IDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA CAMPER DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Nazariah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir dan kesulitan siswa camper dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif yang subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Banda Aceh yang terdiri dari satu subjek laki-laki dan perempuan camper. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara berbasis tugas yang kemudian ditriangulasi untuk menguji keabsahan data. Teknik analisis data digunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Subjek laki-laki camper melakukan proses berpikir secara asimilasi dalam memahami dan memeriksa kembali penyelesaian masalah matematika. Namun, melakukan proses berpikir secara akomodasi dalam menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Kesulitan yang dialami subjek laki-laki camper dalam memecahkan masalah matematika disebabkan belum memahami dengan baik beberapa konsep dalam matematika, kesulitan memahami makna soal dari masalah yang diberikan dan kurang teliti ketika memecahkan masalah. (2) Subjek perempuan camper melakukan proses berpikir secara asimilasi dalam memahami, menyusun rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali penyelesaian masalah matematika. Namun, melakukan proses berpikir secara akomodasi dan asimilasi dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah. Kesulitan yang dialami subjek perempuan camper dalam memecahkan masalah matematika disebabkan lupa konsep dan terkadang kurang teliti ketika memecahkan masalah.
Keywords
Proses Berpikir, Camper, Pemecahan Masalah, Gender