SURVEI TINGKAT PENGETAHUAN SISWA TERHADAP MANFAAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 2 UNGGUL MASJID RAYA ACEH BESAR
Abstract
Skripsi bimbingan Zikrurrahmat, M.Pd dan, Aulai Afridzal M.Si. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah Pengetahuan Siswa Tentang Manfaat Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan: mengetahui Pengetahuan Siswa Tentang Manfaat Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah Pendekatan kuantitatif dengan penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang manfaat pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Aceh Besar yaitu : pengetahuan siswa tentang manfaat pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Aceh Besar dikategorikan cukup dengan jawaban yang benar 68 % dari jawaban seluruh siswa dan pendidikan jasmani sangat banyak manfaat, dengan siswa mengetahui manfaat pendidikan jasmani maka dapat menjadi motivasi siswa dalam mengikuti pendidikan jasmani dan meningkatkan partisifasi dalam kegiatan-kegiatan olahraga baik yang di sekolah maupun yang diluar sekolah serta pendidikan jasmani bukan hanya saja membuat tubuh sehat, akan tetapi dengan mengikuti kegiatan pendidkan jasmani dan olahraga dapat meningkatkan rasa persaudaraan serta kekompakan sehingga akan terjalin rasa persatuan yang sangat erat antar siswa dan pendidikan jasmani dapat meningkatkan pengembangan sosial sehingga siswa lebih menghormati guru-gurunya dan siswa lain serta meningkatkan rasa ikatan persaudaraan antara siswa lebih erat.
Keywords
Pengetahuan, Siswa, Manfaat Pendidikan Jasmani
References
Adang Suherman. (2000). Dasar-dasar Penjaskes. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta : PT. Rineka Cipta
, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
, 2010. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktis.
Jakarta: PT. Rinneka Cipta.
Husdarta HJS. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Lutan. Husdarta. 2009. Mengajar Pendidikan jasmani Olahraga kesehatan , pendekatan pendidikan Gerak di Sekolah Dasar.
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Mutohir, Cholik. (1992). UU Sistem Keolahragaan Nasional. Penerbit: Sunda
Kelapa Pustaka
Nixon, J.E. & Jawett, A.E. 1980. An Introduction to Physical Education.
Philadelphia: Saunders Collage Publishing.
Ngatimin. 1990. Konsep Pengetahuan. Jakarta : Salemba
Samsudin 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan SMA/ MA. PT. Fajar Interpratama. Jakarta.
Soebroto. Moch.1995. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SLTP 1.Karunia: Surabaya.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Tim Penyusun. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: Balai Pustaka.