PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE STAD PADA PELAJARAN IPS SDN 064967 MEDAN

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan masalah yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 064967 Medan, Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang masing-masing terdiri 24 orang siswa yaitu kelas IVA dan IVB. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi experiment dengan intrumen soal essay. Analisis data dilakukan dengan perhitugan manual untuk mengetahui nilai rata-rata, simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah 83,00, nilai rata-rata hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 78,33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 064967 Medan.