PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SD

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa serta untuk mengetahui kesulitan atau kelemahan dan kelebihan siswa dalam mengikuti pelajaran IPS. Subjek dalam penelitian adalah siswa Kelas IV SD Negeri No 122379 Pematangsiantar dengan jumlah siswa 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi (untuk mengetahui aktivitas siswa), dan soal tes. Hasil penelitian pada saat pre test, persentase ketuntasan klasikal adalah 23,33% dimana 7 siswa yang tuntas dan 23 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 47,45 dari 30 orang siswa. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 67,17 dimana 12 siswa (40,00 %) memperoleh ketuntasan, 18 siswa yang belum tuntas. Pada siklus II rata-rata kelas menjadi 88,83 dimana 26 siswa (86,67%) memperoleh ketuntasan, 4 siswa yang belum tuntas.
Keywords
Hasil belajar, Pendekatan, CTL, IPS