MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM KURIKULUM 2013

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Abstract
Kurikulum merupakan seperangkat rencana pembelajaran yang berisi tujuan, bahan pelajaran serta metode atau strategi yang digunakan sebagai pedoman untuk melakukan kegiatan belajar yang disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari KBK 2004 dan KTSP 2006 yang menitikberatkan pada pola pikir yang awalnya berpusat pada guru berubah berpusat pada siswa dan terjadi komunikasi secara interaktif serta pembelajaran dilakukan secara kooperatif. Dalam pembelajaran, komunikasi matematika sangat penting untuk diperhatikan, karena melalui komunikasi siswa dapat mengorganisasikan pikirannya baik secara lisan maupun tulisan, maka salah satu model pembelajaran kooperatif yang sejalan dengan kurikulum 2013 yaitu Think Pair Share. Pembelajaran ini merupakan perpaduan antara belajar secara mandiri dan belajar secara kelompok. Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang dimulai dari aktifitas berpikir, berpasangan dan berbagi. Pada setiap pembelajaran siswa harus saling melaporkan hasil pemikiran yang di tuliskan dalam selembar kertas dengan pasangannya, kemudian mendiskusikan untuk mencari penyelesaian dari masalah, selanjutnya setiap pasangan harus berbagi dengan pasangannya yang lainnya di depan kelas. Sehingga melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa sesuai yang diharapkan dalam kurikulum 2013 disetiap jenjang pendidikan.
Keywords
Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Komunikasi Matematika