PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR SAVI DENGAN VIDEO UNTUK MENUMBUHKAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Nurul Ahadila Thohirin
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas berlatarbelakang rasa ingin tahu peserta didik mata pelajaran matematika yang rendah. Tujuannya untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dengan pendekatan Somatik, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) dengan video di kelas IV SD N 1 Padamara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 1 Padamara, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga sebanyak 20 peserta didik yang terdiri dari 12 laki-laki dan 8 perempuan. Pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengunpulan data diperoleh melalui tes, observasi, dokumentasi, dan angket. Data rasa ingin tahu diperoleh dari lembar observasi rasa ingin tahu dan angket skala sikap rasa ingin tahu. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I skor rata-rata rasa ingin tahu peserta didik yang diperoleh dari lembar observasi mencapai 2,06 dan meningkat pada siklus II mencapai 2,87, kemudian hasil dari lembar angket pada siklus I mendapatkan rata-rata 2,43 dan meningkat pada siklus II menjadi 3,31. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan SAVI dengan video dapat meningkatkan rasa ingin tahu.
Keywords
SAVI, Rasa ingin tahu, Video