Pelajaran 2016/2017 (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS). (2017).

Oktafaulyna, V. Pembelajaran Menganalisis Perwatakan Dalam Teks Biografi Dengan Menggunakan Metode Penemuan (Discovery Method) Pada Siswa Kelas VIII SMP Pasundan 1 Kota Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS). (2016).

Pane, Aprida, and Muhammad Darwis Dasopang. "Belajar dan pembelajaran. " Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman 3.2 (2017).

Putra, Heriyansyah. 2015. Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Kelas X SMA Negeri 11 Banda Aceh . Pendidikan Matematika.Universitas Syiah Kuala.

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionlisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sartina,Vivi. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Keterampilan P4 (Pencari Ide, Perenungan, Penulisan dan Perbaikan) Pada Siswa Kelas VII-S SMP Negeri 17 Banda Aceh Tahun Ajaran 2014. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. STKIP Bina Bangsa Getsempena.

Sobari, Teti. 2015. Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional di smk. Semantik, 1(1).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta. Sugiyono, 2017. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Surayya, Lina, et al. "Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia 4.1 (2014)

URI

https://repository.bbg.ac.id/handle/783

Collections

  • Final Year Projects S1 PENBI

Browse

Main Collections Final Year Projects (1023)Books by Lecturers (10)Other Books (512)Internal Proceedings (160)External Proceedings (99)Campus Magazines (27)News Clippings (40)Social Media Clippings (3)Articles by Lecturers (2)Inauguration Speech (5)Research Reports (450)Community Service Reports (424)

© 2025 UBBG Institutional Repository