EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIEM ACEH BESAR
Abstract
Penggunaan pendekatan saintifik dalam menerapkan kurikulum 2013 sangat tepat dilakukan dengan cara guru mendorong siswa belajar sistematis ilmiah melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah, menyaji, menalar, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas lembar kerja siswa berbasis pendekatan saintifik terhadap keterampilan proses pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Siem Aceh Besar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Siem Aceh Besar. Sedangkan sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan rumus t-hitung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah siswa diajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik mendapatkan nilai rata-rata pada saat pre test sebesar 65. Sedangkan pada saat post test, kemampuan siswa meningkat lebih baik menjadi 80. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hasil penelitian diperoleh menunnjukkan nilai t hitung = 5,92 dan t tabel = 1,725. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t > t dan menyimpulkan bahwa hipotesis alternative (ha) yang berbunyi “ Lembar kerja siswa berbasis pendekatan saintifik efektif terhadap keterampilan proses pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Siem Aceh Besar” dapat diterima dengan baik. Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa di SD Negeri Siem Aceh Besar memberikan respon yang positif. Hal ini sesuai dengan analisis angket yang menunjukkan hampir seluruh siswa menjawab positif pertanyaan angeket yang diberikan.
Keywords
LKS, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
References
Abidin,2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. 2013. Bandung: PT Refika aditama.
Afriki, dkk. 2011. Buku Kurikulum Tematik Terpadu, Buku Guru SD/MI Kelas IV, Tema 1 Indahnya Kebersamaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Andriani. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.
Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Bohori .2015. Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berorientasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Fisika terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa. Jurnal Pillar of Physic Education. Vol. 1:161-168.
Darmodjo dan Kaligis. 2013. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum. 2013. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas, 2013. Kurikulum 2013. Depdiknas. Jakarta
Fitriani nursyaripah,2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Subtema Macam-Macam Sumber Energ. Jurnal,. Vol 2 N. 2i
Hariyanto. 2014. Asesmen Belajar. Bandung: Alfabeta
Hidayat.2008. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa. Data. Jakarta: Salemba Medika
Hosnan, 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ibrahim, 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Imas Kurniasih,2014. Strategi – Strategi Pembelajaran” Alfabeta:Bandung
Indarti, 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta
Leksono, 2013. Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO). Bandung: UPI.
Mulyasa, 2010. Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuryani. 2015. Trend Penelitian Pendidikan: Kasus Penilaian Pendidikan Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA.Yogyakarta: FMIPA UNY.
Permendikbud, 2013. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kemdikbud
Rosyidah. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia,. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Siagian,2008. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi. Pertama). Jakarta: Binapura Aksara.
Siregar, 2015. . Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Yogyakarta : Graha Ilmu
Sri Sulistiyorini. 2015. Belajar dan pembelajaran meningkatkan mutu pembelajaran sesuai standart nasional. Yogjakarta: teras.
Sudjana, 2005. Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung : Tarsito
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaiful Sagala. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: PT Prestasi.
-----------, 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Usman Samatowa. 2006. Bagaimana Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jakarta: PT Prestasi.
Wiyono, 2012. Laporan Identifikasi Keanekaragaman Hayati. (Flora) di Terminal BBM Rewulu. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah