PEMANFAATAN HISTORIOGRAFIS SEBAGAI ASSESMENT ALTERNATIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH AGRARIA

View/Open
Issue Year
ISBN:
Author(s):
Ramazan
Abstract
Paper base test sebagai assesmen tradisional seringkali tidak menyentuh kompetensi yang semestinya dapat dinilai dalam suatu proses pembelajaran. Kompetensi multi aspek termasuk soft skill kiranya dapat dianalisa melalui penerapan suatu assesmen alternatif yang dirancang secara serius . Tulisan ini merupakan tuangan ide dan gagasan bagaimana merancang langkah-langkah penerapan assessment alternatif berupa hitoriografis pada mata kuliah sejarah agraria. Tujuan utamanya yakni agar kompetensi mahasiswa yang bersifat multi aspek dan ketrampilan agar dapat dinilai secara terukur, objektif dan menggunakan kriteria yang jelas. Menerapkan pendekatan kualitatif, kajian ini berasal dari studi liiteratur dan pemikiran kritis penulis dengan sumber data utama berupa dokumen kurikulum KKNI yang memuat standar kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Sejarah agraria di Prodi Pendidikan Sejarah Universitas Samudra dan indikator-indikator didalamnya. Temuan penelitian menunjukan bahwa rancangan assesmen alternatif berupa historiografis dapat digunakan untuk mengukur 2 kompetensi utama sebagai tujuan mata kuliah ini, yakni memahami kemampuan mahasiswa dalam melakukan penelitian sejarah dengan menerapkan konsep sejarah agraria dan menyajikannya sebagai bahan atau media pembelajaran yang menarik.
Keywords
Assesmen Alternatif, Historiografis, Sejarah Agraria